PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH DARING TERHADAP SIKAP MENTAL MAHASISWA DAN DOSEN DI ERA COVID-19

Authors

  • Lili Amaliah Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Mahardika Cirebon
  • Arie Ardiyanti Rufaedah Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Mahardika Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2575

Keywords:

Covid-19, Dampak, Kuliah, Daring, Sikap Mental

Abstract

Awal virus corona ditemukan ketika ada penduduk kota Wuhan Cina terjangkit.Penyakit disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, sebelumnya orang beranggapan gejala yang dialami sebagai flu biasa, sampai WHO mendeklarasikan pandemi COVID-19. Virus corona covid-19 turut serta mempengaruhi dunia pendidikan dimana proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di ruang kelas akibat pendemi virus corona covid 19 proses belajar mengajar harus dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh.Hasil dari penelitian ditemukan hubungan yang erat antara perkuliahan online dengan sikap mental dari para mahasiswa peserta perkuliahan. Hal ini bisa dilihat dari data hasil pengolahan dan analisannya menunjukkan sekitar 60.5 % mahasiswa dan dosen siap berdaptasi dengan perkuliahan online walaupun ada yang merasa kesulitan dalam penggunaan aplikasi yang dipakai sebanyak diangka 32.5 % tapi sekitar 47.5 % siap beradaptasi. Hal ini bisa diatasi melalui pelatihan yang cepat dalam penggunaan teknologi pendukung serta operasionalisasi aplikasi tersebut. Perkuliahan online yang dilakukan para dosen disertai dengan pemberian tugas yang banyak dalam kondisi merebaknya wabah COVID-19, dan kebijakan pemerintahan anjuran stay at home serta working from home.

References

Abbas, H. (2014). Pengertian Mental. [Online] Tersedia: http://hakamabbas. blogspot.com/2014/01/pengertian-mental.html

Abdel-Fattah HMM.†Emotional Intelligence and Emotional Stability in Crisesâ€. Journal of Psychiatry and Psychiatric Disorders. April 2020, Volume 4, Issue 2. Doi:10.26502/jppd.2572-519X0090.

Agus Kusnayat, Agus Sofwan.â€Komputer dan Internet: Media Percepatan Penguasaan Materi Perkuliahanâ€. Vocational Education In IT Polytechnic To Meet The Industrial Requirement With Campus. Bandung, 17 Desember 2009. Hal.1-5.

Arief S. Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 1996. Media Pendidikan : Pengertian, Pemanfaatan, dan Pengembangannya. Jakarta : CV. Rajawali.

Aristo Rahadi. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Azhar Arsyad. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Boidurjo Rick Mukhopadhyay,Bibhas K Mukhopadhyay.†COVID-19 and ‘Zoom’ for Remote Teaching: Enhancing Student Engagementâ€. May 2020. https://www.researchgate.net/publication/341151549

Chakraborty, M. and Muyia Nafukho, F. (2014), "Strengthening student engagement: what do students want in online courses?", European Journal of Training and Development, Vol. 38 No. 9, pp. 782-802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123.

Chen, S., Zhang, Z., Yang, J., Wang, J., Zhai, X., & Bärnighausen, T., et al. (2020). Fangcang shelter hospitals: a novel concept for responding to public health emergencies. The Lancet. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30744-3.

Conrad Hughes.†Some implications of COVIDâ€19 for remote learning and the future of schoolingâ€. April, 2020, No.36 - IBEâ€UNESCO. Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. pp.1–12.

Denissa Alfiani, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak Generasi Z.Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya .ISSN: 2548- 5407. PascaSarjana Universitas Negeri Malang. hal 85-92.

Dhia Fauzia Rahman, Kirana Mukharomah, Nurul Qomariah,Wardah Hafidz Maesafaroh, Dian Eky Pratiwi.†Penggunaan Analitik Hirarki Proses Dalam Menentukan Preferensi Platform Pembelajaran Daring Selama Masa Tanggap Darurat COVID-19 Pada Mahasiswa UGM Yogyakartaâ€.April 2020 DOI: 10.13140/RG.2.2.11562.98248

Elliot, Stephen N., et al. 2000. Educational Psychology : Effective teaching, Effective rd learning.3 .Boston:McGraw-Hill.

Giorgi Basilaia, David Kvavadze.†Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgiaâ€. Pedagogical Research, April 2020. https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Ismail Akbar Brahma.†Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakartaâ€. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Mei 2020. Volume 06 No. 02. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.

Jaka Wijaya Kusuma, Hamidah.†Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran OnlinePada Masa Pandemik COVID 19â€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,2020. Volume 5 Nomor 1 P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-839.

La Ode Anhusadar.†Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19â€. Journal of Islamic Early Childhood Education. April 2020.

Leslie, H. (2019), "Trifecta of Student Engagement: A framework for an online teaching professional development course for faculty in higher education", Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, Vol. aheadof-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JRIT-10-2018-0024.

Michael Molinda, 2005, Instrucsional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio Ms. Veena Shenoy, Ms. Sheetal Mahendra, Ms. Navita Vijay.†COVID 19 – Lockdown: Technology Adaption, Teaching, Learning, Students Engagement and Faculty Experienceâ€. Mukt Shabd Journal. April 2020. Volume IX, Issue IV, APRIL/2020 ISSN NO : 2347-3150.

Nur Rohim Yunus, Annissa Rezki, “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19â€. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. Vol. 7 No. 3, pp.227-238, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i3.15083-227.

Oemar Hamalik. 1982. Media Pendidikan. Bandung : Alumni. Thomas L. Friedman.†The World Is Flat 3.0: A Brief History of the Twenty-first Century. I, New York, 2005: pp. 491-501.

WHO (2020) Audio emergencies COVID-19 Press Converence https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/transcripts/who-audioemergencies-coronavirus-press-conference-full-20mar2020.pdf?sfvrsn=1eafbff_0

WHO. 2020. Rolling Updates on Coronavirus Disease (COVID-19). [Online] Tersedia pada: www.who.int [Diakses 8 april 2020].

WHO-a. 2020. WHO Director-Generalâ€s opening remarks at the media briefing on Internet. https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-generals-opening remarks-at-the-media-briefing-on-COVID-19---11-march-2020.[Diakses 7 april]

WHO. report.22. (2020). Novel Coronavirus ( 2019-nCoV ).Situation Report-22. February.

WHO. report.42. (2020). Coronavirus disease 2019.Situation Report 42. World Health Organization, 2019(March), 2633. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2633

WHO. report.52. (2020). Coronavirus disease 2019. Situation-52. World Health Organization, 2019(March), 2633. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2633

WHO. report.70. (2020). Coronavirus disease 2019,Situation Report – 70.

World Health Organization, 2019(March), 2633. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2633

WHO. report.73. (2020). Coronavirus disease 2019.Situation Report-73. World Health

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia. Organization, 2019(April), 2633. https://doi.org/10.1001/j

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Amaliah, L., & Rufaedah, A. A. (2023). PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH DARING TERHADAP SIKAP MENTAL MAHASISWA DAN DOSEN DI ERA COVID-19. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(2), 1317–1326. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2575