MENUMBUHKAN HATI YANG BERAKAR PADA KRISTUS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Authors

  • Bunga Lovianna Sinambela PTKKN Kementerian Agama RI
  • Meliani Siburian PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53568

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen, Strategi Afektif, Kristus

Abstract

Penelitian ini menelaah peran pembelajaran afektif dalam Pendidikan Agama Kristen dengan fokus pada integrasi Alkitab dan pengalaman hidup siswa, perubahan sikap serta karakter, serta implikasi strategis bagi penguatan identitas iman. Pendekatan afektif dipahami sebagai upaya pedagogis yang menyentuh dimensi nilai, emosi, motivasi, dan kesadaran rohani siswa. Studi ini menegaskan bahwa ketika firman Tuhan dihubungkan dengan pengalaman konkret, siswa tidak hanya memahami ajaran secara kognitif, tetapi juga memaknainya sebagai pedoman praktis dalam merespons tantangan kehidupan. Integrasi ini membantu siswa melihat relevansi iman dalam konteks hubungan sosial, penyelesaian konflik, dan pengambilan keputusan moral. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran afektif berkontribusi signifikan terhadap perubahan sikap dan pembentukan karakter. Transformasi terlihat melalui meningkatnya empati, tanggung jawab, pengendalian diri, serta kepekaan spiritual. Proses tersebut diperkuat oleh strategi pembelajaran yang mendorong refleksi, dialog terbuka, dan keterlibatan langsung dalam aktivitas yang mencerminkan nilai-nilai Kristiani. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran afektif memiliki dampak kuat dalam memperteguh identitas iman siswa. Identitas iman terbentuk melalui pengalaman spiritual yang bermakna dan kesadaran mendalam mengenai nilai-nilai yang dihidupi.

References

Aritonang, R. (2022). Penerapan nilai-nilai Kristiani dalam proses pembelajaran untuk pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Kristiani, 8(1), 45–58.

Batubara, Y. S., & Napitupulu, M. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan karakter spiritual siswa. Jurnal Teologi dan Pendidikan, 11(2), 112–125.

Butarbutar, S. (2021). Peran guru PAK sebagai fasilitator pembentukan iman remaja. Journal of Christian Education Studies, 5(3), 201–214.

Damanik, J. M. (2024). Integrasi pengalaman hidup dalam pendekatan pembelajaran afektif PAK. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Indonesia, 12(1), 33–48.

Gultom, E. (2023). Pembelajaran berpusat pada peserta didik dalam mengembangkan ranah afektif. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(4), 256–270.

Hutagalung, R., & Siregar, F. (2022). Strategi pembelajaran afektif dalam memperkuat identitas iman siswa. Jurnal Kontekstual, 6(2), 89–103.

Hutapea, G. (2024). Kontekstualisasi nilai-nilai Alkitab dalam pendidikan karakter berbasis iman. Jurnal Transformasi Pendidikan, 7(1), 58–72.

Lumban Gaol, S. (2023). Pengembangan spiritualitas siswa melalui refleksi biblis dalam pembelajaran. Jurnal Kajian Pendidikan Kristiani, 14(2), 77–91.

Manurung, D. (2024). Guru sebagai agen transformasi karakter dalam pendidikan Kristen. Jurnal Pedagogi Teologis, 5(1), 1–15.

Napitupulu, E. (2023). Pengaruh pembelajaran bermakna terhadap sikap dan karakter siswa PAK. Jurnal Pendidikan dan Karakter Kristiani, 9(3), 134–150.

Naibaho, L. (2022). Hubungan antara komunitas belajar dan perkembangan afektif siswa. Journal of Christian Educational Research, 8(2), 55–69.

Pardede, M. (2024). Model pembelajaran afektif dalam penguatan iman siswa di sekolah menengah. Jurnal Educatio Christiana, 10(1), 21–36.

Simanjuntak, R. (2021). Pengaruh relasi guru–siswa terhadap pertumbuhan afektif peserta didik. Jurnal Interdisipliner Pendidikan, 6(4), 310–322.

Situmorang, H. (2023). Penerapan pendekatan reflektif dalam pembelajaran PAK untuk membentuk karakter Kristiani. Jurnal Teologi, 13(1), 44–59.

Siahaan, P. (2024). Peran pengalaman spiritual dalam pembentukan identitas iman remaja sekolah. Jurnal Spiritualitas Kristen, 4(1), 90–104.

Tambunan, A. (2022). Lingkungan belajar positif sebagai faktor pendukung perkembangan ranah afektif siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(3), 205–220.

Turnip, M. (2024). Integrasi Alkitab dan kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran PAK sebagai sarana transformasi afektif. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 15(1), 50–66.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Sinambela , B. L., & Siburian, M. (2025). MENUMBUHKAN HATI YANG BERAKAR PADA KRISTUS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8502–8509. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53568

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.