FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABIL KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.10713Keywords:
faktor, kepuasan pasien, mutu pelayananAbstract
Tingkat kepuasan pasien menunjukkan tingkat keberhasilan suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya. Salah satu metode yang digunakan untuk menilai tingkat kepuasan pasien yaitu menggunakan Service Quality, metode ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kepuasan pelanggan menggunakan lima dimensi mutu, diantaranya: keandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles). Metode ini digunakan karena dapat membantu untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan oleh puskesmas telah memberikan rasa kepuasan terhadap pasien atau diperlukan kembali suatu peningkatan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien di Puskesmas Kabil Kota Batam. Jenis penelitian dengan pendekatan crosssectional dilakukan dari bulan Desember 2024 - Febuari 2025. Setelah data terkumpul, dilakukan Analisa Univariat untuk mendeskripsikan masing-masing variabel penelitian kemudian dilakukan analisis bivariat untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan kepastian dan empati secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien (Kelima variabel bebas memiliki Sig.< 0,005). Hendaknya pihak Puskesmas melalui kegiatan sosial, membuat brosur, membuat bill board di persimpangan jalan di kota Batam sehingga masyarakat semakin mengetahui keberadaan Puskesmas dan layanan yang ada.References
Amiroh, H. H., Khotimah, H., & Andayani, S. A. (2020). Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Terakreditasi Dasar dan Terakreditasi Madya. Program Studi Sarjana Keperwatan Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid Paiton Probilinggo, 5(1), 34–47.
Anisah, Anisah, I., Nasution, Z., Kesehatan Helvetia, I., Kapten Sumarsono, J., & Penulis, K. (2020). Quality Factors of Health Services Affecting Outpatient Patient Satisfaction at Binjai Kota Puskesmas. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(2), 2615–109.
Arifin, J., Studi, P., Publik, A., Tinggi, S., Administrasi, I., Stadion, K., Raga, O., & Kawa, S. (2020). Analisis PerbedaaN Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. 3, 1210–1224.
Ariyanti, S., Rahmat, R., Surtikanti, S., & Wahyuni, T. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang IGD. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 9(2), 155–162. https://doi.org/10.33867/jka.v9i2.347
Baan, R. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.591
Boavida de Araujo, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Puskesmas Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 29–39. https://doi.org/10.53416/jurmik.v2i2.105
Dawanson, & Arifin, J. (2021). Analiaia Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Telang Siong Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur. Program Studi Admininstrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 4, 1029–1040.
Eliza, Y., Lina, E., Irnovriadi, I., & Jasmalinda, J. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pada RSUD Padang Pariaman. Target: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 163–174. https://doi.org/10.30812/target.v4i2.2519
Faridah, & Arifin, J. (2021). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Ampah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Program Studi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 4, 456–466.
Faridah, I., Afiyanti, Y., & Basri, M. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. Kesehatan, 9(2), 1–92. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i2.280
Hanifah, Noor Alis Setyadi, K. E. W. (2021). Kajian Literatur Faktor-Faktor Yang Pendaftaran Puskesmas. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 4(1), 76–86.
Heda, K. (2021). Hubungan Persepsi tentang Mutu dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Siulak Mukai Kabupaten Kerinci Tahun 2020. Universitas Jambi.
Karlina Sari, Megawati, & Haslinah Ahmad. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik
Penyakit dalam Puskesmas Umum Daerah Kota Padang Sidempuan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 982–988. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3470
Kismanto, J., & Suryo Murtopo, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Karanganyar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 106–116. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.928
Kurniahu, F., & Arifin, J. (2021). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Barito Timur. Program Studi Administrasi Tabalong, 4.
Lestari, W., Rizany, I., & Setiawan, H. (2021). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 9(1), 46–53. https://doi.org/10.53345/bimiki.v9i1.174
Lintresa, L., Silalahi, E., & Purba, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Dominan Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Umum Bina Kasih Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 113–127. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1190
Malinda, R., & Sari, M. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Pelayanan Rawat Jalan di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) RSUD Kota Langsa. Jurnal EDUKES (Jurnal Penelitian Edukasi Kesehatan), 3(2), 56–69. https://doi.org/10.52136/edukes.v3i2.27
Milaenia Fitri, H., & Hidayati, M. (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringinkurung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 1789–1795. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i12.262
Nafi’a, Z. I. (2021). Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan di Puskesmas: Literature Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(2), 233. https://doi.org/10.29241/jmk.v7i2.634
Pujiastuti, A., Rahajeng, Y., & Arifin, S. N. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien pada Puskesmas Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 35–40. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.954
Rochma, L. N., Rohmah, N., & Handayani, L. T. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tanggul. Health & Medical Sciences, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/phms.v1i3.50
Rosadi, F. D. (2020). Perbedaan kepuasan pasien pada pelayanan puskesmas terakreditasi dan puskesmas tidak terakreditasi di jember. Universitas Jember.
Sisni, R., & Arifin, J. (2020). Analisis perbedaan kualitas pelayanan sebelum dan sesudah akreditasi di uptd puskesmas bentot kecamatan patangkep tutui kabupaten barito timur. Departemen Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 3.
Sulaiman, Anggriani, & Fajrillah. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien RawatInap Terhadap Pelayanan Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Dan Masyarakat, 1(1), 26–31.
Widodo, M. R., & Prayoga, D. (2022). Kepuasan dan Loyalitas Pasien terhadap Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Primer: Sebuah Tinjauan Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 568–572. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.458
Wulandari, R. D., Ridho, I. A., Supriyanto, S., Qomarrudin, M. B., Penelitian, B., & Ri, K. K. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien The Influence of Primary Health Care Accreditation on Patient Satisfaction. 228–236.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hanny Mindasari, Donal Nababan, Zulfendri Zulfendri, Mindo Tua Siagianl, Adiansyah Adiansyah, Evawani Martalena Silitonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







