PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG TRIAD KRR (SEKSUALITAS, HIV/AIDS, DAN NAPZA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.23255Keywords:
media video, pendidikan kesehatan, pengetahuan, remaja, triad kesehatan reproduksi remajaAbstract
Secara global masalah kesehatan pada remaja dipicu oleh perilaku remaja yang berisiko seperti berpacaran yang tidak sehat, merokok, mengonsumsi alkohol dan menggunakan narkoba menjadi perhatian utama di seluruh dunia. Sustainable Development Goals (SDG’s) kesehatan pada tahun 2030, pemerintah wajib memastikan akses pelayanan kesehatan seksual serta reproduksi mencakup keluarga, pendidikan serta integrasi kesehatan sebagai strategi dan program kesehatan. Namun, sosialiasi di beberapa daerah kepada kelompok sasaran masih belum berjalan secara optimal. Penelitian bertujuan membuktikan adanya pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi melalui media video terhadap pengetahuan remaja tentang TRIAD KRR (Seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA). Jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Sampel penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuta sebanyak 42 responden kelompok kontrol dan 42 responden kelompok eksperimen menggunakan teknik probality sampling metode proportional random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (nilai p 0,000). Pengetahuan kelompok kontrol diperoleh mean rank 32,55 dan kelompok eksperimen diperoleh mean rank 52,45 (nilai p 0,000). Hasil ini menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi melalui media video terhadap pengetahuan remaja tentang TRIAD KRR (Seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan intervensi yang berbeda mengenai TRIAD KRR pada remaja.References
Anshori, M. dan Iswati, S. 2019. Metodologi penelitian kuantitatif. Airlangga University Press.
Ashari, A., Hidayah, F.N. dan Rahmatika, S.D. 2019. Pengaruh Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Terhadap Perilaku Seksual Remaja Berisiko Di Kota Cirebon. Jurnal STIKes Muhammadiyah Cirebon.
Aziz, A.R. 2021. Penerapan Program Generasi Berencana (GenRe) Di Kota Palembang. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 19 (3).
Badan Pusat Statistik Kabupaten Badung. 2021. Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung 2021. BPS Kabupaten Badung.
Budhi, N.G.M.A.A. dan Sari, Y. 2021. Hubungan Pengetahuan Terhadap Sikap Pencegahan TRIAD KRR Pada Remaja Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) Di Kabupaten Serang Tahun 2021. Journal of Issues In Midwifery, 5(3), pp. 129–139. Available at: https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2021.005.03.4.
Bulahari, S.N., Hermien B. Korah, H. dan Lontaan, A. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Jurnal Ilmiah Bidan, 3.
Een, Tagela, U. dan Irawan Sapto. 2020. Jenis-Jenis Kenakalan Remaja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Di Desa Merak Rejo Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Bimbingan dan Koseling Terapan, 04 (01). Available at: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt.
Handayani, F. 2020. Peningkatan Pengetahuan Siswa Sma Muhammadiyah Tentang Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 2(1), p. 9. Available at: https://doi.org/10.26714/jpmk.v2i1.5363.
Jasmisari, M. dan Herdiansah, A.G. 2022. Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung: Studi Pendahuluan. Jurnal Politik, Keamanan dan Hubungan Internasional, pp. 137–145.
Masyhadi, S.F. 2019. Pengaruh Kontrol Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seks Pranikah Pada Mahasiswa Di Kota Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Oktaviani, R.T. 2019. Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), pp. 91–94. Available at: https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728.
Rahyani, N.K.Y. 2014. Strategi Pengendalian HIV/AIDS Pada Remaja Berbasis Sekolah di Bali. Kebijakan AIDS Indonesia.
Sari, I.P.T.P. 2013. Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), pp. 141–147. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/3017/2510.
Septiana. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMP Islam Ruhama Ciputat. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, p. 35. Available at: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25662/1/Septiana - fkik.pdf.
Sumara, D., Humaedi, S. dan Santoso, M.B. 2017. Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jurnal Penelitian dan PPM, 4(2), pp. 129–389.
Sunarti. 2018. Sikap Remaja Tentang TRIAD KRR (Seksualitas, NAPZA, HIV/AIDS) Di Kelompok PIK R Tahap Tegar). Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(2), pp. 105–110. Available at: https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p105.
Susanto, B.A. 2017. Pengaruh Terpaan Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR) Dalam Program Generasi Berencana (GenRe) Terhadap Sikap Preventif Anggota Pusat Informasi Dan Konseling (PIK) Remaja Di Kabupaten Trenggalek. Available at: www.netralnews.com.
Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Tucunan, A.A.., Maitimo, B.I. dan Tulungen, I.F. 2022. Hubungan Sumber Informasi dengan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Provinsi Sulawesi Utara. Poltekita?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(4), pp. 373–379. Available at: https://doi.org/10.33860/jik.v15i4.474.
World Health Organization. 2021. Adolescent and young adult health. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescents-health-risks-and-solutions (Accessed: 7 November 2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Ayu Trisnayanti, Ni Komang Yuni Rahyani, I Gusti Agung Ayu Novya Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).