GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN DAN KUALITAS MAKANAN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Nuzul Shafira Alie Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  • Rachmat Faisal Syamsu Bagian IKM-IKK Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  • Dahlia Dahlia Bagian IKM-IKK Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20246

Keywords:

Kualitas Makanan, Kepuasan Pasien Rawat Inap, Pelayanan Makanan Rumah Sakit

Abstract

Rumah Sakit adalah fasilitas kesehatan yang sangat penting bagi masyarakat. Dalam struktur organisasi Rumah Sakit, pelayanan gizi adalah pelayanan penunjang medis yang dikelola oleh Instalasi Gizi. Tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas layanan gizi sangat memengaruhi reputasi Rumah Sakit dan loyalitas pasien juga diduga dipengaruhi oleh standar pelayanan makanan. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan di Rumah Sakit. Menggunakan metode literature review dengan prinsip Diagram Alir PRISMA. Artikel atau jurnal ilmiah diunduh dari PubMed, Portal Garuda, dan Google Scholar dengan standar SINTA IV dan V. Kata kunci dalam pencarian artikel ini yaitu pelayanan makanan di Rumah Sakit, kualitas makanan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan di Rumah Sakit. Didapatkan 120 artikel dalam hasil pencarian. Semua artikel diseleksi berdasarkan kriteria inklusi diperoleh 16 artikel penelitian yang akan di telaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan di Rumah Sakit dipengaruhi oleh kualitas makanan (rasa, tekstur, penampilan, variasi, dan kebersihan) dan kualitas pelayanan makanan (sistem, peralatan makan, sikap staf, dan kinerja). Kepuasan pasien dipengaruhi oleh makanan dan kualitas pelayanan makanan sehingga diperlukan evaluasi secara terus-menerus.  

References

Aliyah, Fatkul, & Tri Ardianti Khasanah. (2023). Hubungan Pelayanan Gizi, Kualitas Makanan, dan Konseling Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Balaraja. In the Indonesian Journal of Health): Vol. XIII (Issue 2).

Armala, R., Putri, S. N., Nur’aini, H., Prasetya, A., & Moulina, A. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Kelas 3 Terhadap Pelayanan Makanan di Rsu Swasta X Kota Bengkulu A Description of Satisfaction in Grade 3 Patients of Food Service at RSU Private X Bengkulu (Vol. 10, Issue 1).

Hidayah, N., Simanjorang, A., Asriwati, A., & Lastiur, L. (2021). Relationship of Food Services and Patients Satisfaction in Medan Advent’s Public Hospital. Journal La Medihealtico, 2(3), 39–50. https://doi.org/10.37899/Journallamedihealtico.V2I3.361

Kandou, R. D., Sumiati, M., Manampiring, A. A. E., & Wungouw, H. I. S. (2023). Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP Prof Analysis of Relationship Between Nutrition Service Quality and Inpatient Satisfaction At. Medical Scope Journal, 5(2), 182–187. https://doi.Org/10.35790/msj.v5i2.46

Laksmi Karunia Tanuwijaya, Tiara Dian Novitasari, Eva Putri Arfiani, Yudi Arimba Wani, & Dina Elok Wulandari. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit (Vol. 8). http://jurnal.unimus.ac.id

Kemenkes RI. (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Gizi, dan Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta.

Nuryani, N., Ramadhani, F., & Lestari, A. P. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan di Instalasi Gizi RSUD Dr. M.M Dunda Limboto. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(2), 166–180. https://doi.org/10.22487/ghidza.V4i2.165

Panjaitan, D. B., Rifai, A., & Kurniawati, L. (2021). Factors Affecting Patient Satisfaction Hospitalization of Food Service at Grandmed Lubuk Pakam Hospital (Vol. 4, Issue 2). https://ejournal.medistra.ac.id/index.php/JKG

Pratiwi, C., Solin, S., & Zega, M. K. (2022). Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS USU. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 5(1), 171–176. http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/PNJ/Index

Rapo, S., Mattson Sydner, Y., Kautto, E., & Hörnell, A. (2021). Exploring Patient Satisfaction with Hospital Foodservice: A Swedish Study Using the Acute Care Hospital Foodservice Patient Satisfaction Questionnaire. Nutrition And Dietetics, 78(5), 487–495. https://doi.org/10.1111/1747-0080.12665

Retno Wahyu Ningsih, Yuli Laraeni, Joyeti Darni, Jaya Pandu RN, Tati Arisanti, & Nurafiani. (2023). Description of Inpatient Satisfaction Levels for Nutrition Consultation Services at Regional General Hospitals. In Frime Nutrition Journal (Vol. 8, Issue 1).

Riska Febriani, A., Chandradewi, A., Suranadi, L., Nyoman Adiyasa, I., & Sofiyatin, R. (2022). Description of the Level of Patient Satisfaction with the Appearance and Taste of Regular Food Served at Mataram City Hospital. In Frime Nutrition Journal (Vol. 7, Issue 2).

Rosmini, Suriani Rauf, & Zakaria. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Inap Interna pada Pelayanan Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. In Media Gizi Pangan (Vol. 27).

Schiavone, S., Pistone, M. T., Finale, E., Guala, A., & Attena, F. (2020). Patient Satisfaction and Food Waste in Obstetrics and Gynaecology Wards. Patient Preference and Adherence, 14, 1381–1388. https://doi.org/10.2147/PPA.S256314

Sholeha, S., Kusindrati, K., Tanuwijaya, R. R., & Marini, R. (2020). Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(02), 55–58. https://doi.org/10.33221/Jikes.V19i02.513

Suhermi, Petrus Geroda, Vitalis Ramun, & Nur Asniati. (2019). Metode Diagram Kartesius untuk Melihat Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 11(2), 161–168. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/Jikmht/Issue/View/8

Sulistiawati, D., Dharmawati, T., & Abadi, E. (2021). Hubungan Rasa Makanan Dengan Sisa Makanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 2(01), 72–77. https://stikesks-kendari.e-journal.id/Jikk

Sumera, Syahruddin, Lina Marlina, & Endang Susilawati. (2022). Gambaran Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Konawe. Jurnal Penelitian Sains Dan Kesehatan Avicenna, 1(3), 52–61.

Vafaeenasab, M., Motealehi, A., Bahariniya, S., Raadabadi, M., & Safari, M. (2021). Evaluation Of Patients’ Satisfaction with Food and Nutrition Service in Selected Hospitals Affiliated to Yazd Shahid Sadoughi University of Medical Sciences in 2016-2017. Journal of Nutrition and Food Security, 6(2), 146–153. https://doi.org/10.18502/Jnfs.V6i2.6066

Nur Widyaning Rochmawati, Titis Sari Kusuma, & Fiki Husna. (2022). Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Makanan dan Kecukupan Gizi pada Pasien Non-Communicable Diseases di Rumah Sakit Bersertifikasi Halal. Journal of Nutrition College, 11(3), 211–219. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/Jnc/

Yordan, Geraldo Vereyl Nauvalio, & Aulia Novasyra. (2021). Determinan Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit dalam Peserta JKN Penerima Bantuan Iur di RSUD Cut Meutia Lhokseumawe Tahun 2020. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 20(2), 1129–141

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Alie, N. S., Syamsu, R. F. ., & Dahlia, D. (2023). GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN DAN KUALITAS MAKANAN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16428–16438. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.20246