ANALISIS IMPLEMENTASI KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN LANGKAT

Authors

  • Surya Fahmi Fahmi Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Zulfendri Zulfendri Universitas Sumatera Utara
  • Rahmat Alyakin Dachi Program Studi Kesehatan Masyarakat Direktorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Daniel Ginting Program Studi Kesehatan Masyarakat Direktorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara Indonesia1
  • Frida Lina Tarigan Program Studi Kesehatan Masyarakat Direktorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2593

Keywords:

Capitation, Commitment, Puskesmas

Abstract

One effort to improve the quality of Puskesmas health services in the implementation of the National Health Insurance Program is the implementation of the Commitment Fulfillment Capitation (KBPK) payment, but in its implementation many puskesmas cannot reach the capitation payment target that should be received by the puskesmas as a Health Facility Level First (FKTP) implementing KBPK. A qualitative descriptive study has been conducted with a case study approach at the Puskesmas located in Langkat District, with the aim of explaining the availability of resources, the role of the cross-sector, the Officer Expectations and how the planning process is implemented at the Puskesmas in the context of implementing KBPKP by utilizing informants, among others: , P-Care Officer, and Person in Charge in the Langkat District Health Office and Health BPJS. The results of the study show that planning and meeting the needs of officers is still lacking, so the authors assume this is the reason for the low achievement of the implementation of KBPKP in Puskesmas in Langkat District, while the resources of facilities and infrastructure, as well as the role of Cross Sector are not a problem. It is recommended to the Langkat Regency Government and the Head of the Puskesmas to immediately compile a good plan so that the implementation of the KBPKP in the Puskesmas can run well.

References

Afiyanti, Yati, Validitas dan Reliabilitas Dalam Penelitian Kualitatif, Fakultas Keperawatan Maternitas FIK UI, Jakarta, 2016, http://www.jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/212/465.

Akib, Haedar, Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ilmu Administrasi Universitas Negeri Makassar. 2010.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Panduan Praktis, Gate Keeper Concept Faskes BPJS Kesehatan, Jakarta. 2014.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Norma Penetapan Besaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada FKT, 2015.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Peraturan Bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dan Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor Hk.01.08/Iii/980/2017 Tahun 2017 Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Jakarta, 2017.

Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional, Kementerian, Kesehatan : RI, Jakarta, 2014.

Fauziah dkk, Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Siko Dan Puskesmas Kalumata Kota Ternate Tahun 2014, JIKMU, vol.5, no.2. pp:221-237, 2015.

Fitria, Eva Milita, Dampak Online Shop Di Instagram Dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic Di Samarinda, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman,2016, http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/ejournal_evamelitafitria%20(02-03-15-02-13-46).pdf.

Ginanjar, Aryo, dkk, Peran Kepala Puskesmas Dalam Pengembangan Ukbm Di Kabupaten Purbalingga (Role of Puskesmas Leader in Development of UKBM in Purbalingga District), Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 19 No. 1 Januari 2016: 21–31.

Ida, Rachmah, Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya, Prenada Media Grup, Jakarta. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2011.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2011.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor. 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Jakarta, 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 tentang akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, Jakarta 2015.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2014 tentang Penggunaan dana kapitasi JKN untuk jasa pelayanan kesehatan dan dukungan biaya operasional pada FKTP milik Pemerintah Daerah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Presiden No. 32 Tahun 2014 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama milik Pemerintah Daerah. Jakarta: Sekretariat Kabinet. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2014 tentang Penggunaan dana kapitasi JKN untuk jasa pelayanan kesehatan dan dukungan biaya operasional pada FKTP milik Pemerintah Daerah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Presiden No. 32 Tahun 2014 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama milik Pemerintah Daerah. Jakarta: Sekretariat Kabinet. 2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Petunjuk Teknis Penguatan Manajamen Puskesmas Melalui Pendekatan Keluarga, Jakarta 2016.

Raco, JR, Metode Penelitian Kualitatif, Jenis Karakteristik dan Keunggulannnya, Gramedia Widya Sarana Indonesia, Jakarta, 2015.

Rohrke, A, & Robinson, L 2000, ‘Guide to Financial Literacy Resources’, Journal of Financial Literacy.

Saryono. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta, 2010.

Silalahi, Ulber, Metode dan Metodologi Penelitian, Bina Budhaya, Bandung. 2010.

Sumantri, Arif, Metodologi Penelitian Kesehatan Cetakan ke-3, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta, 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 24 Tahun 2011, Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Jakarta, 2011.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Fahmi, S. F., Zulfendri, Z., Dachi, R. A. ., Ginting, D. ., & Tarigan, F. L. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN LANGKAT. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(1), 24–41. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2593

Issue

Section

Articles