HUBUNGAN STANDAR KOMPETENSI PERAWAT DENGAN REWARD YANG DIBERIKAN MANAJEMEN RSUD JAYAPURA

Authors

  • Hizkia Simaremare Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mindo Tua Siagian Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Taruli Rohana Sinaga Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat ,Direktorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Kesaktian Manurung Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Frida Lina Tarigan Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.19349

Keywords:

Nurse Competency, Years of Service, Rewards.

Abstract

Perawat rumah sakit selalu menjadi ujung tombak dan berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan ketika pasien masuk ke rumah sakit. Tenaga kesehatan khususnya perawat Rumah Sakit yang mendapatkan reward yang layak akan berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan secara khusus kepada pasien yang sedang rawat inap dan berobat jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara standar Kompetensi Perawat dengan Reward yang diberikan Manajemen RSUD Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods research design di mana menggunakan 2 (dua) tahapan penelitian kegiatan yaitu pengumpulan data secara Kuantitatif dengan menggunakan analisis data  dan dengan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara langsung kepada beberapa perawat. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa tidak ada hubungan antara Standar Kompetensi Perawat dengan reward yang diberikan manajemen RSUD Jayapura dengan nilai (p Value = 0.553) dan ada hubungan antara masa kerja perawat dengan reward yang diberikan oleh Manajemen RSUD Jayapura dengan nilai (p Value = 0.021). Setelah melakukan wawancara mendalam, peneliti menemukan jenis-jenis reward yang diterima perawat diluar gaji bulanan antara lain, Jasa Medis berupa BPJS, KPS(Kartu Papua Sehat), dan Swasta. Kemudian peneliti juga menemukan fakta bahwa pemberian reward tidak hanya tergantung pada lamanya seorang perawat berkerja, namun juga status perawat (Perawat tetap atau tidak tetap) dimana sebagian besar yang sudah menjadi perawat tetap sudah berkerja cukup lama sebagai tenaga perawat. Lebih lanjut, berdasarkan informasi yang diperoleh dari perawat, peneliti menemukan bahwa pemberian reward seperti gaji dan jasa medis yang menjadi hak perawat sering mengalami keterlambatan pembayaran. Dengan adanya temuan ini maka diharapkan pihak Manajemen RSUD Jayapura terus meningkatkan kompetensi perawat terutama untuk lebih memperhatikan kesejahteraan semua tenaga kesehatan terutama perawat.

References

Alimudin, A. (2017). Peran Sistem Manajemen Kinerja, Kompetensi Pegawai dan Promosi Jabatan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(3), 155–165. https://doi.org/10.21067/jem.v13i3.2023

Arifin, M. A., & Rasdi, R. M. (2017). Addressing Competency Gaps for Vocational Instructor through Competency Model and Instrument for Competency MEasurement. THE 4TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATIONAL RESEARCH AND PRACTICE (ICERP) 2017 Empowering Education Through Translational Research and Practices, 7(4), 1201– 1216. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i4/2970

Arifin, M.A. (2021). Competence, Competency, and Competencies: A Misunderstanding in Theory and Practice for Future Reference. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences. http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v11-i9/11064

Axley, L. (2008). Competency: A Concept Analysis. https://doi.org/10.1111/j.1744-6198.2008.00115.x

Bulajic, A., Stamatovic, M., & Cvetanovic, S. (2012). The importance of defining the hypothesis in scientific research. International Journal of Education Administration and Policy Studies Vol. 4(8), pp. 170-176, July 2012. DOI: https://academicjournals.org/article/article1381833548_Bulajic%20et%20al.pdf

Costa, F.M.L. Kompas.Id. (2022). Belum Digaji dan Obat Habis, Dokter dan Perawat RSUD Dok II Jayapura Tuntut Solusi. DOI https://www.kompas.id/baca/nusantara/2022/10/17/belum-digaji-dan-obat-habis-dokter-dan-perawat-rsud-dok-ii-jayapura-tuntut-solusi

Eddy Roflin, E., Liberty, I.A, & Pariyana. (2021). POPULASI, SAMPEL, VARIABEL DALAM PENELITIAN KEDOKTERAN. Penerbit NEM, 2021. DOI : https://books.google.co.id/books?id=ISYrEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=ojBRC9sV91&dq=pengertian%20populasi%20sampel&lr&pg=PP1#v=onepage&q=pengertian%20populasi%20sampel&f=false

El Asame, M., Wakrim, M.(2017). Towards a competency model: A review of the literature and the competency standards. Educ Inf Technol 23, 225–236 (2018). https://doi.org/10.1007/s10639-017-9596-z

Etlidawati, Setiyani, R.(2021). Hubungan Kompetensi perawat dengan mutu pelayanan di puskesmas Kabupaten. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto. DOI https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/263

Gigir, Y., Pandelaki, K., & Mongan, E.A. (2022). Hubungan Kompetensi dan Kompensasi dengan Kinerja Pegawai Administrasi di RSUP Ratatotok Buyat. DOI: https://doi.org/10.35790/ecl.v11i1.44323

Habibi, A., Humairoh, S., Ahmad, S.N.A., Hasan, R., & Nurfadillah, N. (2021). Hubungan Reward Dengan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Dr. Sitanala Tahun 2020. Doi: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jkft/article/view/5757

Hamel, R.S., Rompas, R.M., & Doda, V.D. (2018). Hubungan Antara Beban, Masa Kerja Dan Shift Kerja Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Perawat Di Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. DOI : DOI: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/24982

Heldawati, H., Arofiati, F., & Widakdo, G. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Perawat . Jurnal Keperawatan, 14(3), 597–608. DOI : https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/425

Ismail, A., Anuar, A., & Abdullah, A.A. (2016) Reward Management On Motivation To Perform Job. DOI: https://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/19951

Kolibá?ová, G. (2014). The Relationship Between Competency and Performance. DOI: https://pdfs.semanticscholar.org/ea66/65ac8695d19ae95934b15fd62c3cbbafcf22.pdf

Lakonie, A.(2021). Hubungan System Reward Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Lahat. DOI : http://rama.binahusada.ac.id:81/id/eprint/406/

Lubis, L., Raharja, W.T., & Wahyudi, A. (2021). Analisa Kompetensi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sidotopo Kota Surabaya. DOI : https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/198

Mishra, A. (2015). REWARD SYSTEM AND ITS IMPACT ON EMPLOYEE MOTIVATION. DOI : https://doi.org/https://www.academia.edu/16746517/REWARD_SYSTEM_AND_ITS_IMPACT_ON_EMPLOYEE_MOTIVATION

Posuma, C.O. (2013). Kompetensi, Kompensasi, dan Kepemimpinan Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan Pad Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2748

Santoso, A. Detik.Com (20221). Keluarga Pasien Pukul Perawat RSUD Jayapura-Banting Alat Rekam Jantung. DOI : https://news.detik.com/berita/d-5539866/keluarga-pasien-pukul-perawat-rsud-jayapura-banting-alat-rekam-jantung

Silviana, S. Darmawan, E.S. (2017). Analisis Standar Kompetensi Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Bhakti Yudha Depok Tahun 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v4i1.3204

Suhartono, J.F., Sawitri, H.S.R.(2017) Pengaruh reward, insentif, pembagian tugas dan pengembangan karier pada kepuasan kerja perawat di rumah sakit ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. DOI : https://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/3144

Toledo, A.H (2011). Developing the Research Hypothesis. https://doi.org/10.3109/08941939.2011.609449

Walukow, P.A., Mandagi, C.K.F., & Rumayar, A.A,. (2018). Hubungan Masa Kerja Dan Kepemimpinan Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Minahasa Selatan. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SAM RATULANGI VOL. 7 NO. 3 (2018): VOLUME 7, NOMOR 3, MEI 2018. DOI : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/22943

Wong, S.-C. (2020). Competency Definitions, Development and Assessment: A Brief Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 9(3), 95–114. DOI: https://hrmars.com/index.php/IJARPED/article/view/8223/Competency-Definitions-Development-and-Assessment-A-Brief-Review

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Simaremare, H., Tua Siagian, M. ., Sinaga, T. R., Manurung, K. ., & Lina Tarigan, F. . (2023). HUBUNGAN STANDAR KOMPETENSI PERAWAT DENGAN REWARD YANG DIBERIKAN MANAJEMEN RSUD JAYAPURA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16132–16142. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.19349