PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT X KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.29171Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Kepuasan pasien merupakan pengukuran kunci efektivitas perawatan yang diberikan rumah sakit. Tahap pertama dalam mengakses layanan di rumah sakit yaitu bagian pendaftaran, yang mempunyai arti penting dalam kerangka layanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Kepuasan pasien mengacu pada penilaian terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dampak kepuasan pasien rawat jalan pada bagian pendaftaran dengan mengkaji kualitas pelayanan rawat jalan yang melingkupi daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati serta keandalan. Penelitian ini memakai teknik kuantitatif dengan fokus pada populasi pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Bandung. Besar sampel sebanyak 100 partisipan dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Peneliti menggunakan metode sampling insidental untuk memilih partisipan penelitian ini. Data utama diperoleh dengan memanfaatkan kuesioner yang memakai skala Likert 1-5. Selain itu, data sekunder diambil dari data yang diperoleh peneliti dari rumah sakit. Analisis penelitian ini menggunakan uji univariat, validitas, reliabilitas, dan bivariat. Peneliti mengaplikasikan uji korelasi bivariat dengan nilai P-Value < 0,05 dan uji F < 0,05 memperlihatkan bahwasanya kualitas pelayanan mempunyai dampak pada kepuasan pasien. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwasanya pasien rawat jalan merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang dibagikan oleh pihak Rumah Sakit X di Kota Bandung.References
Budi, A. P., & Perwirani, R. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Asy Syifa Sambi. 03(01), 21–26.
Fanny, N., Nugraheni, S. W., & Hidayatillah, S. A. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rs Muhammadiyah Selogiri Wonogiri. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), 000, 83–90.
Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Herudiansyah, G., Fitantina, & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Najla Zulfiyah Hanif, Yuyun Yunengsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).