KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DOKTER KANDUNGAN BERBASIS SYARIAH DI APOTEK SIROTO SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.21094Keywords:
apotek, kepuasan pasien, pelayanan syariahAbstract
Kualitas pelayanan syariah adalah pelayanan yang dapat memberikan kepuasan pada setiap pasien dimana tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik yang telah ditetapkan. Kepuasan menjadi bagian penting dalam pelayanan kesehatan sebab kepuasan pasien tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelayanan kesehatan. Pelayanan dengan prinsip-prinsip syariah meliputi karakteristik Rabbaniyyah, Akhlaqiyyah, Waqi’iyah, dan Insaniyyah. Dalam mencapai kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter kandungan di Apotek Siroto selain dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan, juga ditentukan oleh pengalaman dan pemikiran perorangan, sehingga dapat menjadi tolak ukur bagi petugas apotek untuk memperbaiki dan meningkatkan kepuasan pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter kandungan di Apotek Siroto Semarang dan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dengan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitian menggunakan observasional deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden. Analisis data menggunakan SPSS 26 dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini didapatkan tingkat kepuasan pada indikator pelayanan berdasarkan Reliability didapatkan hasil 87,4% (sangat puas), Assurance 89,6% (sangat puas), Tangibes 89,8% (sangat puas), Empathy 89,4% (sangat puas), Responsiveness 90% (sangat puas), dan berdasarkan prinsip Syariah didapatkan hasil Rabbaniyyah 86,9%% (sangat puas), Akhlaqiyyah 90% (sangat puas), Waqi’iyyah 95,1% (sangat puas), dan Insaniyyah 96,7% (sangat puas). Pasien secara keseluruhan merasa sangat puas terhadap pelayanan yang ada di Apotek Siroto.References
Anelia, N., & Modjo, R. (2023). Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Literature Review. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1172–1180.
Anief, M. (2000). Prinsip dan Dasar Manajemen Pemasaran Umum dan Farmasi (Cetakan Pe). Gajah Mada University Press.
Arifiyanti, A. L., & Djamaludin, R. (2017). Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1), 118. https://doi.org/10.29241/JMK.V3I1.94
Bintang, M., Purba, I. E., Purba, A., Ketaren, O., & Sembiring, R. (2022). Faktor?Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kebidanan Di Puskesmas Martubung. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3), 2321–2333.
Daulay, M. (2015). Tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di dua puskesmas di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara.
Diana, K., Tandah, M. R., & Diwayani, C. A. M. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kota Palopo. PREPOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1401–1411. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4064
Fathnin et al. (2023). Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Karunia Sehat Baru Berdasarkan Nilai-Nilai Syariah. Indonesian Journal of Medical and Pharmaceutical Science, 2(December 2022), 2809–6576.
Fina, A., Husnawati, Muharni, S., Liasari, M., & Afrianti, R. (2015). Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas PelayananDi Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Journal Pharmacy, 12(1).
Harahap, E. S., Zulfendri, Z., Silitonga, E. M., Brahmana, N. E. br, & Siagian, M. T. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Covid 19Organization, W. H. (2009). Infant and Young Child Feeding Model Chapter for Textbooks for Medical Students and Allied Health Professional. Di Igd Rumah Sakit Murni Teguh.
PREPOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1515–1525. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4547
Ningsih, D. M., Aisyah, P. S., & Rahayu, M. S. (2020). Perilaku Perawat dalam Pelayanan Keperawatan Syariah di Ruang Rawat Inap Dewasa Rumah Sakit Al Islam Bandung. Jurnal Smart Keperawatan, 7(1), 40. https://doi.org/10.34310/jskp.v7i1.305
Nursalam. (2013). Konsep dan Penelitian Ilmu Keperawatan (3rd ed.). Salemba Medika.
Pratiwi, M. R., & Sani, F. N. (2017). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Poliklinik Kebidanan Dan Kandungan Rsud Kota Surakarta. Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian, 14(2), 24. https://doi.org/10.26576/profesi.211
Raheem, A. R., Nawaz, A., Fouzia, N., & Imamuddin, K. (2014). Patients ’ Satisfaction and Quality Health Services?: An Investigation from Private Hospitals of Karachi , Pakistan. 3(7), 34–38.
Riyanto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Nuha Medika.
Ruliyandari, R., Djannah, S. N., & Tukiyo, I. W. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebutuhan Pelayanan Rumah Sakit Syariah Di Kota Yogyakarta. Afiasi?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), 153–161. https://doi.org/10.31943/afiasi.v5i3.114
Sari. (2017). EVALUASI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI APOTEK “X.” Ilmiah Ibnu Sina, 2(1), 122–133.
Sari, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Paisen di Rumah Sakit “x.” Jurnal IlmuKesehatanMediaHusada, 6(1), 151–158.
Sari, M., Wandra, T., Sitorus, M. E. J., Nababan, D., & Mariati, L. (2023). DI UPTD PUSKESMAS RANTO PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN 2023. 7, 16143–16156.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sumadi, E., Feri, T., & Agustin. (2021). engaruh Pelayanan dengan Prinsip-Prinsip Syariah TerhadapKepuasan Pasien Umum Rawat Jalan (Studi Kasus di Rumah Sakit Universitas Sebelsa Maret Surakarta). Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 7(3), 61–69.
Walyani, E. S., & Purwoastuti, E. (2015). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. PT. Pustaka Baru.
Yuliani, N., Sambara, J., & Isman, H. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ibu dan Anak Di Kota Kupang Tahun 2015. Jurnal Info Kesehatan, 15(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 naniek widyaningrum, Ayu Sekar Tanjung, Thendi Abdul Arief, Masita oktasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).