HUBUNGAN NILAI KOMPREHENSIF AKHIR DAN NILAI TRYOUT AIPKI DENGAN HASIL CBT UJIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER (UKMPPD)
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.31401Keywords:
AIPKI, komprehensif, UKMPPD, CBTAbstract
Pendidikan dokter di Indonesia saat ini sudah memiliki standar kompetensi sebagai acuan kompetensi lulusan dokter berupa standar kompetensi dokter Indonesia (SKDI). Proses pendidikan dokter di Indonesia melalui 2 tahapan yaitu, tahap pendidikan sarjana kedokteran yang kemudian dilanjutkan ke tahap profesi (tahap pendidikan klinik). Tujuan penelitian melihat hubungan nilai komprehensif akhir dan nilai tryout AIPKI dengan hasil CBT ujian kompetensi mahasiswa program profesi doker (UKMPPD). Penelitian ini merupakan penelitian Literature Review dengan desain Narrative Review. Sumber jurnal ilmiah dan/atau prosiding PubMed, Google Scholar, ScienceDirect, tahun publikasi jurnal ilmiah dan/atau prosiding antara 2019-2024. Hasil penelitian didapatkan 20 jurnal yang membahas terkait hubungan nilai komprehensif akhir dan nilai tryout AIPKI dengan hasil CBT ujian kompetensi mahasiswa program profesi doker (UKMPPD). adanya hubungan nilai komprehensif akhir dan nilai tryout AIPKI dengan hasil CBT ujian kompetensi mahasiswa program profesi doker UKMPPD). MPPD yang memiliki nilai komprehensif akhir yang baik dan lulus TO AIPKI rata-rata lebih siap untuk menghadapi ujian komptensi mahasiswa program profesi dokter karena dengan kepercayaan diri lebih karena telah selesai melaksanakan TO AIPKI. Dalam hal ini pun nilai komprehensif akhir dan TO AIPKI mempunyai pengaruh besar terhadap nilai kelulusan CBT UKMPPD fakultas kedokteran.References
Akbar, R. R., Azzuhry, M. F., Haiga, Y. (2023). Profil Nilai Tinjauan pada Hasil CBT UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Tahun 2017-2021. Health and Medical Journal.
Andriaty, S. N., Riezky, A. K. (2021). Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Periode Mei Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jurnal Sains Riset (JSR).
Arifiana, E. I., Firmansyah, M., Anisa, R. (2022). Masa Studi Sarjana dan Profesi Dokter Berpengaruh terhadap Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter di Universitas Islam Malang. Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine).
Arimbi, D., Riezky, A. K., Rizarullah. (2019). Pengaruh Self Directed Learning dan Bimbingan Retaker Terhadap Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Computer Based Test Di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Kandidat : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan.
Arya, A. M., Nasrudin, A. M., Alamanda, A., et al. (2022). Hubungan Nilai Komprehensif Akhir dan Nilai Tryout Aipki dengan Hasil CBT Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran.
Azmi, U., Riezky, A. K., Andri. (2020). Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. Jurnal Aceh Medika.
Firdaus, Chairunnisa, Endriani, R. (2023). Analisis Perbedaan Tingkat Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Berdasarkan Tingkat Kehadiran pada Kegiatan Pembekalan di Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Ilmu Kesehatan.
Firdaus, Rofi, M., Nazriati, E. (2020). Hubungan Nilai Try Out dengan Nilai Computer Based Test pada Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter. Jurnal Ilmu Kesehatan.
Hakim, A. N., Kusumawati, A. et al. (2023). Tingkat Stres dan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter: Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.
Halimah, Kusnan, A., Sety, L. O. (2024). Analisis Faktor Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Ujian CBT dan OSCE UKMPPD pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Ilmilah Obsgin.
Ichsan, B., Prakoeswa, F. R., Pramuningtyas, R. (2023). Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMS terhadap Soal CBT IKM UKMPPD, sebuah Evaluasi: Studi Kualitatif.. Prooceding of Thalamus.
Istadi, Y., Sukestiyarno, Azam, M. et al. (2020). A Scooping Review of Determinants of the Graduation of Professional Competencies for Medical Education Students in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ardiansyah Paputungan, Ratih Natasha Maharani, Asrini Safitri, Febie Irsandy, Windy Nurul Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).