ANALISIS HASIL KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI KEBUGARAN JASMANI (SIPGAR) TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27310Keywords:
kebugaran jasmani peserta didik, SIPGARAbstract
Anak yang mempunyai tingkat kebugaran yang baik cenderung memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit, angka ketidakhadiran di sekolah yang lebih rendah, dan kemampuan belajar yang lebih tinggi. Namun, di Indonesia, tingkat kebugaran jasmani peserta didik menghadapi tantangan dengan adanya gaya hidup tidak aktif, kegemukan, dan kurangnya aktivitas fisik. Penelitian deskriptif dengan desain cross sectional ini bertujuan mengetahui tingkat kebugaran jasmani 6.359 peserta didik yang telah melakukan pengukuran kebugaran jasmani pada aplikasi Sistem Informasi Kebugaran Jasmani (SIPGAR) tahun 2022. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling yang diambil pada bulan September 2023. Peserta didik yang melakukan kebugaran jasmani lebih banyak pada jenis kelamin perempuan yaitu 3.807 (59,9%). Pada tingkat pendidikan, peserta didik yang melakukan kebugaran jasmani lebih banyak pada jenjang SMA yang berjumlah 2.057 (32,3%). Berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT) Peserta didik yang melakukan kebugaran jasmani dengan kategori normal berjumlah 3.881 (61,0%). Dari 7 provinsi, peserta didik di Provinsi Jawa Tengah paling banyak melakukan kebugaran jasmani dengan jumlah 3.476 (54,7%). Karakteristik tingkat kebugaran peserta didik dari variabel jenis kelamin, tingkat pendidikan, IMT, dan provinsi didominasi kategori Kurang Sekali di setiap variabel.Downloads
Published
2024-04-30
How to Cite
Citrawati, T. N., & Ilyas, J. (2024). ANALISIS HASIL KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI KEBUGARAN JASMANI (SIPGAR) TAHUN 2022. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27310
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Tyas Natasya Citrawati, Jaslis Ilyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).