HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA SMAN 1 KEDAMEAN

Authors

  • Moch. Nizar Fanani rogram Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Zufra Inayah rogram Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadiyatul Fitriyah rogram Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hernanda Trisya Merita Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Abdulloh Roobben Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik1

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30417

Keywords:

kecerdasan emosional, stres akademik, tingkat stres

Abstract

Stres akademik menjadi kondisi siswa yang mengalami tekanan dalam akademik yang dapat menganggu dan tidak dapat dikendalikan oleh siswa. Siswa dapat mengelola dan mengendalikan stres akademik ketika kecerdasan emosional siswa dengan tingkat tinggi. Kecerdasan emosional siswa berkorelasi kuat dengan stres akademik yang dialami oleh kebanyakan siswa. Terdapat 3 tingkatan stres akademik yaitu ringan, sedang, dan tinggi. Berdasarkan hasil survey yang ditemukan di SMAN 1 Kedamean sebanyak 60% siswa yang mengalami stres akademik karena tuntutan atau tekanan yang didapatkan menjelang ujian semester, banyak siswa yang kurang dapat mengontrol stres akademik yang dialami sehingga dapat menimbulkan dampak negatif pada siswa di SMAN 1 Kedamean. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik pada setiap siswa. Penelitian dengan jenis kunantitatif dengan desain cross sectional, populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas XI SMAN 1 Kedamean dengan sampling menggunakan rumus slovin tingkat akurasi 0,05, simple random sampling merupakan teknik yan diunakan dalam pengambilan sampel. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kemudian diolah dengan uji rho-spearman. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik siswa SMAN 1 Kedamean dengan p-value 0,000 dan r = 0,386 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan kuat hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik.

References

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 3(1), 83–93.

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.29210/120182136

Damayanti, S., Jannah, S. R., & Nizami, N. H. (2022). Tingkat Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Selama Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 The Academic Stress Level Of High School Students In The Learning Process During The Covid-19 Pandemic In Banda Aceh City. JIM FKep, 5(4), 154–158.

Ferdiyanto, F., & Muhid, A. (2020). Stres akademik pada siswa: Menguji peranan iklim kelas dan school well-being. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 140–156. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3523

Hanim, W. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Kecemasan dalam Praktek Kerja Industri pada Siswa SMK Negeri 1 Gunung Meriah. Universitas Medan Area.

Hatmanti, N. M., & Septianingrum, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 40–46.

Hayati, S. A., Aminah, & Prasetia, M. E. (2022). Pelatihan Progressive Muscle Relaxation Training Untuk Mengurangi Stress Academic Remaja Di Lingkungan Lahan Rawa Panti Asuhan Puteri Intan Sari Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(1).

Hidayati, R., Rayani, D., & Zulaifi, R. (2024). Hubungan Antara Kecerdasan Emoisonal Dengan Stress Pada Remaja Di Ma Nw Putra Narmada Tahun Ajaran 2023/2024. Journal Transformation of Mandalika, 5(1).

Ladapase, E. M., & Sona, A. (2022). Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia Di Maumere. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi, 2(2), 42–47.

Meiranti, E., & Sutoyo, A. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa SMK di Semarang Utara. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i2.601

Nuryati, N., Sihabudin, & Lukita, C. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Gender Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Buana Perjuangan Karawang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8191–8202. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Pramesta, D. K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.

Pratiwi, N. Y., Islamiyah, N., Azzuric Abshar, S., Abdul Hafid, W., & Fikriyah, N. (2023). Efektivitas Psikoedukasi Coping Stress Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 539–544.

Purwiantomo, D. R. P., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sma Islam Al Azhar 14 Semarang. Jurnal Empati, 9(6), 472–476.

Ramadanti, R., & Hendri. (2021). Hubungan antara Resiliensi dan Dukungan Sosial dengan Stress Akademik Mahasiswa Baru di Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 150–163.

Rizaldi, A. (2021). Pengelolaan Kinerja Karyawan Melalui Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja. Journal of Applied Business Administration, 2(3), 34–43. https://jurnal.polibatam.ac.id

Sari, N. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kesejahteraan Subjektif pada Wanita yang Menikah Usia Muda di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sumaryati, N., Yusup, P. M., Khadijah, U. L. S., & Suminar, J. R. (2022). Kecerdasan emosional pustakawan dalam manajemen konflik di perpustakaan perguruan tinggi di Karawang. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(1), 73–85. https://doi.org/10.22146/bip.v18i1.3956

Syarif, M. (2023). Perkembangan Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 31–42. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen

Utama, P. (2020). Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Melalui Mediasi Stres Akademik Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 12–25.

Yulianti, F., Ilfiandra, & Saripah, I. (2023). Harapan Siswa yang Mengalami Stres Akademik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 413–420. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5261

Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. (2021). Kecerdasan Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ), 9(4), 869–878.

Zhang, C., Ye, M., Fu, Y., Yang, M., Luo, F., Yuan, J., & Tao, Q. (2020). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Journal of Adolescent Health, 67(6), 747–755. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.08.026

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Fanani, M. N., Inayah, Z., Fitriyah, N., Merita, H. T., & Roobben, A. . (2024). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA SMAN 1 KEDAMEAN . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4514–4519. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30417