EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DAN READ ALOUD TENTANG ASUPAN GIZI BALITA DI PULAU NASI

Authors

  • Putri Nur Ramadhani Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Agustina Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Riza Septiani Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30727

Keywords:

Ceramah, Membaca Nyaring, Gizi, Pengetahuan

Abstract

Masa balita suatu periode penting bagi anak karena pada masa tumbuh kembang anak yang akan menentukan perkembangan anak di masa selanjutnya. Ketepatan dalam pemberian makan pada balita dapat dipengaruhi oleh pengetahuan ibu, maka dari itu pendekatan terbaik dengan pendidikan kesehatan menggunakan metode/alat bantu promosi kesehatan berupa ceramah dan membaca nyaring (Read Aloud). Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh metode promosi kesehatan   mana yang lebih efektif terhadap pengetahuan ibu tentang asupan gizi bagi balita di Pulau Nasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi-experimental menggunakan rancangan penelitian two group pre-post test design dengan populasi 114 orang. Besar sampel ditentukan dengan metode Purposive Random Sampling berjumlah 60 orang. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS analisis uji statistik Mann Whitney Test dan Wilcoxon Signed Test (0,05). Hasil penelitian uji menunjukkan bahwa nilai Sig  0.001, terdapat perubahan sebelum dan sesudah penyuluhan. Metode ceramah lebih efektif dalam mengubah pengetahuan tentang asupan gizi balita dengan mean rank posttest sebesar 39,73 lebih besar dari mean rank posttest membaca nyaring (Read Aloud) yaitu 21,27. Diharapkan kepada petugas kesehatan agar dpat meningkatkan promosi kesehatan berupa penyuluhan setiap bulan pada posyandu menggunakan metode ceramah dan membaca nyaring (Read Aloud) secara bergantian agar dapat meningkatkan pengetahuan ibu akan asupan gizi balita.

References

Agustin, E. (2021) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Gizi Balita terhadap Pengetahuan Ibu tentang Gizi Balita di Puskesmas Ambarawa Tahun 2021’, Universitas Muhammadiyah Pringsewu, pp. 7–17. Available at: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/141/3/File 3 BAB II ENI AGUSTIN.pdf.

Liansyah, T.M. (2015) ‘Malnutrisi pada Anak Balita’, Jurnal Buah Hati, II(1), pp. 1–12.

Nindyna Puspasari and Merryana Andriani (2017) ‘Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Asupan Makan Balita dengan Status Gizi Balita (BB/U) Usia 12-24 Bulan’, Amerta Nutrition, 1(4), pp. 369–378. Available at: https://doi.org/10.20473/amnt.v1.i4.2017.369-378.

Ningsih, D.A. (2022) ‘Kajian Determinan yang Berhubungan dengan Status Gizi Kurang pada Balita’, Jurnal Ilmu Gizi Indonesia, 3(1), pp. 28–34.

RI, K. (2015) Status Gizi Pengaruhi Kualitas Bangsa – Sehat Negeriku, Sehat Negeriku. Available at: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20150210/2111924/status-gizi-pengaruhi-kualitas-bangsa/ (Accessed: 16 September 2023).

Wulandari, D. (2019) ‘Definisi Promosi Kesehatan’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp. 10–27. Available at: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/3070/3/BAB II.pdf.

(WHO) (2020) ‘Situasi Anak di Indonesia 2020’, World Health Organization (WHO) [Preprint].

Yunita, L. (2016) ‘Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu dalam Penanganan Diare Balita di Sekitar UPT TPA Cipayung, Depok’, Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, p. 128.

Yustianingrum, L.N. and Adriani, M. (2017) ‘Perbedaan Status Gizi dan Penyakit Infeksi pada Anak Baduta yang diberi ASI Eksklusif dan Non ASI Eksklusif’, Amerta Nutrition, 1(4), p. 415. Available at: https://doi.org/10.20473/amnt.v1i4.7128.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Ramadhani, P. N., Agustina, & Septiani, R. . (2024). EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DAN READ ALOUD TENTANG ASUPAN GIZI BALITA DI PULAU NASI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4520–4527. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30727