EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.28467Keywords:
Evaluasi Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Pasien, PuskesmasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelayanan informasi obat dan kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Kartasura dengan menggunakan kuesioner terhadap 100 responden. Teknik analisis data dengan menggunakan metode Uji Univariat, Uji Bivariat, Uji Chi Square, metode CSI (Customer Satisfaction Index) dan metode IPA (Importance Performance Analysis). Berdasarkan hasil penelitian terkait kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kartasura dari metode gap berada pada indeks negatif yang artinya pasien belum puas dengan pelayanan yang diberikan dengan nilai gap yaitu tangible (bukti fisik) (-0.51) reliability (kehandalan) (-0.40), responsiveness (daya tanggap) (-0.43), assurance (Jaminan) (-0.41), dan empathy (kepedulian) (-0.34). Hasil analisis CSI (Customer satisfaction Index) termasuk dalam kategori sangat puas yaitu dengan nilai sebesar 84,84%. Hasil penelitian terkait sosiodemografi dan pelayanan informasi obat tidak ada hubungan dengan nilai p-value tertinggi yaitu pada karakteristik jenis kelamin (0.795). Hasil penelitian terkait sosiodemografi dan kepuasan pasien pada dimensi dirasakan pada karakteristik pekerjaan ada hubungan terkait dengan kepuasan pasien dengan nilai (0.040). Hasil penelitian di dapat tidak ada hubungan terkait pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien (dirasakan) dengan nilai p-value (0.263). Hasil analisis IPA menunjukkan kuadran I menjadi prioritas perbaikan meliputi tanda pengenal, fasilitas ruang tunggu dan tanggap menangani pasien terkait obat, petugas farmasi dapat menangani masalah dan memberikan solusi dengan cepat dan tepat di Puskesmas Kartasura.References
Adityawati, R., Latifah, E., & Hapsari, W. S. (2016). Evaluasi pelayanan informasi obat pada pasien rawat jalan di instalasi farmasi Puskesmas Grabag I. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, 1(2), 6-10.
Asriani, A., Widyasari, I., & Ngkolu, N. W. (2019). EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BONTONOMPO I KABUPATEN GOWA. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia, 2(1), 39-44.
Djamal HD., et al., (2020) Hubungan Pemberian Informasi Obat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(1).
Friskayanti, Abedneigo.C.Rambulangi, Olivia.D.Y.Pompeng. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Sudu Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN) Vol.2, No.4.
Harpiani, S., Puspitasari, C. E., Erwinayanti, G. A. P. S., & Annisa, B. S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Provinsi NTB Periode Maret-April 2019. Sasambo Journal of Pharmacy, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.1142/7114
Ihsan, S., Nuralifah, Jabar, A., Sabarudin, Sonaru, F., & Ramadhan, R. (2021). Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Seluruh Kota Kendari. Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 8(2), 162–167.
Iriyanti, M., Zulfikar, Z., & Yusran, M. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Serambi Saintia: Jurnal Sains dan Aplikasi, 9(1), 49-55.
Kawahe, M., Mandagi, C.K.F., Kawatu, P.A.T. 2015. Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi. 4(4) : 261 – 269.
Lubis, R. A., Putri, A. D., & Ginting, T. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 13-20.
Mayefis D, Halim A, Rahim R .(2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia ;13:201–4.
Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ke. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwaningsih, N. S., Senjaya, A., & Rukmana, J. U. (2022). Analisis Pelayanan Informasi Obat (Pio) Pada Pasien Di Apotek X Periode Mei 2021. Edu Masda Journal, 5(2), 147-154.
Sari, D. R., & Sutrisna, E. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan di Puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol 10 No 2.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Customer Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Susyanty, A. L., Yuniar, Y., Herman, M. J., & Prihartini, N. (2020). Kesesuaian Penyelenggaraan Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 30(1), 65-74.
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bahu Kota Manado. Kesmas, 7(4).
Uktutias, S. A. M., & Ayu Mitra, S. (2018). Analisis Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Jalan RSIA NUN Surabaya Analysis The Outpatient Satisfaction Level of RSIA NUN Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr.Soetomo, 4(1), 14–23. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/754412.
Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di UPTD Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes, 8(1), 57–65.https://ejurnalinfokes.apikescm.ac.id/index.php/infokes/article/view/19.
Zulaika, Z., Suhermi, S., & Rivanto, R. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di RS Azra 2019. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.45
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frida Indar Oktaviani, Niken Luthfiyanti, Kusumaningtyas S.A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).