HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA SMAN 1 KEDAMEAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.30417Keywords:
kecerdasan emosional, stres akademik, tingkat stresAbstract
Stres akademik menjadi kondisi siswa yang mengalami tekanan dalam akademik yang dapat menganggu dan tidak dapat dikendalikan oleh siswa. Siswa dapat mengelola dan mengendalikan stres akademik ketika kecerdasan emosional siswa dengan tingkat tinggi. Kecerdasan emosional siswa berkorelasi kuat dengan stres akademik yang dialami oleh kebanyakan siswa. Terdapat 3 tingkatan stres akademik yaitu ringan, sedang, dan tinggi. Berdasarkan hasil survey yang ditemukan di SMAN 1 Kedamean sebanyak 60% siswa yang mengalami stres akademik karena tuntutan atau tekanan yang didapatkan menjelang ujian semester, banyak siswa yang kurang dapat mengontrol stres akademik yang dialami sehingga dapat menimbulkan dampak negatif pada siswa di SMAN 1 Kedamean. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik pada setiap siswa. Penelitian dengan jenis kunantitatif dengan desain cross sectional, populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas XI SMAN 1 Kedamean dengan sampling menggunakan rumus slovin tingkat akurasi 0,05, simple random sampling merupakan teknik yan diunakan dalam pengambilan sampel. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kemudian diolah dengan uji rho-spearman. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik siswa SMAN 1 Kedamean dengan p-value 0,000 dan r = 0,386 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan kuat hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik.References
Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 3(1), 83–93.
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.29210/120182136
Damayanti, S., Jannah, S. R., & Nizami, N. H. (2022). Tingkat Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Selama Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 The Academic Stress Level Of High School Students In The Learning Process During The Covid-19 Pandemic In Banda Aceh City. JIM FKep, 5(4), 154–158.
Ferdiyanto, F., & Muhid, A. (2020). Stres akademik pada siswa: Menguji peranan iklim kelas dan school well-being. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 140–156. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.3523
Hanim, W. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional dengan Kecemasan dalam Praktek Kerja Industri pada Siswa SMK Negeri 1 Gunung Meriah. Universitas Medan Area.
Hatmanti, N. M., & Septianingrum, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), 40–46.
Hayati, S. A., Aminah, & Prasetia, M. E. (2022). Pelatihan Progressive Muscle Relaxation Training Untuk Mengurangi Stress Academic Remaja Di Lingkungan Lahan Rawa Panti Asuhan Puteri Intan Sari Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(1).
Hidayati, R., Rayani, D., & Zulaifi, R. (2024). Hubungan Antara Kecerdasan Emoisonal Dengan Stress Pada Remaja Di Ma Nw Putra Narmada Tahun Ajaran 2023/2024. Journal Transformation of Mandalika, 5(1).
Ladapase, E. M., & Sona, A. (2022). Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia Di Maumere. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi, 2(2), 42–47.
Meiranti, E., & Sutoyo, A. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa SMK di Semarang Utara. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i2.601
Nuryati, N., Sihabudin, & Lukita, C. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Gender Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Buana Perjuangan Karawang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8191–8202. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Pramesta, D. K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.
Pratiwi, N. Y., Islamiyah, N., Azzuric Abshar, S., Abdul Hafid, W., & Fikriyah, N. (2023). Efektivitas Psikoedukasi Coping Stress Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 539–544.
Purwiantomo, D. R. P., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sma Islam Al Azhar 14 Semarang. Jurnal Empati, 9(6), 472–476.
Ramadanti, R., & Hendri. (2021). Hubungan antara Resiliensi dan Dukungan Sosial dengan Stress Akademik Mahasiswa Baru di Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 150–163.
Rizaldi, A. (2021). Pengelolaan Kinerja Karyawan Melalui Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja. Journal of Applied Business Administration, 2(3), 34–43. https://jurnal.polibatam.ac.id
Sari, N. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kesejahteraan Subjektif pada Wanita yang Menikah Usia Muda di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Sumaryati, N., Yusup, P. M., Khadijah, U. L. S., & Suminar, J. R. (2022). Kecerdasan emosional pustakawan dalam manajemen konflik di perpustakaan perguruan tinggi di Karawang. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(1), 73–85. https://doi.org/10.22146/bip.v18i1.3956
Syarif, M. (2023). Perkembangan Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 31–42. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen
Utama, P. (2020). Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Melalui Mediasi Stres Akademik Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 12–25.
Yulianti, F., Ilfiandra, & Saripah, I. (2023). Harapan Siswa yang Mengalami Stres Akademik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 413–420. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5261
Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. (2021). Kecerdasan Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ), 9(4), 869–878.
Zhang, C., Ye, M., Fu, Y., Yang, M., Luo, F., Yuan, J., & Tao, Q. (2020). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Journal of Adolescent Health, 67(6), 747–755. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.08.026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moch. Nizar Fanani, Zufra Inayah, Nadiyatul Fitriyah, Hernanda Trisya Merita, Abdulloh Roobben
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).