IMPLEMENTASI METODE DRILL MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK TUNARUNGU

Authors

  • yulifah salistia budi STIKES Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2344

Keywords:

cuci tangan, flashcard, metode drill, tunarungu

Abstract

mengganggu kehidupan sehari-hari seperti perawatan diri (self-care), dimana hambatan atau kurangnya informasi tersebut berdampak pada perilaku anak tunarungu yang kurang bersih seperti mencuci tangan. Metode drill bermedia flashcard dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pendidikan kesehatan yang dapat dengan mudah diterima dan digemari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode drill bermedia flashcard terhadap perilaku cuci tangan pada anak tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pra-Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah 23 siswa SLB dengan tehnik total sampling didapatkan sampel 23 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi tahapan cuci tangan bersih dan flashcard tahapan tehnik cuci tangan bersih. Analisis data pada penelitian ini untuk uji Normalitas Shapiro-Wilk dan uji Wilcoxon Signed rank test dengan taraf signifikansi 0,05 (5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi didapatkan 11 responden (48%) dengan perilaku cuci tangan baik, dan 52 % berperilaku cukup. Setelah intervensi didapatkan seluruhnya memiliki perilaku cuci tangan yang baik berjumlah 23 responden (100%). Pada uji wilcoxon signed rank test dengan hasil nilai sig (2-tailed) = 0,005 < 0,05 level (2-tailed) yang artinya terdapat pengaruh yang bermakna antara metode drill bermedia flashcard terhadap perilaku cuci tangan anak tunarungu. Dengan memberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode pembelajaran flashcard dapat meningkatkan kemampuan anak tunarungu untuk melakukan tindakan , yang mana harapannya metode ini anak dapat menunjukan perilaku cuci tangan dengan baik dan benar.

References

Andayani, R. (2016). Metode Drill Bermedia Flashcard Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Tunagrahita. JHE Journal of Health Education, 1(1), 37–43. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/

Gennaro, F., Pizzol, D., Marotta, C., Antunes, M., Racalbuto, V., V., & N., & Smith, L. (2020). Coronavirus diseases (COVID-19) current status and future perspectives: A narrative review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(8).

Hasanah, T. M., Majid, Y. A., & Tirtayanti, S. (2019). Kartu Bergambar Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Prosedur Mencuci Tangan Anak Kelas 5 Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah 14 Balayudha Palembang Tahun 2019. Healthcare Nursing Journal, 2(1). https://doi.org/10.35568/healthcare.v2i1.485

Israfil, Arief, Y. S., & Ilya Krisnana. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Berdasarkan Pendekatan Teori Florence Nightingale Di Wilayah Kerja Puskesmas Alak Kota Kupang NTT. Educacion, 2(2), 21–30.

Kastolani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Stain Salatiga Press.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Oktaviana, D. (2015). Hubungan antara konsep diri dan pergaulan teman sebaya dengan perilaku di lingkungan remaja. Universitas Lampung.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Rifai, R., Wahab, A., & Prabandari, Y. S. (2016). Kebiasaan cuci tangan ibu dan kejadian diare anak : studi di Kutai Kartanegara. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(11), 409–414.

Solikhatun, Y. U. (2013). Penyesuaian Sosial pada Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 2(1), 65–72.

Tulak, G. T., Ramadhan, S., & Musrifah, A. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 37. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1702

Zuhriyyah, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

budi, yulifah salistia. (2023). IMPLEMENTASI METODE DRILL MENGGUNAKAN FLASHCARD TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK TUNARUNGU. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(2), 1220–1227. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2344