ANALISIS KETIDAKPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI RUMAH SAKIT PUTRI HIJAU KESDAM I/BB MEDAN TAHUN 2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25090Keywords:
Ketidakpuasan Pasien, Pelayanan, Rumah sakit Putri Hijau Kesdan I/BB MedanAbstract
Permasalahan penting yang berkaitan dengan kepuasan pasien yang perlu diperhatikan oleh rumah sakit adalah kualitas layanan dengan indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati diberikan petugas kesehatan kepada pasien sehingga tercipta kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan ketidakpuasan pasien dengan mutu pelayanan ditinjau dari dimensi tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (perhatian) di Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi adalah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan pada bulan Februari-Maret 2020 berjumlah 311 pasien peserta BPJS Kesehatan, dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang (accidental sampling). Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada dimensi bukti fisik/tangible (p value < 0,001), reliability/kehandalan (p < 0,004), responsiveness/daya tanggap (p < 001), assurance/jaminan (p < 0,002) dan empathy/perhatian (p <0,05) dengan kepuasan pasien rawat jalan BPJS di Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan. Dengan demikian diharapkan Rumah Sakit Putri Hijau Kesdam I/BB Medan agar meningkatkan mutu pelayanannya kepada pasien untuk menciptakan kepuasan pasien.References
Azwar, A. (2008). Pelayanan Kesehatan yang bermutu dalam Program Menjaga Mutu Kesehatan, Yayasan Penerbit Ikatan Dokter Indonesia
Fahriadi, 2007. Upaya Peningkatan Mutu dan Pelayanan di RS:diantara tuntutan social dan industry bisnis. (Online) http://rsudraza.banjarkab.go.id/?page id=11 diakses 20 Maret 2018
Fitriani, Sri. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nepe, Ludia. (2017). Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Volume 2, Nomor 2, 2017. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Nipa, Paula Kartini. 2015. Evaluasi Sistem Penanganan Keluhan Pasien BPJS Di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Makassar. Jurnal FKM. Universitas Hasanuddin.
Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Notoatmodjo. 2013. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta;
Pohan, Imbolo, 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran ECG, Jakarta.
Poniman, B. dan Supriyono. (2013). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit “Nirmala Suri” Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Berkala Ekonomi. 2(3): 1-15
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanti, Irma br Sitepu. 2014. Evaluasi Dampak Sistem Penanganan Keluhan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Dr Pirngadi Medan. Jurnal Administrasi Negara : Universitas Sumatera Utara.
Supriyanto dan Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit ANDI;
Suryawati. 2008. Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis dan Penerapannya Pada Penelitian). [Thesis]. Semarang : UNDIP.
Tjiptono, F. 2008. Kepuasan dalam Pelayanan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Vianti. 2016. Analisis Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap Bangsal Dahlia RSUD Ungaran. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.
Utama, S. 2003. Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Fakultas Kesehatan Masyarakat: Digitized by USU digital library Universitas Sumatera Utara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hany Athaya Syifa Rivany, Donal Nababan, Kesaktian Manurung, Daniel Ginting, Rosetty Sipayung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).