GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Authors

  • Muh. Khairul Pratama Program Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Edward Pandu Wiriansya Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Universitas Muslim
  • Uyuni Azis Bagian Ilmu Kesehatan Jiwa, Universitas Muslim Indonesia
  • Saidah Syamsuddin Bagian Ilmu Kesehatan Jiwa, Universitas Muslim Indonesia
  • Dahlia Dahlia Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.26088

Keywords:

dokter, mahasiswa, profesi, stress

Abstract

Stres dapat mempengaruhi kinerja dari mahasiswa kedokteran, karena dapat menurunkan konsentrasi, perhatian, menghambat proses pengambilan keputusan, dan mengurangi kemampuan mahasiswa dalam membangun hubungan baik dengan pasien, sehingga menyebabkan ketidakpuasan pasien terhadap praktik klinis di masa depan. Tujuan penelitian ini  mengetahui gambaran tingkat stres Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif. Cara pengambilan yang digunakan adalah stratified random sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2023 di Rumah Sakit Ibnu Sina. Hasil: penelitian ini didapatkan 128 responden yang merupakan Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Mayoritas penghasilan orang tua mahasiswa Rp5.000.000 hingga Rp.10.000.000, dan mahasiswa tidak tinggal bersama orang tua. Secara umum didapatkan pada 34 (26,56%) responden mengalami stres. Pada tingkat 1, didapatkan 12 (20,68%) responden sedangkan pada tingkat 2 didapatkan 22 (31,42%) responden mengalami stres baik itu stres ringan, sedang, dan berat. Tingkat stres mahasiswa didapatkan tertinggi saat menjalani bagian bedah 60% responden dan terendah saat di bagian jiwa yaitu 0% responden. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa Tingkat stres Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia didapatkan sebanyak 26,52%, dimana pada tingkat 1 dan 2 terbanyak mengalami stres ringan, dengan masing masing persentase 20,58% dan 17,14%,  tingkat stres tertinggi pada bagian bedah, dan  terendah di bagian Jiwa.

References

Aji, A. G. H. S. (2020). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stresor Mahasiswa PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas.

Das, A., Sharma, M., Gupta, S., Mishra, P., Anand, N., & Kumar, R. (2023). Internet gaming disorder among medical students: An important condition to understand the challenges of medical education. Malaysian Journal of Psychiatry, 32(1), 1. https://doi.org/10.4103/mjp.mjp_26_22

Dash, S., Shakyawar, S. K., Sharma, M., & Kaushik, S. (2019). Big data in healthcare: management, analysis and future prospects. Journal of Big Data, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40537-019-0217-0

Goldstein JZ, A. H. (2021). Self?reported levels of occupational stress and wellness in forensic practitioners: Implications for the education and training of the forensic workforce. J Forensic Sci. https://doi.org/10.1111/1556-4029.14699

Nayak B, Mohammed S, Mohammed S, Mohammed S, Mohammed J, O. (2019). An Evaluation of the Psychosocial Problems of Medical Students as Compared to Students of other Faculties. J Community Med Health Educ, 3.

Nayak BS, S. P. (2022). Socio-demographic and educational factors associated with Depression, Anxiety and Stress among Health Professions students. Psychol Health Med. https://doi.org/10.1080/13548506.2021.1896760

Oktaria, D., Sari, M. I., & Azmy, N. A. (2019). Perbedaan tingkat stres pada mahasiswa tahap profesi yang menjalani stase minor dengan tugas tambahan jaga dan tidak jaga di fakultas kedokteran universitas lampung. JK Unila, 3(1), 112–116.

Patel PB, Hua H, M. K. (2019). Burnout assessment at a college of pharmacy, college of optometry, and school of physician assistant studies. Curr Pharm Teach Learn. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2021.06.010

Portuondo JI, Shah SR, Singh H, M. N. (2019). Failure to Rescue as a Surgical Quality Indicator. Anesthesiology. https://doi.org/10.1097/ALN.0000000000002602

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977

Robinson DBT, James OP, Hopkins L, et al. (2020). Stress and Burnout in Training; Requiem for the Surgical Dream. J Surg Educ. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2019.07.002

Suciu, N., M?rginean, C. O., Meli?, L. E., Ghiga, D. V., Cojocaru, C., & Popa, C. O. (2021). Medical students’ personalities: A critical factor for doctor–patient communication. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(17). https://doi.org/10.3390/ijerph18179201

Winayak R, Joshi SV, Ahmed G, et al. (2023). A Holistic Approach to Enhance FRCS General Surgery Examination Training Using Adult Learning Model: A Non-Profit Initiative. Surg Sci. https://doi.org/10.4236/ss.2023.148061

Wiriansya, E. P., Muhammad, A., Cesaria, R., Rahman, T. S., Abdi, A., & Ratu, A. P. (2020). Gangguan Kepribadian Akibat Kecanduan Bermain Game Pada Gamers KEdward. 3(3), 186–192.

Worly B, Verbeck N, Walker C, C. D. (2019). Burnout, perceived stress, and empathic concern: differences in female and male Millennial medical students. Psychol Health Med., 429–438. https://doi.org/10.1080/13548506.2018.1529329

Ye KH, C. S. (2019). A Study on the Adaptation to University Life by Depression and Stress of Students in Dept. of Optometry. J Korean Ophthalmic Opt Soc. https://doi.org/10.14479/jkoos.2019.24.3.197

Zhang JY, Shu T, Xiang M, F. Z. (2021). Learning Burnout: Evaluating the Role of Social Support in Medical Students. Front Psychol, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.625506

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Pratama, M. K. ., Wiriansya, E. P. ., Azis, U. ., Syamsuddin, S. ., & Dahlia, D. (2024). GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 676–684. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.26088

Issue

Section

Articles