ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT : PENDEKATAN KUANTITATIF

Authors

  • Wynona Ramli Management Rumah Sakit dan Magister Management, Universitas Pelita Harapan
  • Verena Tsania Zhohara Management Rumah Sakit dan Magister Management, Universitas Pelita Harapan
  • Fadhila Rachma Khairana Management Rumah Sakit dan Magister Management, Universitas Pelita Harapan
  • Innocentius Bernarto Management Rumah Sakit dan Magister Management, Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27379

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Rumah Sakit, Pasien

Abstract

Pelayanan kesehatan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan medis masyarakat. Kepuasan pasien terhadap rumah sakit mencerminkan sejauh mana harapan dan kebutuhan pasien terpenuhi selama perawatan. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, penting bagi rumah sakit untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas layanan dan fasilitas yang disediakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 5 poin, yang kemudian dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel tersebut dan menguji hipotesis yang diajukan. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun secara individu terhadap kepuasan pasien. Sementara itu, pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien tidak signifikan secara parsial. Hasil ini memberikan wawasan penting bagi manajemen untuk memprioritaskan peningkatan kualitas layanan dalam rangka meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan.

References

Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. Mirai?: Journal of Management, 1(2), 33–57. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/231/123

Firman Fadilah, F. F., & Al Banin, Q. (2022). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Puskesmas Bantarkawung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(2). https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i2.5362

Hardianty, Y., Ernawaty, J., & Sabrian, F. (2020). HUBUNGAN PROFESIONALISME PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP UTAMA. Jurnal Online Mahasisa, 1(1).

Hidayah, N., & Arfah, A. (2022). Mutu pelayanan keselamatan pasien di rumah sakit. FORUM EKONOMI, 24(1), 186–194. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Mustika, D., & Sari, K. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 147–152. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i3.2950

Rusmawati, Y. (2019). Pengaruh Harga Kamar Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Konsumen Di Shangrila Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen, 4(1), 889. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.229

Samsudin. (2021). Pengaruh Pelayanan Administrasi Terhadap KepuasanPasienDi RSUD.Pasar Rebo. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(4), 397–398.

Setianingsih, A., & Susanti, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit “S.” Menara Medika, 4(1), 22–27.

Tamonsang, M., & Apriliyanto, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Poliklinik Jantung RSUD Bakti Dharma Husada Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 72–80.

Trisnayanti. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD H. Padjomga DG. Ngalie Kabupaten Takalar. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ramli, W. ., Zhohara, V. T. ., Khairana, F. R. ., & Bernarto, I. . (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT : PENDEKATAN KUANTITATIF. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 1310–1318. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27379

Issue

Section

Articles