HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN LANSIA DI UPTD PUSKESMAS RANTO PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.19348Keywords:
Keywords: Service Quality, Satisfaction, ElderlyvAbstract
Peningkatan jumlah penduduk lansia seiring dengan tingginya angka harapan hidup. Jumlah lansia yang meningkat menjadi tantangan bagi kita semua untuk dapat mempersiapkan lansia yang sehat dan mandiri. Masalah psikis usia lanjut merupakan masalah kesehatan lainnya yang sering mendapat kurang perhatian bahkan diabaikan. Untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan Lansia di fasilitas kesehatan telah diterbitkan peraturan pemerintah untuk mengatur pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan primer maupun rujukan. Tujuan penelitian adalah Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan lansia di UPTD Puskesmas Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur Tahun 2023. Metode penelitian kuantitatif dengan studi explanotary research yang menjelaskan tentang hubungan kasual (sebab-akibat) antara variabel-variabel yang mempengaruhinya. Hubungan sebab-akibat. Populasi lansia sebanyak 2.028 orang. Sampel penelitian menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh 95 orang lansia. Analisa data menggunakan uji bivariat dengan Chi-square dan uji multivariat dengan uji regresi logistik berganda. Hasil penelitian diketahui ada hubungan antara kualitas pelayanan dari segi tangible (p=0,00), segi reliability (p=0,000), responsiveness (p=0,000), emphaty (p=0,002) dan asurance (p=0,011) dengan kepuasan lansia, dan yang merupakan fakor yang paling dominan pmempengaruhi kepuasan lansia adalah reability dan responsiveness. Untuk itu disarankan Perlu mempertahankan kualitas pelayanan dari segi responsiveness yang sudah baik, dan perlu meningkatkan kualitas dari segi tangible, reliability, assurance dan emphaty di puskesmas, dan bagi pihak puskesmas perlu adanya perbaikan sistem pelayanan yang harus terus dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan, keluhan serta kritik dari pasien dan keluarga pasien khususmya bagi lansia yang berobat.References
Ainiah dkk (2021) ‘Implementasi Program Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di RW I Kelurahan Polowijen (Studi Kasus Pada Pos Pelayanan Terpadu Lansia Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang)’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(No.12), pp. 2861–2867.
Ambariani dkk (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Santun Lansia Pada Kepuasan Pasien Lanjut Usia Di Puskesmas Santun Lanjut Usia Kabupaten Bogor Jawa Barat’, Pendidikan Dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, 1(1). doi: 10.24198/ijemc.v1i1.84.
Anggraini dkk (2015) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung. Universitas Malahayati Lampung.
Arifin, M. H. B. M., Weta, I. W. and Ratnawati, N. L. K. A. (2016) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada kelompok Lanjut Usia Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Petang 1 Kabupaten Badung’, E-Jurnal Medika, 5(7), pp. 1–23. Available at: http://ojs.unud.ac.id/index.php/eum.
Aryana, I. G. P. S. et al. (2022) ‘DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I DENPASAR SELATAN dan mandiri sehingga dapat meringankan beban bagi masyarakat maupun negara , dan justru diabaikan . Interaksi kondisi psikis sangat berhubungan erat dengan fisik pada usia lanjut . Kondisi memberikan dampak cu’, 21, pp. 408–413.
Azwar (2016) Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Barahama, K. F., Katuuk, M. and Oroh, W. M. (2019) ‘Hubungan Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruangan Perawatan Dewasa Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado’, Jurnal Keperawatan, 7(1). doi: 10.35790/jkp.v7i1.22876.
Bustami (2011) Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Chairil and Rambe, I. W. U. (2022) ‘Tingkat Kepuasan Lansia Tentang Pelayanan Kesehatan di Panti Khusnul Khotimah Pekanbaru’, Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 12(2), pp. 76–84. doi: 10.37859/jp.v12i2.3446.
Friska et.al (2020) ‘The Relationship Of Family Support With The Quality Of Elderly Living In Sidomulyo Health Center Work Area In Pekanbaru Road’, Jurnal Proteksi Kesehatan, 9(1), pp. 1–8.
van Gaans, D. and Dent, E. (2018) ‘Issues of accessibility to health services by older Australians: A review’, Public Health Reviews. Public Health Reviews, 39(1), pp. 1–16. doi: 10.1186/s40985-018-0097-4.
Handayani, S. (2016) ‘Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno’, Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian, 14(1), p. 42. doi: 10.26576/profesi.135.
Imam (2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Dipeneogoro.
Irsanty (2017) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kalipare Kabupaten Malang. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Kalsum, U., Umiati, N. and Hayat, H. (2019) ‘Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kebijakan UU No. 10 Tahun 2017, Respon Publik, 6(6), pp. 70–76. Available at: http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/4508%0Ahttp://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/download/4508/4082.
Kemenkes (2016) Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2016-2019. Jakarta.
Kemenkes (2019) Indonesia Masuki Periode Aging Population. Jakarta. Available at: https://www.kemkes.go.id/article/view/19070500004/indonesia-masuki-periode-aging-population.html.
Kuntoro & Istiono (2017) ‘Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), pp. 140–147.
Lilik & Azizah (2011) Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mamik (2017) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Sidoarja: Zifatama jwara.
Maulana, A. S. (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.TOI.
Mawaddah (2020) ‘Peningkatan Kemandirian Lansia Melalui Activity Daily Living Training Dengan Pendekatan Komunikasi Terapeutik Di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Nurul’, Hospital Majapahit, 12(1), pp. 32–40.
Mujiarto, M., Susanto, D. and Bramantyo, R. Y. (2019) ‘Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Kepuasan Pasien Di Upt Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek’, Jurnal Mediasosian?: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 3(1), pp. 34–49. doi: 10.30737/mediasosian.v3i1.572.
Muninjaya (2014) Manajemen Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Mustika (2019) ‘Buku Pedoman Model Asuhan Keperawatan Lansia Bali Elderly Care (BEC)’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. National & Pillar (2020) Keperawatan Gerontik.
Nursalam (2011) Manajemen Keperawatan (aplikasi dalam praktik keperawatan professional). 3rd edn. Jakarta: Salemba Medika.
Ridha dkk (2017) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Layanan Primer Banjarmasin’, Jurnal Kedokteran Gigi, 2(1).
Robbins et al (2016) Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Shur, N. F. et al. (2021) ‘Age-related changes in muscle architecture and metabolism in humans: The likely contribution of physical inactivity to age-related functional decline’, Ageing Research Reviews, 68. doi: 10.1016/j.arr.2021.101344.
Tjiptono (2014) Service, Quality & Satisfaction. 3rd edn. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
WHO (2021) Ageing and Health. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ageing-and-health.
Wibawa (2019) Mengenal Konsep Penuaan yang Berkualitas dan Cara Mencapainya. Available at: https://sains.kompas.com/read/2019/07/09/190700023/mengenal-konsep-penuaan-yang-berkualitas%02dan-cara-mencapainya?page=all.
Wulandari, K. (2015) ‘Analisis Persepsi Pelanggan Atas Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang’, Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 11(1), pp. 88–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Sari, Toni Wandra, Mido Ester J. Sitorus, Donal Nababan, Laura Mariati Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).