EFEKTIVITAS EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN KOMIK DIGITAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN DALAM PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 6 PRABUMULIH
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.31593Keywords:
Edukasi Gizi, Efektivitas, Komik Digital, Pencegahan Anemia, Pengetahuan, Remaja Putri, Sikap, TindakanAbstract
Remaja putri memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami anemia. Penggunaan komik digital dalam edukasi gizi dapat menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan inovatif, sehingga materi dapat disampaikan dengan lebih efektif dan dipahami dengan mudah, serta membantu meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku terkait gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi gizi melalui komik digital terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan dalam pencegahan anemia di kalangan remaja putri di SMP Negeri 6 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen (Eksperimen Semu) dengan desain One Group Pre and Post-test. Penelitian ini dilaksanakan dari 13 Januari hingga 19 Maret 2024. Instrumen yang digunakan meliputi formulir kesediaan responden, komik digital, dan kuesioner pre-test serta post-test untuk pengetahuan, sikap, dan tindakan. Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample t-test untuk data yang berdistribusi normal dan uji Wilcoxon untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi anemia di SMP Negeri 6 Prabumulih mencapai 24,1% di antara remaja putri, dengan mayoritas responden berusia 13 tahun dan memiliki status gizi normal (79,4%). Setelah mendapatkan edukasi melalui komik digital, terdapat peningkatan signifikan pada kadar hemoglobin, serta skor pengetahuan, sikap, dan tindakan, dengan nilai p < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa edukasi gizi menggunakan komik digital efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan untuk pencegahan anemia pada remaja putri.References
Alfiah, E., Yusuf, A. M., & Puspa, A. R. (2021). Status Anemia dan Skor Diet Quality Index (DQI) pada Remaja Putri di SMP Ibnu Aqil, Bogor. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 6(1), 16.
Alza, Y., Novita, L., & Zahtamal, Z. (2023). Efektivitas Media Komik Terhadap Perubahan Perilaku Pemilihan Jajanan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Komunitas, 9(2), 249–256. https://doi.org/10.25311/keskom.Vol9.Iss2.1394
Arniti, N. L., Septriana, S., & Nofiartika, F. (2021). Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Terhadap Pengetahuan, Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah, dan Kadar Hb pada Remaja Putri. Jurnal GIZIDO, 13(1 Mei), Article 1 Mei. https://doi.org/10.47718/gizi.v13i1
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. (2021). Laporan Kinerja Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.
Hannanti, H., Ilmi, I. M. B., & Syah, M. N. H. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Komik Dan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Terkait Anemia Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 14 Jakarta: The Effect Of Nutrition Education Using Comic And Leaflet On The Improvement Of Anemia Knowledge In Adolescents Girl In Sma Negeri 14 Jakarta. JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.35473/jgk.v13i1.85
Imanuna, H. (2022). Penyuluhan Anemia Gizi Besi Menggunakan Media Booklet untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswi SMAN 7 Malang. NUTRITURE JOURNAL, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31290/nj.v1i1.3526
Julaecha, J. (2020). Upaya Pencegahan Anemia pada Remaja Putri. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(2), 109. https://doi.org/10.36565/jak.v2i2.105
Kumalasari, D., Kameliawati, F., Mukhlis, H., & Kristanti, D. A. (2019). Pola Menstruasi dengan kejadian anemia pada remaja. Wellness and Healthy Magazine, 1(2), 187–192.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Notoatmodjo, G. (2010). Detection of Self-Mutating Computer Viruses. Virii. Es, 1–17.
Notoatmodjo, S. (2022). Metode penelitian kesehatan. Rineka cipta. https://scholar.google.com/scholar?cluster=9587827684766893541&hl=en&oi=scholarr
Nurbaiti, N. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(1), 84. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.552
Nurrahman, N. H., Anugrah, D. S., Adelita, A. P., Sutisna, A. N., Detianingsih, Ovtapia, D., Maisaan, F., Wahyudi, K., Nurshifa, G., Sari, H. E., Azrah, M., Hidayat, M. S., Putri, N. J., & Arfah, C. F. (2020). Faktor Dan Dampak Anemia Pada Anak-Anak, Remaja, Dan Ibu Hamil Serta Penyakit Yang Berkaitan Dengan Anemia. Journal of Science, Technology and Entrepreneur, 2(2). https://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/jste/article/view/27
Pakpahan, Y. E., Hasugian, C., & Supri, S. (2022). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Theory of planned behaviour approach. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 19(3), Article 3. https://doi.org/10.30872/jakt.v19i3.10932
Priawantiputri, W., Rahmat, M., & Purnawan, A. I. (2019). Efektivitas pendidikan gizi dengan media kartu edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku makanan jajanan anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, 10(3), 374–381.
Putri, H. P., Andara, F., & Sufyan, D. L. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Di Jakarta Timur. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2). https://www.researchgate.net/profile/Dian-Sufyan-2/publication/354326764_Pengaruh_Edukasi_Gizi_Berbasis_Video_Terhadap_Peningkatan_Pengetahuan_Remaja_Putri_di_Jakarta_Timur/links/61317658c69a4e487975e7ea/Pengaruh-Edukasi-Gizi-Berbasis-Video-Terhadap-Peningkatan-Pengetahuan-Remaja-Putri-di-Jakarta-Timur.pdf
Ratu, A., Al Katuuk, K., & Polii, I. J. (2021). Semiotika Perubahan Sikap Tokoh Annelies dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo”. Jurnal Bahtra, 1(2). http://ejournal.unima.ac.id/index.php/bahtra/article/view/2538
Rosa, E. F., & Rustiati, N. (2021). Analisis Determinan Kejadian Anemia di Rumah Sakit Kota Baturaja. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Maarif Baturaja, 6(2), 139–146.
Safitri, N. R. D., & Fitranti, D. Y. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah Dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Journal of Nutrition College, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.14710/jnc.v5i4.16438
Samsiana, D. L., & Sulandjari, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Komik Berbasis Android Dalam Edukasi Tentang Sayur dan Buah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Usia Sekolah Dasar Kelas 4 dan 5 di Desa Tlogo Kabupaten Blitar. GIZI UNESA, 3(1), 181–185.
Simanungkalit, S. F., & Simarmata, O. S. (2019). Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Remaja Putri yang Berhubungan dengan Status Anemia. Buletin Penelitian Kesehatan, 47(3), 175–182. https://doi.org/10.22435/bpk.v47i3.1269
Smith, R., Adams, M., Maier, S., Craig, R., Kristina, A., & Maling, I. (2007). Estimating the area of stubble burning from the number of active fires detected by satellite. Remote Sensing of Environment, 109(1), 95–106. https://doi.org/10.1016/j.rse.2006.12.011
World Health Organization. (2022). Pneumonia in children. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/pneumonia
Zogara, A. U. (2021). Edukasi Gizi Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Tentang Sarapan Sehat. CHMK HEALTH JOURNAL, 5(2), 290–296.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pri Karyati, Terati Terati, Yunita Nazarena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).