BUSINESS PROCESS REENGINEERING IN HOSPITALS : A LITERATURE REVIEW OF IMPROVING EFFICIENCY AND EFFECTIVENESS OF HEALTH SERVICES

Authors

  • Nindyan Prawasari Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung, Indonesia
  • Antony Pakiding Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung, Indonesia
  • Diana Davisca Ridwan Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung, Indonesia
  • Renny Dwi Ning Istyana Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung, Indonesia
  • Mira Veranita Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.29318

Keywords:

Business Process Reengineering, Rumah Sakit, Efisiensi, Efektif

Abstract

Persaingan di industri kesehatan semakin ketat, mendorong rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam layanan mereka. Business Process Reengineering (BPR) adalah strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja operasional bisnis. BPR adalah perancangan ulang secara radikal proses bisnis untuk mencapai perbaikan dramatis dalam hal biaya, kualitas, layanan, dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode reengineering proses bisnis (BPR) dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk mengeksplorasi berbagai sumber akademik dan praktis yang membahas implementasi BPR dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literasi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyoroti enam potensi signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan di rumah sakit, dimulai dari peningkatan kinerja organisasi, peningkatan kualitas layanan, peningkatan keberhasilan implementasi, peningkatan efisiensi waktu, peningkatan penerimaan publik, dan perlindungan penyedia layanan kesehatan. Implementasi BPR di rumah sakit adalah proses yang kompleks dan memerlukan perhatian serius terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Dengan memahami dan mengambil langkah-langkah yang tepat terkait peningkatan kinerja organisasi, peningkatan kualitas layanan, peningkatan keberhasilan implementasi, dan peningkatan efisiensi waktu, rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional mereka serta meningkatkan penerimaan publik dan melindungi penyedia layanan kesehatan dari tuntutan.

References

Ali Mohamad, T., Bastone, A., Bernhard, F., & Schiavone, F. (2023). How artificial intelligence impacts the competitive position of healthcare organizations. Journal of Organizational Change Management, 36(8), 49–70. https://doi.org/10.1108/JOCM- 03-2023-0057

Alvarez. Jesus Antonio., Flores. Ruben Fransisco. (2019). Process Reengineering and Patient-Centered Approach Strengthen Efficiency in Specialized Care. The American Journal of Managed Care February 2019 Volume 25 Issue 2

Amjad, A., Kordel, P., & Fernandes, G. (2023). A Review on Innovation in Healthcare Sector (Telehealth) through Artificial Intelligence. Sustainability, 15(8), 6655. https://doi.org/10.3390/su15086655

Annahar Septiadi Marwan., Budiman Irwan., Nugroho Radityo Adi. (2016). Uji Efektivitas Waktu Implementasi One Card Patient Sebagai Business Process Reengineering Sistem Informasi Klinik Dokter Gigi. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK) Volume 03, No.02 September 2016

Audianti. Annisa Yossi. (2020). Perancangan Proses Bisnis Pada Pelayanan Rumah Sakit Universitas Brawijaya dengan Pendekan Business Process Reengineering (BPR). Repository BKG (Brawijaya Knowledge Garden) is Developed by IT Library UB.

Dachyar. M., Farizal., Yafi. M.Mansur. (2018). Analysis of Outpatient Service Queue of Public Hospital in Jakarta. MATEC Web of Conferences 248, 03006,2018

Ebrahimi Rigi, Z., Namjoo, Z., Jabarpour, M., Ahmadinejad, M., Ahmadipour, M., Mangolian Shahrbabaki, P., & Dehghan, M. (2023). Hospital challenges and managerial approaches to combat COVID-19 outbreak: A qualitative study in southeastern Iran. BMC Health Services Research, 23(1), 690. https://doi.org/10.1186/s12913-023- 09631-0

Elapatha, V. W., & Jehan, S. N. (2020). An Analysis of the Implementation of Business Process Re-engineering in Public Services. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity,, 6(4), 114.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Prawasari, N. ., Pakiding, A. ., Ridwan, D. D. ., Istyana, R. D. N. ., & Veranita, M. . (2024). BUSINESS PROCESS REENGINEERING IN HOSPITALS : A LITERATURE REVIEW OF IMPROVING EFFICIENCY AND EFFECTIVENESS OF HEALTH SERVICES. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2), 4510–4517. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.29318