HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI POLI TB- DOTS RSUD ROKAN HULU TAHUN 2023

Authors

  • Rini Astika Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hangtuah
  • Doni Jepisah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hangtuah
  • Septien Asmarwiati Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hangtuah

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.27864

Keywords:

Lama waktu tunggu, kepuasan pasien, Poli TB- DOTS

Abstract

Pasien rawat jalan sering mengeluhkan waktu tunggu di RSUD Rokan Hulu, khususnya di Poli TB-DOTS yang mencapai 1 jam 29 menit 45 detik. Keluhan tinggi terkait waktu tunggu berpotensi memengaruhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan  lama waktu tunggu dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di Poli TB- DOTS RSUD Rokan Hulu Tahun 2023. Keluhan yang tinggi terhadap waktu tunggu berdampak pada kepuasan pasien. Metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional.  Variabel independen lama waktu tunggu pelayanan, variabel dependen kepuasan pasien. Populasi sebanyak 176 pasien dengan sampel 64 responden.Teknik sampling Purposive Sampling, data penelitian menggunakan data primer, alat pengumpulan data berupa kuisioner survei kepuasan masyarakat dari Permenpan No. 14 Tahun 2017. Analis data yang digunakan univariat dan bivarat dengan uji chi-Square., Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan lama waktu tunggu dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di Poli TB- DOTS (P-value 0,006). Manajemen dapat melakukan perencanaan yang lebih efektif terkait penempatan SDM, terutama Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Poli TB-DOTS dan poli Paru. Petugas perlu meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam mengikuti SOP yang telah ditetapkan untuk mengurangi waktu tunggu pasien.

References

Duc Thanh, N., My Anh, B. T., Xiem, C. H., Quynh Anh, P., Tien, P. H., Thi Phuong Thanh, N., … Thanh Hung, P. (2022). Patient Satisfaction With Healthcare Service Quality and Its Associated Factors at One Polyclinic in Hanoi, Vietnam. International Journal of Public Health, 67. https://doi.org/10.3389/ijph.2022.1605055

Dwi Lestari, D., Khodijah Parinduri, S., & Fatimah, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam RSUD Kota Bogor Tahun 2018-2019. PROMOTOR, 3(3), 231–240. https://doi.org/10.32832/pro.v3i3.4172

Endalamaw, A., Gilks, C. F., Ambaw, F., Chatfield, M. D., & Assefa, Y. (2022). Satisfaction of tuberculosis patients to healthcare services at the global level: A systematic review. Health & Social Care in the Community, 30(6). https://doi.org/10.1111/hsc.13953

Fajar Sari, R., Raharjo, M., & Martini. (2023). Evaluasi Pelayanan Tuberkulosis Resistan Obat di Rumah Sakit Swasta Semarang. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 698–707. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3287

Fauziyyah, S. (2021). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Cempaka Putih Tahun 2020. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(1), 89–96. https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1299

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Khan, H. (2021). A study on waiting time of the OPD Patient in a Multispecialty Hospital. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 9(12), 1343–1346. https://doi.org/10.22214/ijraset.2021.39532

Latuconsina, N. A. (2023). Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Eureka Media Aksara .

Permen PANRB No 14 Th 2017. Pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik. , Pub. L. No. 14, https://peraturan.bpk.go.id/Details/132600/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017 1 (2017). Indonesia: BN 2017/NO 708.

Permenkes No 30. Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan Unit Transfusi Darah. , Pub. L. No. BN.2022/No.1054, https://peraturan.bpk.go.id/Details/245550/permenkes-no-30-tahun-2022 1 (2022). Indonesia.

Pratama, T. A., & Sugiarti, I. (2022). Aspek Plan, Do, Check dan Act pada Pengendalian Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(4), 1092–1096.

Rasnidiati, K. A. P. (2020). Persepsi Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(1). https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i1.2031

Rizany, I. (2021). The Relationship between Waiting Time and Patient Satisfaction in The Outpatient of Public Hospital in Banjarbaru. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 5(1), 60–66. https://doi.org/10.18196/ijnp.v5i1.10275

Wijayanti, F. E. R., Lidiana, E. H., & Widiastuti, A. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Sehat Karanganyar. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 4(1), 40–45. https://doi.org/10.30787/asjn.v4i1.1195

Wulandari, F. R., Fannya, P., Dewi, D. R., & Putra, D. H. (2022). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Jantung di Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(4), 27–40.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Astika, R. ., Jepisah, D. ., & Asmarwiati, S. . (2024). HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI POLI TB- DOTS RSUD ROKAN HULU TAHUN 2023. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(2). https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i2.27864