EFEKTIVAS PROGRAM PENCEGAHAN BERBASIS BUKTI DALAM MENURUNKAN ANGKA PENYALAHGUNAAN NAPZA DI LINGKUNGAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.18460Keywords:
evidence based prevention, abuse drugs, school, healthy living behavior, skill familyAbstract
Masalah serius penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif di kalangan pelajar telah menimbulkan dampak negatif yang signifikan pada aspek kesehatan fisik, mental, dan pencapaian akademik, memperjelas pentingnya pencegahan yang berbasis pada bukti nyata. Penelitian ini bertujuan untuk membantu sekolah dan pemerintah dalam mengurangi insiden penyalahgunaan NAPZA pada remaja di lingkungan sekolah melalui program pencegahan yang didasarkan pada bukti empiris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan survei komprehensif yang diterapkan pada siswa, dengan fokus pada pengumpulan data mengenai faktor risiko, faktor pelindung dan perilaku negatif remaja. Pemilihan sekolah dilakukan dengan melihat data kawasan rawan narkoba yang di peroleh dari BNNP Sumatera Utara dan melakukan survey langsung ke sekolah yang berada di kawasan rawan narkoba untuk untuk memperoleh data berkaitan dengan kondisi lingkungan sekitar sekolah, tingkat kepedulian kepala sekolah terhadap program pencegahan penyalahgunaan narkoba dan bentuk pelaksanaan programnya, baik dalam dokumen peraturan tertulis maupun pelaksanaan kegiatan program pencegahan yang ada di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksaan kegiatan intervensi keluarga dan anak mampu membentuk meningkatkan faktor pelindung dan menurunkan perilaku negatif remaja. Keterlibatan aktif keluarga dalam program pencegahan dapat meningkatkan faktor pelindung sehingga menurunkan resiko perilaku negatif pada remaja, serta perubahan positif dalam komunikasi antara anak dan orang tua dapat merubah sikap remaja menjadi lebih baik.References
Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Effendi, A. S., & Siswati, S. (2016). Hubungan Antara School Well-being Dengan Intensi Delinkuensi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 195-199.
El Sayed, H., Ali, R. A. E. S., Ahmed, F., & Mohy, H. (2019). The Effect of Life Skills Intervention on Social Self Efficacy for Prevention of Drug Abuse Among Young Adolescent Students at Benha City. American Journal of Nursing Science, 8(5), 263-273
EHCAP. Penilaian Kuesioner Kekuatan & Kesulitan untuk usia 4-17 tahun. Layanan Pendidikan, Kesehatan, Perawatan (termasuk Perawatan Sosial, Perawatan Anak, Bantuan Dini) dan Penjara. 2014. https://www.ehcap.co.uk/content/sites/ehcap/uploads/NewsDocuments/236/SDQEnglishUK4- 17scoring-1.PDF. Diakses 12/03/2019.
El Sayed, H., Ali, R. A. E. S., Ahmed, F., & Mohy, H. (2019). The Effect of Life Skills Intervention on Social Self Efficacy for Prevention of Drug Abuse Among Young Adolescent Students at Benha City. American Journal of Nursing Science, 8(5), 263-273
Febriantika, F., Badiran, M., & Darmana, A. (2020). Implementation of the Family Support Group on the Recovery of Drug Abuse Victims in the Rehabilitation Institutions for the Management and Abuse of Drugs (LRPPN) Medan. Journal La Medihealtico, 1(6), 48-51.
Grossman M, Hadfield K, Jefferies P, Gerrand V, Ungar M. Ketahanan Pemuda terhadap Ekstremisme Kekerasan: Pengembangan dan Validasi Tindakan BRAVE. Terorisme dan Kekerasan Politik. 2020:1-21. doi:10.1080/09546553.2019.1705283.
Gubbels, J., van der Put, C. E., Stams, G. J. J., & Assink, M. (2021). Effective components of school-based prevention programs for child abuse: a meta-analytic review. Clinical child and family psychology review, 24(3), 553-578.
Jefferies P, McGarrigle L, Ungar M. The CYRM-R: Revisi Rasch-Validated terhadap Tindakan Ketahanan Anak dan Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial Berbasis Bukti. 2019;16(1):70-92. doi:10.1080/23761407.2018.1548403.
Jakobsen JC, Gluud C, Wetterslev J, Winkel P. Kapan dan bagaimana imputasi berganda harus digunakan untuk menangani data yang hilang dalam uji klinis acak – panduan praktis dengan diagram alir. Metodologi Penelitian Medis BMC. 2017;17(1):162. doi:10.1186/s12874-017-0442- Halaman 27/33
Jakobsen JC, Gluud C, Wetterslev J, Winkel P. Kapan dan bagaimana imputasi berganda harus digunakan untuk menangani data yang hilang dalam uji klinis acak – panduan praktis dengan diagram alir. Metodologi Penelitian Medis BMC. 2017;17(1):162. doi:10.1186/s12874-017-0442- Halaman 27/33
Lukman, G. A., Alifah, A. P., Divarianti, A., & Humaedi, S. (2021). Kasus Narkoba Di Indonesia Dan Upaya Pencegahannya Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 405-417.
Pusat Penelitian Ketahanan. Panduan pengguna CYRM dan ARM. Halifax, NS: Pusat Penelitian Ketahanan, Universitas Dalhousie2018.
Panter-Brick C, Hadfield K, Dajani R, Eggerman M, Ager A, Ungar M. Ketahanan dalam Konteks: Tindakan Singkat dan Berbasis Budaya untuk Pengungsi Suriah dan Remaja Komunitas Tuan Rumah Yordania. Perkembangan anak. 2018;89(5):1803-20. doi:10.1111/cdev.12868.
Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI (2018).
Rasul, D. (2013). Pencegahan penyalahgunaan narkoba di kurikulum sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 514-531.
Ratnasari, Y. (2018). Hubungan pengetahuan, sikap siswa tentangbahaya narkoba dan peran keluarga terhadapupaya pencegahan narkoba (Studi Penelitian di SMP Agus Salim Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(2), 90-99.
Simangunsong, J. (2015). Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja (Studi kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang). Program Studi Ilmu SosiologiFakultas Ilmu Sosial Dan PolitikUniversitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.(E-journal) http://hukum. Studentjournal. ub.
Statistik Laerd. ANOVA campuran dua arah menggunakan Statistik SPSS. Dalam: Tutorial statistik dan panduan perangkat lunak. 2015. https://statistics.laerd.com/.
Uji Publik Hasil Penelitian BNN. (2021). Survey Nasional Penyalahgunaan Narkoba.
Wener RW. Mengevaluasi Ketahanan Di Pemuda Suriah dan Yordania Universitas Yale; 2016. 62. Borualogo IS, Jefferies P. Adapting the Child and Youth Resilience Measure-Revised for Indonesian Contexts. 2019;8:480-98. doi:10.12928/jehcp.v8i4.12962.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 nuri ramadhan, Febriantika Febriantika, Chatrine Virginia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).