PENGARUH INTENSITAS MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA KEDOKTERAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.31269Keywords:
Intensitas, Al-Qur'an, Indeks Prestasi Kumulatif, Mahasiswa KedokteranAbstract
Pendidikan merupakan haI yang sangat penting bagi setiap anak. Untuk meningkatkan kecerdasan anak diperlukan pendidikan sejak dini, ini sejalan dengan peran pendidikan sebagai sarana pemberdayaan individu dan masyarakat untuk menghadapi tantangan masa depan. Menghafal Al-Qur'an selain untuk ibadah sangat besar pengaruhnya bagi kesehatan jasmani dan rohani kita. Jika mendengarkan musik klasik dapat mempengaruhi Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah hasil nilai akhir yang diterima oleh mahasiswa berupa himpunan dari nilai pada semester awal hingga semester akhir. Intensitas menghafal Al-quran berpengaruh terhadap indeks prestasi kumulatif Mahasiswa Kedokteran, menghafal Al-quran dapat meningkatkan daya ingat, karena dengan menghafal otak terus menerus, mudah untuk konsentrasi karena dengan menghafal sering di asahReferences
Lina ‘Inayatun Nafiah, Fina Tri Wahyuni. (2023). Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X MA Ma’ahid Kaliwungu Kudus. AL Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.
Rozikin, Rizki Noprianti. (2022). Intensitas Menghafal Al-Qur’an dan Hubungannnya dengan Kecerdasan Spiritual di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Hilir. Jurnal Pendidikan Islam.
Junita Arini, Winda Wahyu Widawarsih. (2021).Strategi dan Metode Menghafal Al-Qur'an di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur.. Jurnal Penelitian Keislaman.
Delis Siti Nurhayati Husnul Hotimah, Ahmad Syaeful Rahman. 2021. Implementasi Metode Tawazun dalam Mempercepat Hafal Al-Qur’an. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Untung Susilo, Mohammad Arifin. (2020). Analisis Hubungan Indeks Prestasi Semester Dan Indeks Prestasi Kumulatif Dengan Prestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Risk : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi.
Gema Hista Medika, Zebbil Billian Tomi, Helma Mustika. (2024). Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Lama Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JIPM: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika.
Salim Said Daulay, Adinda Suciyandhani, Sopan Sofian, Juli Julaiha, Ardiansyah. 2023. Pengenalan Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Meirani Agustina, Ngadri Yusro, Syaiful Bahri. 2020. Strategi Peningkatan minat Menghafal Al-Qur'an Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup. Didaktika : Jurnal Kependidikan.
Sutarto. 2022. Analisis Hafalan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Asmadi, Afiful Ikhwan, Nuraini. 2020. Implementasi Program Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an (Studi Komparatif di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Dan Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Ponorogo). JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana.
Nur Munawaroh, Nana Sepriyanti, Muhammad Kosim. 2024. Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur'an terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMAN Padang. Jurnal Pendidikan Islam.
Suwandi, Rofiul Wahyudi. 2020. Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FAI Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman.
Nurman Hasibuan, Syahputra Manik, Rosmaini Hasibuan. 2022. Hubungan Antara VO2 MAX dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa IKOR FIK UNIMED. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Putri Nabila Husna, Jumino. 2022. Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi. Anuva.
Tika Kusumastuti, Mukhlis Fatkhurrohman, Muhammad Fatchurrohman. 2022 Implementasi Metode Menghafal Al-Qur’an 3T+1M dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri.. Al‘Ulum Jurnal Pendidikan Islam.
Anita Desiani, Sugandi Yahdin, Desty Rodiah. 2020. Prediksi Tingkat Indeks Prestasi Kumulatif Akademik Mahasiswa dengan Menggunakan Teknik Data Mining. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK).
Azlansyah, Sriyanto. 2021. Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Hafalan Al- Quran Surat Al-Jumu’ah pada Grup Whatsapp Hafizh on the Street.
Tri Marfiyanto, Uswatun Hasanah, Syauqie Advan Futaqie. 2022. Model Pembelajaran Tahfidz dalam Menguatkan Hafalan Al-Qur’an di SDI Plus Al-Azhar Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Ainur Rofiq, Niken Ayu Khoirinnada. 2024. Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Jeri Irawan, Alya Nurul Ryzkyani, Raditya Ahnaf Fauzan, Aniq Juman Ramadhani, Mutia. 2023. Analisis Hubungan Asosiasi Antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Dengan Kegiatan Organisasi Mahasiswa di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Teknologi Pangan dan Ilmu Pertanian.
Alfi aulia nasution , Hendra Sutysna. 2023. Pengaruh menghafal Alquran dengan metode ODOA. International Islamic Medical Science.
Nadya Videlia Wijaya, Zulfitriani Murfat, Nur Fadhillah Khalid et al. 2022. Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa FORSIK Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2018. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran.
Nadya Bianca, I Gusti Ngurah Ketut Budiarsa, Dewa Putu Gde Purwa Samatra. 2021. Gambaran Kualitas Tidur Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada Tahap Preklinik dan Klinik. Jurnal Medika Udayana.
Intan Kumala Dewi , M. Nasir dan Salma. 2019. Optimisme dan Hardiness pada Dokter Muda di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikolog
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Karina Isnaeny N, Sri Julyani, M. Khidri Alwi, Ida Royani, Shulhana Mokhtar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).