ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT : PENDEKATAN KUANTITATIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27379Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Rumah Sakit, PasienAbstract
Pelayanan kesehatan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan medis masyarakat. Kepuasan pasien terhadap rumah sakit mencerminkan sejauh mana harapan dan kebutuhan pasien terpenuhi selama perawatan. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, penting bagi rumah sakit untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas layanan dan fasilitas yang disediakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 5 poin, yang kemudian dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel tersebut dan menguji hipotesis yang diajukan. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun secara individu terhadap kepuasan pasien. Sementara itu, pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien tidak signifikan secara parsial. Hasil ini memberikan wawasan penting bagi manajemen untuk memprioritaskan peningkatan kualitas layanan dalam rangka meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan.References
Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. Mirai?: Journal of Management, 1(2), 33–57. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/231/123
Firman Fadilah, F. F., & Al Banin, Q. (2022). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Puskesmas Bantarkawung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(2). https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i2.5362
Hardianty, Y., Ernawaty, J., & Sabrian, F. (2020). HUBUNGAN PROFESIONALISME PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP UTAMA. Jurnal Online Mahasisa, 1(1).
Hidayah, N., & Arfah, A. (2022). Mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit. FORUM EKONOMI, 24(1), 186–194. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Mustika, D., & Sari, K. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 147–152. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i3.2950
Rusmawati, Y. (2019). Pengaruh Harga Kamar Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Konsumen Di Shangrila Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen, 4(1), 889. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.229
Samsudin. (2021). Pengaruh Pelayanan Administrasi Terhadap KepuasanPasienDi RSUD.Pasar Rebo. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(4), 397–398.
Setianingsih, A., & Susanti, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit “S.” Menara Medika, 4(1), 22–27.
Tamonsang, M., & Apriliyanto, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Poliklinik Jantung RSUD Bakti Dharma Husada Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 72–80.
Trisnayanti. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD H. Padjomga DG. Ngalie Kabupaten Takalar. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wynona Ramli, Verena Tsania Zhohara, Fadhila Rachma Khairana, Innocentius Bernarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).