GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN DAN KUALITAS MAKANAN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20246Keywords:
Kualitas Makanan, Kepuasan Pasien Rawat Inap, Pelayanan Makanan Rumah SakitAbstract
Rumah Sakit adalah fasilitas kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat. Dalam struktur organisasi Rumah Sakit, pelayanan gizi adalah pelayanan penunjang medis yang dikelola oleh Instalasi Gizi. Tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas layanan gizi sangat memengaruhi reputasi Rumah Sakit dan loyalitas pasien juga diduga dipengaruhi oleh standar pelayanan makanan. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan di Rumah Sakit. Menggunakan metode literature review dengan prinsip Diagram Alir PRISMA. Artikel atau jurnal ilmiah diunduh dari PubMed, Portal Garuda, dan Google Scholar dengan standar SINTA IV dan V. Kata kunci dalam pencarian artikel ini yaitu pelayanan makanan di Rumah Sakit, kualitas makanan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan di Rumah Sakit. Didapatkan 120 artikel dalam hasil pencarian. Semua artikel diseleksi berdasarkan kriteria inklusi diperoleh 16 artikel penelitian yang akan di telaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan di Rumah Sakit dipengaruhi oleh kualitas makanan (rasa, tekstur, penampilan, variasi, dan kebersihan) dan kualitas pelayanan makanan (sistem, peralatan makan, sikap staf, dan kinerja). Kepuasan pasien dipengaruhi oleh makanan dan kualitas pelayanan makanan sehingga diperlukan evaluasi secara terus-menerus.References
Aliyah, Fatkul, & Tri Ardianti Khasanah. (2023). Hubungan Pelayanan Gizi, Kualitas Makanan, dan Konseling Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Balaraja. In the Indonesian Journal of Health): Vol. XIII (Issue 2).
Armala, R., Putri, S. N., Nur’aini, H., Prasetya, A., & Moulina, A. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Kelas 3 Terhadap Pelayanan Makanan di Rsu Swasta X Kota Bengkulu A Description of Satisfaction in Grade 3 Patients of Food Service at RSU Private X Bengkulu (Vol. 10, Issue 1).
Hidayah, N., Simanjorang, A., Asriwati, A., & Lastiur, L. (2021). Relationship of Food Services and Patients Satisfaction in Medan Advent’s Public Hospital. Journal La Medihealtico, 2(3), 39–50. https://doi.org/10.37899/Journallamedihealtico.V2I3.361
Kandou, R. D., Sumiati, M., Manampiring, A. A. E., & Wungouw, H. I. S. (2023). Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP Prof Analysis of Relationship Between Nutrition Service Quality and Inpatient Satisfaction At. Medical Scope Journal, 5(2), 182–187. https://doi.Org/10.35790/msj.v5i2.46
Laksmi Karunia Tanuwijaya, Tiara Dian Novitasari, Eva Putri Arfiani, Yudi Arimba Wani, & Dina Elok Wulandari. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit (Vol. 8). http://jurnal.unimus.ac.id
Kemenkes RI. (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Gizi, dan Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta.
Nuryani, N., Ramadhani, F., & Lestari, A. P. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan di Instalasi Gizi RSUD Dr. M.M Dunda Limboto. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(2), 166–180. https://doi.org/10.22487/ghidza.V4i2.165
Panjaitan, D. B., Rifai, A., & Kurniawati, L. (2021). Factors Affecting Patient Satisfaction Hospitalization of Food Service at Grandmed Lubuk Pakam Hospital (Vol. 4, Issue 2). https://ejournal.medistra.ac.id/index.php/JKG
Pratiwi, C., Solin, S., & Zega, M. K. (2022). Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS USU. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 5(1), 171–176. http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/PNJ/Index
Rapo, S., Mattson Sydner, Y., Kautto, E., & Hörnell, A. (2021). Exploring Patient Satisfaction with Hospital Foodservice: A Swedish Study Using the Acute Care Hospital Foodservice Patient Satisfaction Questionnaire. Nutrition And Dietetics, 78(5), 487–495. https://doi.org/10.1111/1747-0080.12665
Retno Wahyu Ningsih, Yuli Laraeni, Joyeti Darni, Jaya Pandu RN, Tati Arisanti, & Nurafiani. (2023). Description of Inpatient Satisfaction Levels for Nutrition Consultation Services at Regional General Hospitals. In Frime Nutrition Journal (Vol. 8, Issue 1).
Riska Febriani, A., Chandradewi, A., Suranadi, L., Nyoman Adiyasa, I., & Sofiyatin, R. (2022). Description of the Level of Patient Satisfaction with the Appearance and Taste of Regular Food Served at Mataram City Hospital. In Frime Nutrition Journal (Vol. 7, Issue 2).
Rosmini, Suriani Rauf, & Zakaria. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Inap Interna pada Pelayanan Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. In Media Gizi Pangan (Vol. 27).
Schiavone, S., Pistone, M. T., Finale, E., Guala, A., & Attena, F. (2020). Patient Satisfaction and Food Waste in Obstetrics and Gynaecology Wards. Patient Preference and Adherence, 14, 1381–1388. https://doi.org/10.2147/PPA.S256314
Sholeha, S., Kusindrati, K., Tanuwijaya, R. R., & Marini, R. (2020). Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(02), 55–58. https://doi.org/10.33221/Jikes.V19i02.513
Suhermi, Petrus Geroda, Vitalis Ramun, & Nur Asniati. (2019). Metode Diagram Kartesius untuk Melihat Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(2), 161–168. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/Jikmht/Issue/View/8
Sulistiawati, D., Dharmawati, T., & Abadi, E. (2021). Hubungan Rasa Makanan Dengan Sisa Makanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 2(01), 72–77. https://stikesks-kendari.e-journal.id/Jikk
Sumera, Syahruddin, Lina Marlina, & Endang Susilawati. (2022). Gambaran Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Konawe. Jurnal Penelitian Sains Dan Kesehatan Avicenna, 1(3), 52–61.
Vafaeenasab, M., Motealehi, A., Bahariniya, S., Raadabadi, M., & Safari, M. (2021). Evaluation Of Patients’ Satisfaction with Food and Nutrition Service in Selected Hospitals Affiliated to Yazd Shahid Sadoughi University of Medical Sciences in 2016-2017. Journal of Nutrition and Food Security, 6(2), 146–153. https://doi.org/10.18502/Jnfs.V6i2.6066
Nur Widyaning Rochmawati, Titis Sari Kusuma, & Fiki Husna. (2022). Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Makanan dan Kecukupan Gizi pada Pasien Non-Communicable Diseases di Rumah Sakit Bersertifikasi Halal. Journal of Nutrition College, 11(3), 211–219. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/Jnc/
Yordan, Geraldo Vereyl Nauvalio, & Aulia Novasyra. (2021). Determinan Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit dalam Peserta JKN Penerima Bantuan Iur di RSUD Cut Meutia Lhokseumawe Tahun 2020. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), 1129–141
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuzul Shafira Alie, Rachmat Faisal Syamsu, Dahlia Dahlia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).