HUBUNGAN INTERPRETASI BAHAYA NARKOBA DAN ROKOK TERHADAP PERILAKU MAHASISWA FKM UINSU
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30445Keywords:
Dissonant, Narkoba, Perilaku, RokokAbstract
Narkoba adalah gabungan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya, sementara rokok adalah produk tembakau yang dikonsumsi dengan dibakar dan dihisap. Pengetahuan dan lingkungan individu sangat memengaruhi keputusan untuk menggunakan narkoba atau merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan yang dimiliki mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara mengenai bahaya narkoba dan rokok terhadap perilaku dalam menyikapi narkoba dan rokok. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan descriptive correlation. Dari populasi 359 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, dipilih 50 sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria usia 20 tahun ke atas dan kesediaan menjadi responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif, dengan hasil disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Variabel penelitian meliputi variabel independen (pemahaman mahasiswa tentang bahaya narkoba dan rokok) dan variabel dependen (perilaku mahasiswa dalam menanggapi bahaya narkoba dan rokok). Penelitian menunjukkan bahwa semua responden memiliki pengetahuan tentang bahaya narkoba dan rokok, termasuk kemampuan untuk mendefinisikan dan mengenali ciri-ciri rokok. Namun, perilaku merokok mahasiswa yang sadar akan bahaya rokok tetap dipengaruhi oleh lingkungan sosial responden. Beberapa mahasiswa menunjukkan perilaku dissonant, yaitu menyangkal risiko kesehatan dari rokok dengan mencari alasan yang tidak sesuai fakta, seperti tidak melihat dampak buruk rokok pada orang terdekat.References
Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi IV. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Erfiana, D., & Setiawan, D. (2021). Persepsi Perokok Mengenai Gambar Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok Bagi Mahasiswa Di Prodi PGSD Universitas Muria Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(1), 2722–8878. http://www.jiemar.org
Fadlilah, S., Sucipto, A., Aryanto, E., & Sumarni, S. (2020). Perbedaan Kapasitas Vital Paru Antara Perokok Dengan Bukan Perokok. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya, 15(1), 115–123. https://doi.org/10.30643/jiksht.v15i1.72
Handayani, D. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Merokok Santriwan Di Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya. Medical Technology and Public Health Journal, 3(2), 120–126.
Kadarmanta, A., Bisnis, E., Akuntansi, P., Pamulang, U., & Selatan, T. (2022). Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Aspek Sosial Dan Ekonomi Di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 01(4), 729–735.
Komasari, D., & Helmi, A. F. (2011). Faktor Faktor Penyebab Merokok Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 27(1), 37–47.
Manoppo, M. W. (2023). Pengetahuan Dan Perilaku Merokok Pada Masyarakat. Klabat Journal of Nursing, 5(2), 42. https://doi.org/10.37771/kjn.v5i2.974
Mulyadi, F. A., Laitupa, A. A., Putra, M. A., & Kartikasari, I. (2023). Perbedaan Efek Nikotin pada Rokok dan Vape Terhadap Peningkatan Tekanan Darah : Lierature Review.
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sekeronej, D. P., Saija, A. F., & Kailola, N. E. (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Merokok Pada Remaja Di Smk Negeri 3 Ambon Tahun 2019.
Suryatna, A. (2010). Zat Kimia Dalam Rokok. Bandung: Epsilon Grup Bandung
Syarfa, I. (2015) Gambaran Tingkat Pengetahuan, Perilaku Merokok dan Nikotin Dependen Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah.
Wijayanti, S. (2023). Pengaruh Edukasi Manajemen Kesehatan Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 4(2), 83-88.
Zulaikhah, V., Wijayadi, K., & Juliyanto, E. (2021). Evaluasi Hasil Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya Kandungan Dalam Rokok. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 510–515. https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1904
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nofi Susanti, Alya Dwi Ananta, Naila Sa’adah, Muhammad Iqbal Haqiqi Zein, M. Iqbal Firdaus Matondang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).