IMPLEMENTASI METODE DRILL MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK TUNARUNGU
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2344Keywords:
cuci tangan, flashcard, metode drill, tunarunguAbstract
mengganggu kehidupan sehari-hari seperti perawatan diri (self-care), dimana hambatan atau kurangnya informasi tersebut berdampak pada perilaku anak tunarungu yang kurang bersih seperti mencuci tangan. Metode drill bermedia flashcard dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pendidikan kesehatan yang dapat dengan mudah diterima dan digemari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode drill bermedia flashcard terhadap perilaku cuci tangan pada anak tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pra-Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah 23 siswa SLB dengan tehnik total sampling didapatkan sampel 23 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi tahapan cuci tangan bersih dan flashcard tahapan tehnik cuci tangan bersih. Analisis data pada penelitian ini untuk uji Normalitas Shapiro-Wilk dan uji Wilcoxon Signed rank test dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi didapatkan 11 responden (48%) dengan perilaku cuci tangan baik, dan 52 % berperilaku cukup. Setelah intervensi didapatkan seluruhnya memiliki perilaku cuci tangan yang baik berjumlah 23 responden (100%). Pada uji wilcoxon signed rank test dengan hasil nilai sig (2-tailed) = 0,005 < 0,05 level (2-tailed) yang artinya terdapat pengaruh yang bermakna antara metode drill bermedia flashcard terhadap perilaku cuci tangan anak tunarungu. Dengan memberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode pembelajaran flashcard dapat meningkatkan kemampuan anak tunarungu untuk melakukan tindakan , yang mana harapannya metode ini anak dapat menunjukan perilaku cuci tangan dengan baik dan benar.References
Andayani, R. (2016). Metode Drill Bermedia Flashcard Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Tunagrahita. JHE Journal of Health Education, 1(1), 37–43. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/
Gennaro, F., Pizzol, D., Marotta, C., Antunes, M., Racalbuto, V., V., & N., & Smith, L. (2020). Coronavirus diseases (COVID-19) current status and future perspectives: A narrative review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(8).
Hasanah, T. M., Majid, Y. A., & Tirtayanti, S. (2019). Kartu Bergambar Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Prosedur Mencuci Tangan Anak Kelas 5 Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah 14 Balayudha Palembang Tahun 2019. Healthcare Nursing Journal, 2(1). https://doi.org/10.35568/healthcare.v2i1.485
Israfil, Arief, Y. S., & Ilya Krisnana. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Berdasarkan Pendekatan Teori Florence Nightingale Di Wilayah Kerja Puskesmas Alak Kota Kupang NTT. Educacion, 2(2), 21–30.
Kastolani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Stain Salatiga Press.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Oktaviana, D. (2015). Hubungan antara konsep diri dan pergaulan teman sebaya dengan perilaku di lingkungan remaja. Universitas Lampung.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Rifai, R., Wahab, A., & Prabandari, Y. S. (2016). Kebiasaan cuci tangan ibu dan kejadian diare anak : studi di Kutai Kartanegara. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(11), 409–414.
Solikhatun, Y. U. (2013). Penyesuaian Sosial pada Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 2(1), 65–72.
Tulak, G. T., Ramadhan, S., & Musrifah, A. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 37. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1702
Zuhriyyah, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 yulifah salistia budi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).