GAMBARAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.32323Keywords:
Hipertensi, Kecanduan game online, RemajaAbstract
Perekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sedang marak, game online salah satu bukti bahwa teknologi telah berkembang. Bermain game online saat ini banyak dilakukan banyak kalangan mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa, namun dari banyaknya kalangan yang bermain game online paling banyak digemari kalangan remaja dengan kategori kecanduan. Intensitas paling tinggi terjadi pada anak remaja dengan jumlah persentase yaitu 54% di Indonesia. Remaja yang kecanduan game online dapat mempengaruhi pola hidup mereka dan tidak mengetahui dampak buruk dalam kehidupan sehari-hari. Pada usia remaja gaya hidup sangat mudah berubah dan kekbiasaan yang buruk seperti bermain game secara terus menerus dengan intensitas yang tinggi dapat memicu denyut jantung dan meningkatnya waktu layar sehingga menyebabkan perilaku sedentary dan akan memicu terjadinya hipertensi. Penyakit hipertensi dapat terjadi karena meningkatnya tekanan darah seseorang yang disebabkan dari kurangnya aktivitas fisik, kurangnya waktu tidur, pola makan yang tidak teratur dan tingginya tingkat stres pada seseorang. Pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana gambaran hipertensi pada remaja yang kecanduan bermain game online. Metode yang digunakan yaitu melalui studi literatur review dari 7 jurnal terkini. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipertensi pada remaja yang kecanduan game online dapat terjadi apabila game menjadi rutinitas penting yang harus dilakukan (menggantikan rutinitas penting lain), meningkatnya tingkat stress dan berkurangnya waktu tidur. Implikasi yang terjadi yaitu maraknya hipertensi essensial bagi remaja, hipertensi berat bahkan kematian mendadak pada remaja.References
Asmara, B. F., Saanin, N. S., & Gunawan, D. (2019). Pengaruh Video Game Terhadap Frekuensi Denyut Jantung dan Tekanan Darah Pada Pria Dewasa Muda. Universitas Kristen Maranatha.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI Tahun 2018, (2018).
Bhandari, S., Belbase, D., Pokhrel, J., & Gyawali, P. (2020). Prevalence of online game addiction among teenagers. International Journal of Advanced Psychiatric Nursing, 2(2), 29–31. https://doi.org/10.33545/26641348.2020.v2.i2a.36
Bhatiasevi, V., Rukumnuaykit, P., & Pholphirul, P. (2023). Online Gaming Addiction and Quality of Life among Early Adolescents in Thailand: An Investigation from a SEM-Neural Network Approach. Human Behavior and Emerging Technologies, 2023. https://doi.org/10.1155/2023/7898600
Bloch, K. V., Klein, C. H., Szklo, M., Kuschnir, M. C. C., De Azevedo Abreu, G., Barufaldi, L. A., Da Veiga, G. V., Schaan, B., Da Silva, T. L. N., De Vasconcellos, M. T. L., Moraes, A. J. P., Borges, A. L., De Oliveira, A. M. A., Tavares, B. M., De Oliveira, C. L., De Freitas Cunha, C., Giannini, D. T., Belfort, D. R., Santos, E. L., … Goldberg, T. B. L. (2016). ERICA: Prevalences of hypertension and obesity in Brazilian adolescents. Revista de Saude Publica, 50(suppl 1), 1s-12s. https://doi.org/10.1590/S01518-8787.2016050006685
Cassidy-Bushrow, A. E., Johnson, D. A., Peters, R. M., Burmeister, C., & Joseph, C. L. M. (2015). Time spent on the internet and adolescent blood pressure. The Journal of School Nursing, 31(5), 374–384.
Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102–113. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.5651
Gentry, S., & Gauthier. (2019). Serious Gaming and Gamification Education in Health Professions: Systematic Review. Journal of Medicat Internet Research Vol 21 (3), 1-20.
Hypertension, (2023).
Jiménez-Murcia, S., Fernández-Aranda, F., Granero, R., Chóliz, M., La Verde, M., Aguglia, E., Signorelli, M. S., Sá, G. M., Aymamí, N., & Gómez-Peña, M. (2014). Video game addiction in gambling disorder: Clinical, psychopathological, and personality correlates. BioMed Research International, 2014(1), 315062.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabilla Chairunnisa Putri, Syamsulhuda Budhi Mustofa, Ayun Sriatmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).