HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS X KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Muhamad Agung Abdul Topik Program Studi S1 Keperawatan Kampus Daerah Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diding Kelana Setiadi Program Studi S1 Keperawatan Kampus Daerah Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5850-8593
  • Sri Wulan Lindasari Program Studi S1 Keperawatan Kampus Daerah Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9595-2888

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27057

Keywords:

kepuasan pasien BPJS, komunikasi terapeutik, perawat, puskesmas

Abstract

Komunikasi terapeutik menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan rasa saling percaya dan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Puskesmas mempunyai peran salah satunya menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat pemegang kartu BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas X Kabupaten Subang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien BPJS Rawat Jalan dalam 11 bulan terakhir dari Januari-November 2023 dengan jumlah rata-rata 860 orang pasien di setiap bulannya. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 273 responden. Uji statistik yang dilakukan dengan korelasi rank spearman. Dalam penelitian ini sebagian besar perawat telah melakukan komunikasi terapeutik dengan baik 61,2% (167 responden) dan kepuasan pasien juga masuk dalam kategori tinggi 67,4% (184 responden). Hasil analisis statistik dengan uji korelasi rank spearman diperoleh nilai p-value <0,001 (p<0,05), artinya ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Cipeundeuy Kabupaten Subang. Nilai korelasi positif dengan kekuatan 0,866 yang berarti kekuatan hubungan sangat kuat. Perawat diharapkan untuk mempertahankan komunikasi terapeutik yang baik dan instansi kesehatan terutama puskesmas dapat melakukan akreditasi ulang atau evaluasi internal dan eksternal yang rutin dengan survei kepuasan sehingga akan meningkatkan kepuasan pasien serta meningkatkan kualitas layanannya.

References

Achmad, H. K., Wahidin, & Halim. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 123–140. https://doi.org/10.33509/JAN.V25I2.774

Agil, H. M., Mulyani, P. S., & Deniati, K. (2022). Hubungan Kemampuan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Wal’afiat Hospital Journal, 03(01), 95–102. https://doi.org/10.33096/WHJ.V0I0.63

Agil, H. M., Rohman, T., & Santosa, P. R. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Bung Karno RSU Proklamasi Rengasdengklok Tahun 2020. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 12(1), 83–93. https://doi.org/10.52643/JBIK.V12I1.2024

Amalina, N., Vionalita, G., Puspitaloka, E., & Veronika, E. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota bogor Tahun 2021. Journal of Hospital Management, 4(02), 101–111.

Appiah, E. O., Oti-Boadi, E., Ani-Amponsah, M., Mawusi, D. G., Awuah, D. B., Menlah, A., & Ofori-Appiah, C. (2023). Barriers to nurses’ therapeutic communication practices in a district hospital in Ghana. BMC Nursing, 22(1). https://doi.org/10.1186/S12912-023-01191-2

Astutik, A. R. (2018). Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Doctoral dissertation, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang).

Chotimah, L. J. (2017). Hubungan Pelayanan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Lansia di Puskesmas Kecamatan Puring (Doctoral dissertation, STIKES Muhammadiyah Gombong).

Depkes RI. (2011). Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Indonesia: Republik Indonesia.

Djala, F. L. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Journal of Islamic Medicine, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.18860/jim.v5i1.11818

DJSN, & BPJS. (2021). Statistik JKN 2015-2019. Jakarta: Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

DJSN, & BPJS. (2022). Statistik JKN 2016-2021. Jakarta: Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dora, M. S., Ayuni, D. Q., & Asmalinda, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan, 10(2), 101–105. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.718

Fadliyah, N. A., & Gunawan, E. (2021). Tinjauan Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Banjaran Kota. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(8), 951–956. https://doi.org/10.59188/JURNALSOSAINS.V1I8.188

Hidayatullah, M. S., Khotimah, H., & Nugroho, S. A. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1022

Kemenkes. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Indonesia: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kulsum, S. U., Purnama, Y. H. C., & Maryati, S. A. (2022). The Relation Between Nurse Therapeutic Communication With Patient Satisfaction At Jatiroto Puskesmas, Lumajang. International Journal of Islamic and Complementary Medicine, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.55116/IJICM.V3I1.25

Librianty, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruangan Rawat Inap Mawar RSUD Bangkinang Tahun 2016. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 11–20. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/2766

Lidia, E., Lamri, & Setiani, D. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Daisy Rsd Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. Saintekes: Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2(2), 195–203. https://doi.org/10.55681/SAINTEKES.V2I2.74

Mahyana, Gulo, E. S., Laia, E., Sugianto, R., & Sunarti. (2020). View of Effect of Nurse Therapeutic Communication on Patient Satisfaction. https://www.journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/820/512

Mawaddah, N., & Wijayanto, A. (2020). Peningkatan Kemandirian Lansia Melalui Activity Daily Living Training dengan Pendekatan Komunikasi Terapeutik. Hospital Majapahit (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto), 12(1), 32–40. https://doi.org/10.55316/HM.V14I1

Meikayanti, N. M. K., Sukmandari, N. M. A., & Dewi, S. P. A. A. P. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tabanan. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 8(2), 135–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/nc.v8i2.3099

Meistika, S., Lestari, N., Pramuningtyas, R., & Ichsan, B. (2021). Kepuasan Pasien Bpjs terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Sukoharjo. Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV, 1156–1183.

Nugraha, D. F., Zulliati, Tasalim, R., Noval, & Rahman, F. (2019). Persepsi Kebutuhan Pendidikan Komunikasi dalam Kesehatan. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 10(1), 126–131. https://doi.org/10.33859/DKSM.V10I1.436

Nursalam. (2014). Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (4th ed.). Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Pertiwi, M., & Nurcahyanto, H. (2017). Efektivitas Program BPJS Kesehatan di Kota Semarang (Studi Kasus pada Pasien Pengguna Jasa BPJS Kesehatan di Puskesmas Srondol). Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 416–430. https://doi.org/10.14710/JPPMR.V6I2.16050

Prafika, A. N. N., Prawoto, E., & Nisak, R. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Flamboyan Rsud Dr. Soeroto Ngawi. E-Journal Cakra Medika, 9(2), 72–78. https://doi.org/10.55313/OJS.V9I2.121

Priyantini, D., Ayatulloh, D., & Faradisa, E. (2023). The Correlation Between Therapeutic Communication And Patients Satisfaction In Hospital. Indonesian Nursing Journal Of Education And Clinic (INJEC), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.24990/injec.v8i1.569

Puji, L. K. R., Ismaya, N. A., & Ulfa, U. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap RS Bhineka Bakti Husada. Edu Masda Journal, 4(2), 167–176. https://doi.org/10.52118/EDUMASDA.V4I2.107

Santrock, J. W. (2018). Life-Span Development (13th ed.). Erlangga.

Smith, M. (2020). Nursing Theories and Nursing Practice (5th ed). F.A. Davis Company.

Soleman, N., & Cabu, R. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rsud Maba. LELEANI?: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.55984/LELEANI.V1I2.71

Sonia, P., Ramadhani, A. C., Gurning, F. P., & Putra, S. (2022). Analisa Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Bagi peserta BPJS di Puskesmas: Kajian Literature. Nautical?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(4), 260–267. https://doi.org/10.55904/NAUTICAL.V1I4.298

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Sutriyawan, A., Miranda, T. G., Yusuff, A. A., & Fardhoni. (2023). Analisis Data Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan (1st ed.). Bandung: Refika Aditama.

Syaharani, A. F., & Saparwati, M. (2022). The Nurse Therapeutic Communication Relationship with Patient Satisfaction Level in Regional Public Hospital of dr. Menara Journal of Health Science IAKMI, 2(1), 144–155. http://jurnal.iakmikudus.org/index.php/mjhs

Winarti, N. N., Sudirman, & Rosnawati. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik dan Lama Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien BPJS di Rawat Jalan Rumah Sakit Bhayangkara Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 3(4), 151–158. https://doi.org/10.56338/JKS.V3I4.1707

Wulandari, D. A., & Nadhifah. (2018). Mutu Pelayanan dan Komunikasi Teraupetik yang Baik Meningkatkan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Kesehatan di Rsi Nu Demak. Jurnal SMART Kebidanan, 4(2), 59. https://doi.org/10.34310/sjkb.v4i2.134

Downloads

Published

2024-04-20

How to Cite

Topik, M. A. A. ., Setiadi, D. K. ., & Lindasari, S. W. . (2024). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS X KABUPATEN SUBANG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 840–849. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.27057

Issue

Section

Articles