UPAYA PERBAIKAN PELAYANAN PASIEN PULANG DARI RAWAT INAP DENGAN METODE LEAN SIX SIGMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30458Keywords:
Lean Six Sigma, Rawat Inap, WaktuAbstract
Waktu tunggu menjadi suatu permasalahan yang mendesak di rumah sakit karena semua rumah sakit saling berkompetisi untuk memberikan pelayanan yang tepat, cepat dan profesional. Di ruang rawat inap lantai 5 gedung baru RS Permata Cibubur kerap masih didapatkan keluhan pasien atau keluarga pasien terkait waktu tunggu pelayanan pasien pulang dari rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah tercapainya perbaikan pelayanan pasien pulang dari rawat inap dengan menggunakan metode Lean Six Sigma.Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental dengan memberikan perlakuan perbaikan menggunakan metode Lean Six Sigma dan menghitung waktu tunggu pada proses pelayanan pasien pulang pada 2 kelompok pasien dengan jaminan pribadi dan pasien jaminan asuransi swasta, sebelum dan sesudah perlakuan. Rata-rata waktu tunggu pasien pulang sebelum perlakuan dengan jaminan pribadi sebesar 61 menit dan dengan jaminan asuransi swasta sebesar 125,8 menit. Setelah dilakukan perlakuan upaya perbaikan dengan metode Lean Six Sigma didapatkan rata-rata waktu tunggu pasien pulang dengan jaminan pribadi sebesar 43,2 menit dan pasien dengan jaminan asuransi swasta sebesar 101,7 menit. Sedangkan prosentase kegiatan bernilai tambah sebelum perlakuan pada pasien dengan jaminan pribadi sebesar 57,4 % dan pasien dengan asuransi swasta sebesar 29,7%. Sesudah perlakuan upaya perbaikan didapatkan prosentase kegiatan bernilai tambah pada pasien pribadi sebesar 59,7 % dan pasien dengan asuransi swasta sebesar 30,4%. Metode Lean Six Sigma secara umum dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam melakukan evaluasi terhadap alur pelayanan di unit pelayanan kesehatan, karena terbukti khususnya pada penelitian ini terjadi pengurangan waktu tunggu pada proses pelayanan pasien pulang dari rawat inap.References
Abdallah AB, Alkhaldi RZ. Lean bundles in health care: a scoping review. J Health Organ Manag. 2019 Jun 28;33(4):488-510. doi: 10.1108/JHOM-09-2018-0263. Epub 2019 Jun 12. PMID: 31282812.
Ahmed S. Integrating the DMAIC approach of Lean Six Sigma and the theory of constraints toward quality improvement in healthcare. Rev Environ Health. 2019 Dec 18;34(4):427-434. doi: 10.1515/reveh-2019-0003. PMID: 31314742.
Ahmed S, Abd Manaf NH, Islam R. Effect of Lean Six Sigma on quality performance in Malaysian hospitals. Int J Health Care Qual Assur. 2018 Oct 8;31(8):973-987. doi: 10.1108/IJHCQA-07-2017-0138. PMID: 30415620.
Alexander C, Rovinski-Wagner C, Wagner S, Oliver BJ. Building a Reliable Health Care System: A Lean Six Sigma Quality Improvement Initiative on Patient Handoff. J Nurs Care Qual. 2021 Jul-Sep 01;36(3):195-201. doi:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Pitaloka Sri Mumpuni, Ede Surya Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).