HUBUNGAN EFISIENSI PROSES PENDAFTARAN DENGAN TINGKAT KEPUASAAN PASIEN DI KLINIK ADEERA MEDIKA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30538Keywords:
Efisiensi Proses Pendaftaran, Tingkat KepuasanAbstract
Jumlah rekam medis yang terus bertambah juga membuat petugas kesehatan menghadapi kesulitan dalam mengakses rekam medis pasien untuk memperbarui data pengobatan. Sedangkan dilihat dari perkembangan teknologi saat ini seharusnya pihak klinik sudah menggunakan teknologi dalam melakukan pelayanan terhadap pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan efisiensi proses pendaftaran dengan Tingkat kepuasan. Metode penelitian berjenis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, peneliti mengangkat populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah keseluruhan pasien yang datang di klinik Adeera medika yaitu 491 (sumber daya klinik Adeera medika 2023), untuk mengetahui ukuran sampel representative yang didapat berdasarkan rumus slovin,metode sampling yang digunakan yaitu accidental sampling, berdasarkan perhitungan rumus slovin 10% tersebut dari 491 pasien jumlah populasi maka di jumlah sampel sebanyak 82 pasien yang melakukan pendaftaran di klinik adeera Medika. Dimana jumlah 82 orang tersebut dijadikan responden. Penelitian ini mengimpulkan bahwa ada hubungan antara efektivitas proses pendaftaran di Klinik adeera Medika dan kepuasan pasien dengan hasil uji chi square sebesar 0,009. Sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Ini ditunjukan oleh responden yang menjawab tidak efisien dan tidak puas, yakni 35,4% responden, namun tidak efisien dan puas ada 17,1%, sedangkan responden yang menjawab efisien dan tidak puas ada 18,3%; responden yang menjawab efisien dan puas sebanyak atau 29,3%. Sehingga perlu adanya penyediaan sarana dan prasarana kerja yang memadai, termasuk teknologi informasi, sangat penting untuk mendukung proses kerja yang efisien dan efektif. Dengan peralatan yang memadai, proses pendaftaran dan pelayanan dapat dilakukan lebih cepat dan akurat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pasien.References
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2).
Jenivermatasarina. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepusan Pasien di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. STIK Stela Maris Makassar.
Kamaruddin, S. (2016). Administrasi dan Pelayanan Publik Antara Teori dan Aplikasi. Penerbit Ombak.
Najmi, F. (2017). Pengaruh Keandalan Dan Prosedur Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2), 251–263. https://doi.org/10.35972/jieb.v3i2.102
Oktavianti, D., Indar, & Abadi, Y. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Puskesmas Biru Bone. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2).
Pratiwi, I. L. S., Karma, M., Wirajaya, M., & Laksmini, P. A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Timur. Yoga Dan Kesehatan, 6(2), 162–174.
Putri, R. A. (2022). Pengaruh kinerja perawat dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien di ruang IGD. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syam, S. (2020). Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur. Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Aprisna Arif, Sunandar Said, Zulkarnain Sulaiman, Khaeriyah Adri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).