BUSINESS PROCESS REENGINEERING IN HOSPITALS : A LITERATURE REVIEW OF IMPROVING EFFICIENCY AND EFFECTIVENESS OF HEALTH SERVICES
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.29318Keywords:
Business Process Reengineering, Rumah Sakit, Efisiensi, EfektifAbstract
Persaingan di industri kesehatan semakin ketat, mendorong rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam layanan mereka. Business Process Reengineering (BPR) adalah strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja operasional bisnis. BPR adalah perancangan ulang secara radikal proses bisnis untuk mencapai perbaikan dramatis dalam hal biaya, kualitas, layanan, dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode reengineering proses bisnis (BPR) dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk mengeksplorasi berbagai sumber akademik dan praktis yang membahas implementasi BPR dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literasi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menyoroti enam potensi signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan di rumah sakit, dimulai dari peningkatan kinerja organisasi, peningkatan kualitas layanan, peningkatan keberhasilan implementasi, peningkatan efisiensi waktu, peningkatan penerimaan publik, dan perlindungan penyedia layanan kesehatan. Implementasi BPR di rumah sakit adalah proses yang kompleks dan memerlukan perhatian serius terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Dengan memahami dan mengambil langkah-langkah yang tepat terkait peningkatan kinerja organisasi, peningkatan kualitas layanan, peningkatan keberhasilan implementasi, dan peningkatan efisiensi waktu, rumah sakit dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional mereka serta meningkatkan penerimaan publik dan melindungi penyedia layanan kesehatan dari tuntutan.References
Ali Mohamad, T., Bastone, A., Bernhard, F., & Schiavone, F. (2023). How artificial intelligence impacts the competitive position of healthcare organizations. Journal of Organizational Change Management, 36(8), 49–70. https://doi.org/10.1108/JOCM- 03-2023-0057
Alvarez. Jesus Antonio., Flores. Ruben Fransisco. (2019). Process Reengineering and Patient-Centered Approach Strengthen Efficiency in Specialized Care. The American Journal of Managed Care February 2019 Volume 25 Issue 2
Amjad, A., Kordel, P., & Fernandes, G. (2023). A Review on Innovation in Healthcare Sector (Telehealth) through Artificial Intelligence. Sustainability, 15(8), 6655. https://doi.org/10.3390/su15086655
Annahar Septiadi Marwan., Budiman Irwan., Nugroho Radityo Adi. (2016). Uji Efektivitas Waktu Implementasi One Card Patient Sebagai Business Process Reengineering Sistem Informasi Klinik Dokter Gigi. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK) Volume 03, No.02 September 2016
Audianti. Annisa Yossi. (2020). Perancangan Proses Bisnis Pada Pelayanan Rumah Sakit Universitas Brawijaya dengan Pendekan Business Process Reengineering (BPR). Repository BKG (Brawijaya Knowledge Garden) is Developed by IT Library UB.
Dachyar. M., Farizal., Yafi. M.Mansur. (2018). Analysis of Outpatient Service Queue of Public Hospital in Jakarta. MATEC Web of Conferences 248, 03006,2018
Ebrahimi Rigi, Z., Namjoo, Z., Jabarpour, M., Ahmadinejad, M., Ahmadipour, M., Mangolian Shahrbabaki, P., & Dehghan, M. (2023). Hospital challenges and managerial approaches to combat COVID-19 outbreak: A qualitative study in southeastern Iran. BMC Health Services Research, 23(1), 690. https://doi.org/10.1186/s12913-023- 09631-0
Elapatha, V. W., & Jehan, S. N. (2020). An Analysis of the Implementation of Business Process Re-engineering in Public Services. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity,, 6(4), 114.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nindyan Prawasari, Antony Pakiding, Diana Davisca Ridwan, Renny Dwi Ning Istyana, Mira Veranita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).