HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF RADIOGRAFER DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PEMERIKSAAN THORAX DI INSTALASI RADIOLOGI SENTRAL RSUP DR. M DJAMIL PADANG

Authors

  • Santa Mareta Prodi Radiologi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Oktavia Puspita Sari Prodi Radiologi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Yori Rahmadianti Prodi Radiologi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Tiara Annisa Fitrah Prodi Radiologi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.31893

Keywords:

Komunikasi Efektif, Thorax, Kepuasan Pasien

Abstract

Komunikasi efektif antara tenaga kesehatan dan pasien memiliki peranan yang penting dalam menentukan kepuasan pasien. Survei awal yang dilakukan penulis kepada 15 pasien di Instalasi Radiologi Sentral RSUP DR. M Djamil Padang, terdapat 9 pasien yang tidak menerima instruksi pemeriksaan dengan baik, dan 6 pasien diantaranya yang menerima instruksi pemeriksaan dengan baik. Hal ini terlihat ditemukan pasien bergerak saat pemeriksaan, hal ini dibuktikan adanya hasil gambaran yang tidak jelas (membayang), memakai pakaian dalam, kalung, semacam benda dari besi yang terlihat pada hasil radiograf pemeriksaan thorax, sehingga mengakibatkan adanya pengulangan foto pada pemeriksaan thorax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif Radiografer dengan kepuasan pasien rawat jalan pada pemeriksaan thorax di Instalasi Radiologi Sentral RSUP DR. M Djamil Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan design cross secctional, penelitian ini dilakukan di Instalasi Radiologi Sentral RSUP DR. M. Djamil Padang, pada bulan Agustus 2023 – Februari 2024. Sampel penelitian ini berjumlah 98 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner, data yang didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS dengan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan nilai p value = 0,000 (nilai p value < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi efektif radiografer dengan kepuasan pasien

References

Budi Setyawan, F. E., Supriyanto, S., Tunjungsari, F., Nurlaily Hanifaty, W. O., & Lestari, R. (2019). Medical staff services quality to patients satisfaction based on SERVQUAL dimensions. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 8(1), 51.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Efiyana. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Skripsi, 47(1).

Fanny, N., Fatimah, F. S., & Huda, M. I. N. (2022). Hubungan Komunikasi Efektif Petugas Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit X. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan, 506–512.

Ferreira, D. C., Vieira, I., Pedro, M. I., Caldas, P., & Varela, M. (2023). Patient Satisfaction with Healthcare Services and the Techniques Used for its Assessment: A Systematic Literature Review and a Bibliometric Analysis. Healthcare (Switzerland), 11(5). https://doi.org/10.3390/healthcare11050639

Firnanda, F., Puspitasari, S. C., & Arwani, M. (2022). Hubungan Komunikasi yang Efektif dengan Kepuasan Pasien Instalasi Jalan di UPTD Puskesmas Pandaan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 10(2), 82–90. https://doi.org/10.47794/jkhws.v10i2.444

Khairani, M., Salviana, D., & Abu Bakar. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau dari Komunikasi Perawat-Pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 9–17. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.52

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Mareta, S., Sari, O. P., Rahmadianti, Y. ., & Fitrah, T. A. . (2024). HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF RADIOGRAFER DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PEMERIKSAAN THORAX DI INSTALASI RADIOLOGI SENTRAL RSUP DR. M DJAMIL PADANG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4413 – 4421. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.31893