FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABIL KOTA BATAM

Authors

  • Hanny Mindasari Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan1
  • Donal Nababan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Zulfendri Zulfendri Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Mindo Tua Siagian Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Adiansyah Adiansyah Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Evawani Martalena Silitonga Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.10713

Keywords:

faktor, kepuasan pasien, mutu pelayanan

Abstract

Tingkat kepuasan pasien menunjukkan tingkat keberhasilan suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya. Salah satu metode yang digunakan untuk menilai tingkat kepuasan pasien yaitu menggunakan Service Quality, metode ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kepuasan pelanggan menggunakan lima dimensi mutu, diantaranya: keandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles). Metode ini digunakan karena dapat membantu untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan oleh puskesmas telah memberikan rasa kepuasan terhadap pasien atau diperlukan kembali suatu peningkatan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien di Puskesmas Kabil Kota Batam. Jenis penelitian dengan pendekatan crosssectional dilakukan dari bulan Desember 2024 - Febuari 2025.  Setelah data terkumpul, dilakukan Analisa Univariat untuk mendeskripsikan masing-masing variabel penelitian kemudian dilakukan analisis bivariat untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan kepastian dan empati secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien (Kelima variabel bebas memiliki Sig.< 0,005). Hendaknya pihak Puskesmas melalui kegiatan sosial, membuat brosur, membuat bill board di persimpangan jalan di kota Batam sehingga masyarakat semakin mengetahui keberadaan Puskesmas dan layanan yang ada.  

References

Amiroh, H. H., Khotimah, H., & Andayani, S. A. (2020). Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Terakreditasi Dasar dan Terakreditasi Madya. Program Studi Sarjana Keperwatan Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid Paiton Probilinggo, 5(1), 34–47.

Anisah, Anisah, I., Nasution, Z., Kesehatan Helvetia, I., Kapten Sumarsono, J., & Penulis, K. (2020). Quality Factors of Health Services Affecting Outpatient Patient Satisfaction at Binjai Kota Puskesmas. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(2), 2615–109.

Arifin, J., Studi, P., Publik, A., Tinggi, S., Administrasi, I., Stadion, K., Raga, O., & Kawa, S. (2020). Analisis PerbedaaN Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. 3, 1210–1224.

Ariyanti, S., Rahmat, R., Surtikanti, S., & Wahyuni, T. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang IGD. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 9(2), 155–162. https://doi.org/10.33867/jka.v9i2.347

Baan, R. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.591

Boavida de Araujo, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Puskesmas Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 29–39. https://doi.org/10.53416/jurmik.v2i2.105

Dawanson, & Arifin, J. (2021). Analiaia Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Telang Siong Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur. Program Studi Admininstrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 4, 1029–1040.

Eliza, Y., Lina, E., Irnovriadi, I., & Jasmalinda, J. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pada RSUD Padang Pariaman. Target: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 163–174. https://doi.org/10.30812/target.v4i2.2519

Faridah, & Arifin, J. (2021). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Ampah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Program Studi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 4, 456–466.

Faridah, I., Afiyanti, Y., & Basri, M. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. Kesehatan, 9(2), 1–92. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i2.280

Hanifah, Noor Alis Setyadi, K. E. W. (2021). Kajian Literatur Faktor-Faktor Yang Pendaftaran Puskesmas. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 4(1), 76–86.

Heda, K. (2021). Hubungan Persepsi tentang Mutu dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Siulak Mukai Kabupaten Kerinci Tahun 2020. Universitas Jambi.

Karlina Sari, Megawati, & Haslinah Ahmad. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik

Penyakit dalam Puskesmas Umum Daerah Kota Padang Sidempuan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 982–988. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3470

Kismanto, J., & Suryo Murtopo, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Karanganyar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 106–116. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.928

Kurniahu, F., & Arifin, J. (2021). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di UPTD Puskesmas Barito Timur. Program Studi Administrasi Tabalong, 4.

Lestari, W., Rizany, I., & Setiawan, H. (2021). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 9(1), 46–53. https://doi.org/10.53345/bimiki.v9i1.174

Lintresa, L., Silalahi, E., & Purba, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Dominan Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Umum Bina Kasih Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 113–127. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1190

Malinda, R., & Sari, M. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Pelayanan Rawat Jalan di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) RSUD Kota Langsa. Jurnal EDUKES (Jurnal Penelitian Edukasi Kesehatan), 3(2), 56–69. https://doi.org/10.52136/edukes.v3i2.27

Milaenia Fitri, H., & Hidayati, M. (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringinkurung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 1789–1795. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i12.262

Nafi’a, Z. I. (2021). Faktor Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Makanan di Puskesmas: Literature Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(2), 233. https://doi.org/10.29241/jmk.v7i2.634

Pujiastuti, A., Rahajeng, Y., & Arifin, S. N. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien pada Puskesmas Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 35–40. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.954

Rochma, L. N., Rohmah, N., & Handayani, L. T. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tanggul. Health & Medical Sciences, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/phms.v1i3.50

Rosadi, F. D. (2020). Perbedaan kepuasan pasien pada pelayanan puskesmas terakreditasi dan puskesmas tidak terakreditasi di jember. Universitas Jember.

Sisni, R., & Arifin, J. (2020). Analisis perbedaan kualitas pelayanan sebelum dan sesudah akreditasi di uptd puskesmas bentot kecamatan patangkep tutui kabupaten barito timur. Departemen Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 3.

Sulaiman, Anggriani, & Fajrillah. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien RawatInap Terhadap Pelayanan Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Dan Masyarakat, 1(1), 26–31.

Widodo, M. R., & Prayoga, D. (2022). Kepuasan dan Loyalitas Pasien terhadap Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Primer: Sebuah Tinjauan Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 568–572. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.458

Wulandari, R. D., Ridho, I. A., Supriyanto, S., Qomarrudin, M. B., Penelitian, B., & Ri, K. K. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien The Influence of Primary Health Care Accreditation on Patient Satisfaction. 228–236.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Mindasari, H., Nababan, D., Zulfendri, Z., Siagian, M. T., Adiansyah, A., & Silitonga, E. M. (2025). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABIL KOTA BATAM. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 7689–7696. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.10713