FAKTOR RESIKO TERJADINYA BULLYING PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 TELAGA BIRU
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20759Keywords:
bullying, korban, lingkungan, temanAbstract
Bullying adalah aksi tindakan kekerasan fisik dan verbal saat pelaku bullying merendahkan dan mengancam korban sehingga korban tidak sanggup untuk melawan. Perilaku bullying memiliki dampak yang negatif sangat mengganggu dan membahayakan bagi remaja apabilia tidak segera di tangani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor resiko terjadinya bullying pada remaja di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Penelitian ini menggunakan desain survey analitik, populasi 191 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Biru, sampel yaitu 129 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Biru, jenis sampel purposive sampling, instrument yang di gunakan adalah kuisioner, uji statistik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi logistik dan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil yang di peroleh adalah faktor resiko yang paling mempengaruhi perilaku bullying yaitu lingkungan sekitar dengan nilai R Square 60%, selanjutnya teman sebaya dengan nilai R Square 42%, serta korban bullying dengan nilai R Square 19%. Kesimpulannya bahwa lingkungan sekitar adalah faktor yang paling beresiko terhadap kejadian bullying dengan nilai R square tertinggi, saran dari penelitian ini adalah semakin baik pengaruh lingkungan terhadap remaja maka resiko perilaku bullying terhadap remaja akan semakin berkurang.References
Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Alfiah, U. N. (2019). the Identification of Bullying Causative Factors. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar . http://jogja.tribunnews.com
Banthayo. (2019). Pelajar SMP di Gorontalo Diduga Dianiaya Senior: Gara-gara Pacarnya. https://kumparan.com/banthayoid/pelajar-smp-di-gorontalo-diduga-dianiaya-senior-gara-gara-pacarnya-1sMoHUqxQB5/full
Biahimo, N. U. I., & Gobel, I. A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Di Smp N 1 Telaga Biru. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan), 8(1). https://doi.org/10.31314/zijk.v8i1.1156
Devita, Y., & Dyna, F. (2019). Analisis Hubungan Karakteristik Anak Dan Lingkungan Keluarga Dengan Perilaku Bullying. Health Care?: Jurnal Kesehatan, 7(2), 15–21. https://doi.org/10.36763/healthcare.v7i2.24
Firmawati, F., & Sudirman, A. N. A. (2020). The Effect of Bullying Victim Psychoeducation Intervention on Decreasing Anxiety of High School Teenagers in Gorontalo Regency. Interdisciplinary Journal Papier Human Review, 1(2), 7–12. https://doi.org/10.47667/ijphr.v1i2.29
Herawati, N., & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak.
Khoirunnisa, R. (2015). KONSEP DIRI REMAJA KORBAN BULLYING. 16.1.2015.
Kompas. (2022). Video Pengeroyokan Antar Siswa Di Gorontalo Viral Di Media Sosial. https://www.kompas.tv/regional/248978/video-pengeroyokan-antar-siswa-di-gorontalo-viral-di-media-sosial
Matanggaran, V. (2015). SKRIPSI BALAS DENDAM PADA SUKU BUGIS DAN MAKASSAR Victor Matanggaran. 1–109.
Misnani, J. (2016). Hubungan Perilaku Asertif dan Kesepian dengan Kecemasan Sosial Korban Bullying Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 513–521. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4237
Ni Made, S., & Ni Ketut, S. (2020). Penyimpanganan Perilaku Remaja Di Perkotaan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(2), 51–59. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.2.1892
Nurhayanti, R., Novotasari, D., & Novotasari. (2019). TIPE POLA ASUH ORANG TUA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMA KABUPATEN SEMARANG. Oxford University Press, 649.
Nurhidayah, I., Aryanti, K. N., Suhendar, I., Lukman, M., & Keperawatan, F. (2021). Hubungan Tekanan Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Remaja Awal. Jnc, 4(3), 175–183. https://jurnal.unpad.ac.id
Polri. (2022). Viral di Medsos, Polres Gorontalo Kota Amankan 4 Anak Pelaku Bullying. Tribratanews. https://tribratanews.gorontalo.polri.go.id/53284/viral-di-medsos-polres-
gorontalo-kota-amankan-4-anak-pelaku-bullying/
Rohimah, A. (2016). Hubungan Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sd Muhammadiyah Mlangi Gamping Sleman Yogyakarta. 16. http://digilib.unisayogya.ac.id/2028/1/NASKAH PUBLIKASI 2.pdf
Rohman, M. Z. (2018). Hubungan Antara Usia, Tingkatan Kelas, dan Jenis Kelamin dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. The 3rd Universty Research Colloquium 2016, 526–532.
Saftiani, T, Hamiyati, R. (2018). PENGARUH TINGKAT KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP INTENSITAS PERUNDUNGAN ( BULLYING ) YANG TERJADI PADA ANAK Kata kunci?: Perundungan , konformitas , anak , sekolah dasar The Influence of Peer Conformative Level of Bullying Behaviour Intensity in Childre. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(2), 174–177. https://doi.org/10.21009/JKKP.052.09
Shidiqi, M. F., & Suprapti, V. (2013). Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas (The Bully). Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 90–98. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpksd3ed32a0002full.pdf
Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan, 21(2), 133–147. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020
Tokolang, inka E. (2022). Siswa MTS Dikeroyok Hingga Tewas, Berikut 10 Tanda Anak Anda di Bullying. https://gorontalo.pikiran-rakyat.com/kesehatan/pr-1964723405/siswa-mts-dikeroyok-hingga-tewas-berikut-10-tanda-anak-anda-di-bullying
Unicef. (2017). Perundungan Di Indonesia: Fakta-fakta Kunci, Solusi, dan Rekomendasi untuk setiap anak. 1–4.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan.
ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firmawati Firmawati, Nur Uyuun I. Biahimo, Rahmawati Bangol
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).