ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENDING CLAIM RAWAT INAP PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM PADANG

Authors

  • Melia Rahmadewi Murni Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Andalas, West Sumatera, Indonesia
  • Syukri Lukman Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas, West Sumatera, Indonesia
  • Ikhsan Yusda Prima Putra Program Studi Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang, West Sumatera, Indonesia, Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Andalas, West Sumatera, Indonesia
  • Rima Semiarty Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Andalas, West Sumatera, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25673

Keywords:

Berkas klaim, JKN, BPJS, Pending claim, Rumah Sakit

Abstract

RSUP Dr. M Djamil merupakan RS tipe A sebagai faskes rujukan tingkat lanjut di wilayah Sumatera Barat, yang mengakibatkan jumlah klaim rawat inap per bulannya lebih tinggi dibandingkan RS lain di daerah tersebut. Berdasarkan studi dokumentasi yang dilakukan pada periode Bulan Januari hingga Juni 2022 di bagian Keuangan RSUP Dr. M. Djamil Padang, terlihat bahwa persentase pending berkas klaim cenderung meningkat dalam enam bulan terakhir. Penelitian ini bertujuan Mengeksplorasi faktor yang menyebabkan pending claim JKN rawat inap di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengisian resume medis yang tidak lengkap disebabkan oleh kesibukan DPJP, dan terkadang diisi oleh residen tanpa supervisi dari DPJP. Selain itu, ketidaksesuaian kode diagnosis dan prosedur terjadi karena koder dalam proses kodifikasi menggunakan ICD10 Volume 3 yang tidak merujuk ke volume 1, dan proses kodifikasi didasarkan pada hafalan. Selain itu, ketidakkelengkapan berkas administrasi klaim disebabkan oleh proses pengumpulan dan scanning berkas, pemberkasan yang masih dilakukan secara manual, serta ketidaktepatan verifikator dan perbedaan persepsi antara verifikator internal dan verifikator BPJS. Diharapkan manajemen Rumah Sakit melakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap berkas klaim yang tertunda untuk mencegah terjadinya kesalahan berulang.

References

Almomen, R. K., Kaufman, D., Alotaibi, H., Al-Rowais, N. A., Albeik, M., & Albattal, S. M. (2016). Applying the ADDIE-analysis, design, development, implementation and evaluation-instructional design model to continuing professional development for primary care physicians in Saudi Arabia. International Journal of Clinical Medicine, 7(7), 538–546. https://doi.org/10.4236/ijcm.2016.78059

Blanchard, P.N., and J. W. T. (2004). Effective Training?: System, Strategies and Practice (2nd ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall,.

Dedy Kurniadi. (2007). Prinsip-Prinsip Dasar Management Pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Helda, B. (2015). Penilaian Kebutuhan Pelatihan Pada Individu Petugas Rekam Medis. JAKI, 3(1). Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/JAKI/article/view/1491

Kemenkes RI. Standar Pelayanan Minimal, Pub. L. No. 129/Menkes/SK/II/2008 (2008). Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. In Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (pp. 1–55). Jakarta.

Kristina, A. (2010). Model Training Needs Analysis (TNA) Untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Pelatihan. Neo-Bis, 4(1), 1–36.

Latham, G. and Wexley, K. (1991). Developing and Training Human Resources in Organization. New York: Harper Collins Publishers.

Noe & Ramond A. (2001). Employee Training and Development. New York: McGraw-Hill.

RSI, D. (2018). Laporan Seksi Diklat RSI Ahmad Yani. Surabaya.

Som, H. bin M., & Nam, R. Y. T. (2008). Organizational-Level Training Needs Analysis (TNA): Findings from the Top 1000 Companies in Malaysia.

Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Murni, M. R., Lukman, S. ., Putra, I. Y. P. ., & Semiarty, R. . (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENDING CLAIM RAWAT INAP PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM PADANG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 8(1), 147 – 156. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25673

Issue

Section

Articles