HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN MELALUI PENGUKURAN HARAPAN DAN PERSEPSI PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BUN KOSAMBI TANGERANG

Authors

  • Fatihah Putri Azzahra Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Donal Nababan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Heny Syapitri Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Jenny Marlindawani Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Frida Lina Tarigan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Sonny Priajaya Warouw Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.19274

Keywords:

Kepuasan, harapan, persepsi, IGD

Abstract

Kebutuhan masyarakat terus berkembang seperti kebutuhan akan pelayanan kesehatan, karena kesehatan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting dalam menunjang aktifitas. Perbedaan karakteristik tersebut akan berakibat pada persepsi yang berbeda pula terhadap penilaian pelayanan kesehatan, sehingga pada akhirnya memberikan tingkat kepuasan yang berbeda pula pada rumah sakit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasioal. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit BUN Kosambi Tangerang pada Unit Layanan IGD. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang masuk ke dalam ruang unit IGD yang masih dalam keadaan sadar sehingga dapat berkomunikasi, sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan metode teknik Accidental Sampling. menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 80. Hasil penelitian ini menunjukkan Tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang. Tidak ada hubungan antara umur dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang. Tidak ada hubungan antara pendidikan dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang. Tidak ada hubungan antara pekerjaan dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang. Tidak ada hubungan antara penghasilan dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang. Ada hubungan antara harapan pasien dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang.Ada hubungan antara persepsi pasien dengan kepuasan pasien pada layanan IGD RS Bun Kosambi Tangerang.

References

Alamri, Azlika M., Adisti A. Rumayar, F. K. K. (2015). “Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat Dan Tingkat Pendidikan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado”. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT November 2015, 4(4).

Anoraga, P. 2012. Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta

Carr, A. (2013). Positive Psychology: The Science of Happiness and Human Strengths. New York: Brunner-Routledge.

Dareda, Kristine, Ns. Irma M. Yahya, dan P. C. (2021). “Hubungan Beban Kerja Dengan Waktu Tanggap Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud. M.W. Maramis Minahasa Utara.” Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 1(3), 84–90.

Daryanto dan Setyobudi Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Dawi, N. M., Jusoh, A., Streimikis, J., & Mardani, A. (2018). “The influence of Service Quality on Customer Satisfaction and Customer Behavioral Intentions by Moderating Role of Switching Barriers in Satellite Pay TV Market.” Economics and Sociology, 11(4), 198–218.

Ernawaty, S. dan. (2015). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Fajri, Sri Wahyu Gusti, and Yesi Hasneli Erwin. 2022. "Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Pasien terhadap Peran Perawat Sebagai Educator Di Puskesmas." Community of Publishing in Nursing (COPING), Volume 10, Nomor 5, Oktober 2022.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Sebelas Maret.

Gibson, James L., John M. Ivancevich, James H. Donnelly, J. and R. K. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes (14th Editi). New York: McGraw-Hill Education.

Hamdi, S. (2021). Hubungan Pengetahuan Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Kepuasan Pasien PBI BPJS Di Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru Tahun 2021. Universitas Islam Kalimantan, MAB.

Indahsari, R. N. & U. D. A. W. (2013). “The Influence the Quality Service Against Satisfaction Patient Inpatient Jamkesmas in Hospital Banyumas.” Psycho Idea, 11(2).

J. Lopez, S. (2015). The Encyclopedia of Positive Psychology. London: Blackwell Publishing.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Management. New York: Pearson Education Limited.

Lasa, Imelda, Frans Salesman, P. S. K. T. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Baru Di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Kefamenanu”. CHMK Nursing Scientific Journal, 5(1).

Manzoor, Faiza, Longbao Wei, A. H. (2019). “Patient Satisfaction with Health Care Services; An Application of Physician’s Behavior as a Moderator”. International Journal of Environmental Research and Public Health, (16), 3318.

Mongkaren, S. (2013). “Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado.” Jurnal EMBA, 1(4), 493–503.

Mubarak, Wahit, Iqbal dan Chayatin, N. (2015). Ilmu Keperawatan Komunitas Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika.

Mulyani, R. (2017). Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 10(2).

Muninjaya, A. A. . (2016). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, L. L. B. (2012). “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research Author(s).” The Journal of Marketing, 49(4).

Pohan, I. (2012). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.

Prasetijo, R dan Ihalauw, J. (2015). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Purnomo, M. (2016). “Pencapaian Standar Pelayanan Gawat Darurat di RSU Habibullah Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Tahun 2014.” The 3rd University Research Colloquium 2016.

Robbins, S. P. and T. A. J. (2017). Organizational Behavior. New York: Pearson Education Limited.

Sabarguna, B. S. (2014). Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto.

Sangadji, E. M. & S. (2013). Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sihaloho, Nike Silprihatin Roma Uli, and Irma Herliana. "Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga." Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia 7.02 (2017): 239-247.

Singh, H. (2018). Essentials of Management for Healthcare Professionals. New York: Taylor & Francis Group.

Soemarso S.R. 2012. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima. Jakarta: Salemba Empat.

Snyder, C.R., Hal S. Shorey, Jennifer Cheavens, Kimberley Mann Pulvers, Virgil H. Adams III, and C. W. (2012). “Hope and Academic Success in College”. Journal of Educational Psychology, 94(4), 820–826.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastomo. (2015). Sistem Jaminan Sosial Nasional Sebuah Introduksi. Jakarta: PT. Kelapa Gading Permai.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. Pt. Remaja Rosdakarya

Tangkudung, Joanne PM. "Proses adaptasi menurut jenis kelamin dalam menunjang studi mahasiswa fisip universitas sam ratulangi." Acta Diurna Komunikasi 3.4 (2014).

Thalib, T. & I. S. (2017). “Kualitas Pelayanan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Aloei Saboe.” PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, IV(2).

Tjiptono, F. dan A. D. (2019). Kepuasan Pelanggan Konsep Pengukuran dan Strategi. Yogyakarta: Andi.

Walgito, B. (2015). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi.

Weil, C. M. (2012). “Exploring Hope in Patients with End Stage Renal Disease on Chronic Hemodialysis”. ANNA Journal, 27, 219–223.

Yunita, Sukma, I. (2019). “Hubungan Respon Time Perawat Instalasi Gawat Darurat dengan Kepuasan Pasiendi Rumah Sakit Tembakau Deli Medika Deli Serdang Tahun 2018.” Jurnal Maternitas Kebidanan, 4(1).

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Azzahra, F. P., Nababan, D. ., Syapitri, H. ., Marlindawani, J. ., Tarigan, F. L. ., & Warouw, S. P. . (2023). HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN MELALUI PENGUKURAN HARAPAN DAN PERSEPSI PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BUN KOSAMBI TANGERANG. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(3), 16114–16131. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.19274