PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI P3K TERHADAP SISWA SD KELAS 4-5 DENGAN MEDIA E-BOOK CERITA BERGAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13837Keywords:
Pertolongan Pertama, e-book, Cerita Bergambar, PengetahuanAbstract
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah usaha untuk mengobati korban secara cepat dan tepat. Masalah kesehatan yang sering terjadi dan meningkat secara signifikan yang membutuhkan perhatian penuh yaitu cedera pada anak. Sehingga pentingnya menanamkan pengetahuan tentang P3K pada siswa agar siswa dapat mengimplementasikannya dengan memberikan pertolongan sederhana apabila terjadi luka, sehingga cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tersebut dengan cara membaca e-book cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan anak sekolah dasar (SD) sebelum dan setelah diberikan penyuluhan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) menggunakan media e-book cerita bergambar di SD Negeri Cilengkrang Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan desain pre test and post test. Kuesioner yang digunakan oleh peneliti sudah dilakukan uji validasi sebelum diberikan kepada murid dengan hasil rentang dari 0,311-0,643 dan uji reabilitas dengan hasil 0,707. Analisis dilakukan apabila data yang diperoleh normal maka digunakan uji Paired t-Test, dan apabila data yang diperoleh tidak normal maka menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menemukan dengan menggunakan uji Wilcoxon pada pre-test dan post-test dengan nilai p = 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh yang signifikan atara pengetahuan siswa sebelum dengan sesudah diberikan edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dengan media e-book cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan siswa Sekolah Dasar (SD). Pemberian edukasi mengenai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dengan menggunakan media e-book cerita bergambar memiliki peningkatan pengetahuan secara signifikan pada siswa SD kelas 4-5 di SD Negeri Cilengkrang Kabupaten Sumedang.References
Anjarwati, A., Kurniawati, A., Zamili, F., Diana, N. R. D., Suparni, & Putra, R. T. M. (2022). Sosialisasi P3K Dan APD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Di SDN Sukabumi 1 Probolinggo. 6.
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar.
Kementrian Kesehatan RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Krisdian, E. A., & Subekti, I. (2021). E-book Cerita Bergambar Pencegahan Bullying Untuk Anak Usia 9-11 Tahun Berbasis Alkitab. Aletheia Christian Educators Journal, 2, 57–68. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68
Lestari, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Usaha Kesehatan Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.
Majdiyana, M., Bahar, A., & Darwita, R. R. (2022). Pengetahuan Guru Terkait Manajemen Kedaruratan Gigi Avulsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 6(3), 203. https://doi.org/10.24198/pjdrs.v6i3.40325
Najib, F. A., Arisyanto, P., & Priyanto, W. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 4).
Nurhanifah, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Sekolah Pada Siswa Kelas VII. 1.
Nurul, A., & Abbas, N. (2021). Development of Picture Storybooks to Improve Reading Comprehension.
Purwaningsih, D., & Fitriana, R. N. (2022). Pengaruh Media Permainan (UNO) Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Risiko Dan Pencegahan Cedera Di SD Negeri 1 Pandean.
Putra, I. M., Nigrum, S., Keguruan, S. T., Pendidikan, I., Muara Bungo, M., Rangkayo, J., & Komplek, H. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter Yang Terkandung Pada Buku Mata Pelajaran Penjasorkes Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1).
Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. 5(4), 2036–2044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032
Ratnasari, E. M., Zubaidah, E., & Yogyakarta, U. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.
Rizkiyah, P., & Ningrum, A. M. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1
Suputra, P. A., Luh, N., Arsani, K. A., Made, N., & Lestari, S. D. (2019). Pendampingan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pada Siswa SMA Wisata Darma Di Desa Lembongan. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 8, Issue 1).
T.U, W. C., Nanda, D., P.M, D. S., Ferdiansyah, D., & Sholeha, R. (2022). Tri Bakti PMR Dasar-Dasar Pertolongan Pertama Di SDN Sukabumi I Probolinggo. 1, 67–73.
Wibawati, F. H., Laia, J., Redjeki, S., Santi, R. D., & Purba, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang P3K terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua dalam Penanganan Cedera Anak Balita The Effect of Health Education on First Aid on Parents’ Knowledge Levels in Handling Injuries to Toddlers. In Jurnal Insan Cendekia (Vol. 9, Issue 1).
Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T., Hendriyani, A., & Wahid, R. (2022). Rancang Bangun Media Bahan Ajar Digital Berbasis Multimodalality Dalam Pendekatan Pedagogik Futuristik. 1136–1149.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rissa Amalia, Nunung Siti Sukaesih, Popon Haryeti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).