IMPLEMENTASI PROGRAM PELAPORAN UNSAFE ACTION & UNSAFE CONDITION DI PT XYZ

Authors

  • Clint Devan Yogama Universitas Indonesia
  • Zulkifli Djunaidi Departemen Kesehatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Farah Fadila Rahmawati PMMB Subholding C&T PT Pertamina Patra Niaga

Abstract

Sebagai aset utama bagi perusahaan dalam menggerakan operasional perusahaan untuk mencapai efisiensi dan produktivitas tinggi, tenaga kerja perlu dijamin keselamatan dan kesehatan kerjanya. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah segala upaya pencegahan kecelakaan dan penyakit yang diakibatkan dari bekerja dan menjamin serta melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja. Setiap perusahaan diwajibkan untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja dalam operasionalnya. Terutama pada pekerjaan yang memiliki resiko tinggi akan kemungkinan terjadinya kecelakaan atau penyakit kerja. Penelitian ini adalah tentang Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada PT XYZ. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui mengenai penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yang telah dilaksanakan oleh PT XYZ melalui program Pengamatan Aturan HSSE. Penerapan program Pengamatan Aturan HSSE fokus pada mendeteksi kondisi atau tindakan tidak aman secara dini sebelum terjadi kecelakaan dan memperbaikinya menjadi lingkungan kerja yang aman bagi pekerja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Laporan Pengamatan Aturan HSSE milik PT XYZ sebagai objek penelitian. Teknik analisis dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk membandingkan hasil penelitian yang sudah dilakukan mengenai penerapan keselamatan dan kesehatan kerja melalui program Pengamatan Aturan Utama HSSE dengan teori-teori yang didapatkan melalui studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa fungsi, manfaat dan penerapan keselamatan dan kesehaan kerja PT XYZ melalui program Pengawasan Aturan HSSE telah mencakup semua aspek yang dinyatakan dalam teori.

Author Biography

Clint Devan Yogama, Universitas Indonesia

Fakultas Kesehatan Masyarakat

References

Amin, Angga R., (2011) ‘Pengaruh Penerapan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Pencapaian Zero Accident (Studi pada Karyawan PT. PT XYZ Depot Malang)’, Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Bird, Frank E, dkk, 1996. Loss Control Management: Practical Loss Control Leadership. Det Norske Veritas (USA), Inc, 4th edition.

Efendi, A., 2007. Analisis Tenaga Kerja pada Industri Kerajinan Kulit di Kelurahan Sonorejo dan Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Geografi: UMS

Fridayanti, N., Kusumasmoro, R. (2016). ‘Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Ferron Par Pharmaceuticals Bekasi’, Jurnal Administrasi Kantor. 4 (1): 211 – 234.

Gunawan, F.A. 2013. Safety Leadership Kepemimpinan Keselamatan Kerja. Jakarta, Dian Rakyat.

Hartatik, IP. (2014) Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.

Ivancevich, John M., (2001) Human Resource Manajemen International. Jakarta: Pren-Hall Indo.

Johnson, Burke & Christensen. (2004) Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches 2nd Edition. Pearson Education, Inc: USA.

Marettia, Argitha. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Program STOP di PT X Indonesia Tahun 2011. S1. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia

Mondy, R. Wayne (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi 10. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Peraturan Menteri (1996) No.05 pasal 1 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta

Republik Indonesia (2003) Undang-undang RI nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta

Robbins, Stephen P. & Timothy, A Judge (2008) Organizational Behavior 12th Ed.Terjemahan oleh Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rasyid. Jakarta: Salemba Empat

Robson, Lynda S., J. A. Clarke, K. Cullen, A. Bielecky, C. Severin, P. L. Bigelow, E. Irvin, A. Culyer, & Q. Mahood (2007) ‘The effectiveness of occupational health and safety management system interventions: A systematic review’, Safety Science Volume 45, Issue 3, March 2007, pp. 329–353.

Sekaran, Uma (2003) Research Method for Business, Fourth Edition. New York: John Willey & Son, Inc.

Suardi, R. (2005) Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PPM.

Susilawaty, S., (2007) Analisis Kebijakan Publik Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kota Tasikmalaya, Disertasi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Taurista, E. P., (2010) Pengaruh Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Produksi, Skripsi. Universitas Brawijaya, Malang.

WSH Concil. 2014. WHS Guide to Behavioural Observation and Intervention.

Downloads

Published

2022-01-02