GAMBARAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE

Authors

  • Nabilla Chairunnisa Putri Universitas Diponegoro
  • Syamsulhuda Budhi Mustofa Universitas Diponegoro
  • Ayun Sriatmi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.32323

Keywords:

Hipertensi, Kecanduan game online, Remaja

Abstract

Perekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sedang marak, game online salah satu bukti bahwa teknologi telah berkembang. Bermain game online saat ini banyak dilakukan banyak kalangan mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa, namun dari banyaknya kalangan yang bermain game online paling banyak digemari kalangan remaja dengan kategori kecanduan. Intensitas paling tinggi terjadi pada anak remaja dengan jumlah persentase yaitu 54% di Indonesia. Remaja yang kecanduan game online dapat mempengaruhi pola hidup mereka dan tidak mengetahui dampak buruk dalam kehidupan sehari-hari. Pada usia remaja gaya hidup sangat mudah berubah dan kekbiasaan yang buruk seperti bermain game secara terus menerus dengan intensitas yang tinggi dapat memicu denyut jantung dan meningkatnya waktu layar sehingga menyebabkan perilaku sedentary dan akan memicu terjadinya hipertensi. Penyakit hipertensi dapat terjadi karena meningkatnya tekanan darah seseorang yang disebabkan dari kurangnya aktivitas fisik, kurangnya waktu tidur, pola makan yang tidak teratur dan tingginya tingkat stres pada seseorang. Pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana gambaran hipertensi pada remaja yang kecanduan bermain game online. Metode yang digunakan yaitu melalui studi literatur review dari 7 jurnal terkini. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipertensi pada remaja yang kecanduan game online dapat terjadi apabila game menjadi rutinitas penting yang harus dilakukan (menggantikan rutinitas penting lain), meningkatnya tingkat stress dan berkurangnya waktu tidur. Implikasi yang terjadi yaitu maraknya hipertensi essensial bagi remaja, hipertensi berat bahkan kematian mendadak pada remaja.

References

Asmara, B. F., Saanin, N. S., & Gunawan, D. (2019). Pengaruh Video Game Terhadap Frekuensi Denyut Jantung dan Tekanan Darah Pada Pria Dewasa Muda. Universitas Kristen Maranatha.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI Tahun 2018, (2018).

Bhandari, S., Belbase, D., Pokhrel, J., & Gyawali, P. (2020). Prevalence of online game addiction among teenagers. International Journal of Advanced Psychiatric Nursing, 2(2), 29–31. https://doi.org/10.33545/26641348.2020.v2.i2a.36

Bhatiasevi, V., Rukumnuaykit, P., & Pholphirul, P. (2023). Online Gaming Addiction and Quality of Life among Early Adolescents in Thailand: An Investigation from a SEM-Neural Network Approach. Human Behavior and Emerging Technologies, 2023. https://doi.org/10.1155/2023/7898600

Bloch, K. V., Klein, C. H., Szklo, M., Kuschnir, M. C. C., De Azevedo Abreu, G., Barufaldi, L. A., Da Veiga, G. V., Schaan, B., Da Silva, T. L. N., De Vasconcellos, M. T. L., Moraes, A. J. P., Borges, A. L., De Oliveira, A. M. A., Tavares, B. M., De Oliveira, C. L., De Freitas Cunha, C., Giannini, D. T., Belfort, D. R., Santos, E. L., … Goldberg, T. B. L. (2016). ERICA: Prevalences of hypertension and obesity in Brazilian adolescents. Revista de Saude Publica, 50(suppl 1), 1s-12s. https://doi.org/10.1590/S01518-8787.2016050006685

Cassidy-Bushrow, A. E., Johnson, D. A., Peters, R. M., Burmeister, C., & Joseph, C. L. M. (2015). Time spent on the internet and adolescent blood pressure. The Journal of School Nursing, 31(5), 374–384.

Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102–113. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.5651

Gentry, S., & Gauthier. (2019). Serious Gaming and Gamification Education in Health Professions: Systematic Review. Journal of Medicat Internet Research Vol 21 (3), 1-20.

Hypertension, (2023).

Jiménez-Murcia, S., Fernández-Aranda, F., Granero, R., Chóliz, M., La Verde, M., Aguglia, E., Signorelli, M. S., Sá, G. M., Aymamí, N., & Gómez-Peña, M. (2014). Video game addiction in gambling disorder: Clinical, psychopathological, and personality correlates. BioMed Research International, 2014(1), 315062.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Putri, N. C., Mustofa, S. B., & Sriatmi, A. (2024). GAMBARAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 3892–3903. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.32323