STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL YESUS UNTUK SISWA DENGAN LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA BERAGAM

Authors

  • Revalina Yuni S. Sianturi PTKKN Kementerian Agama RI
  • Pebri A. Panjaitan PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53565

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Pembelajaran Kontekstual, Pendekatan Berpusat Pada Yesus, Sosial-Budaya, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi strategi pembelajaran kontekstual yang berpusat pada Yesus dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi siswa dengan latar belakang sosial dan budaya yang beragam. Tujuannya adalah untuk menelaah bagaimana pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan teladan Yesus dapat meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan pengembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 45 penelitian relevan yang berasal dari jurnal peer-reviewed, prosiding konferensi, dan buku akademik. Data dikumpulkan, disaring, dan disintesis berdasarkan kriteria inklusi yang menekankan strategi pengajaran kontekstual dalam PAK, integrasi nilai-nilai Kristiani, dan perhatian terhadap keragaman sosial-budaya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual yang berpusat pada Yesus secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual, motivasi, dan perkembangan moral siswa. Praktik utama meliputi penggunaan narasi kehidupan Yesus untuk menjelaskan prinsip-prinsip moral, simulasi dan peran-peran (role-play) untuk mengalami nilai-nilai Kristiani dalam situasi nyata, serta kegiatan berbasis proyek, seperti pelayanan masyarakat, untuk menerapkan nilai-nilai seperti empati, kasih, dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya diferensiasi metode pengajaran, fasilitasi diskusi lintas budaya, dan pemanfaatan media pembelajaran yang beragam untuk mengakomodasi keragaman sosial-budaya siswa. Strategi-strategi tersebut mendorong terciptanya lingkungan belajar yang inklusif, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan reflektif siswa, serta mendukung internalisasi nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini menuntut kompetensi pedagogik yang tinggi, kreativitas, dan kemampuan guru untuk beradaptasi dengan kebutuhan siswa yang beragam. Penelitian ini menegaskan implikasi praktis bagi pendidik PAK, dengan menekankan pembelajaran yang kontekstual, partisipatif, dan berbasis pengalaman sesuai teladan Yesus. Selain itu, penelitian ini membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang, studi komparatif lintas konteks sosial-budaya, serta pengembangan media dan alat pembelajaran digital. Secara keseluruhan, pembelajaran kontekstual berpusat pada Yesus merupakan strategi yang efektif dan transformatif untuk memperkaya PAK, sekaligus meningkatkan prestasi akademik dan pembentukan karakter holistik siswa.

References

Aritonang, E., Simamora, D. T., Gultom, R., Aritonang, O. T., & Simanjuntak, W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas V SD Negeri 173551 Laguboti Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 2(4), 67–83.

Haryanto, L., Arimatea, Y., Gurning, L., & Manalu, N. (2024). Implementation of Contextual Learning Strategies in Small Class Sunday Schools. Jurnal Impresi Indonesia, 3(8)

Ina, E. T., & Bune, M. K. N. (2025). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Dasar Pendidikan Agama Kristen Untuk Siswa Memperoleh Pendidikan Dalam Proses Belajar. Inculco Journal Of Christian Education, 5(2), 162-183.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

Hutagalung, T. L., Simatupang, H., Simamora, D. T., Waruwu, T., & Naibaho, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI SMK Negeri 2 Balige Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 2(4), 211–224.

Kurniawati, M. E. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kristiani. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 3(1)

Kolibu, D. R., & Stepanus, S. (–). Evaluating the Effectiveness of Contextual and Problem-Based Learning Approaches in the Pedagogical Practice of Christian Religious Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 17(1

Minggus. (2021). Pembelajaran Kontekstual di Masa Pandemi untuk Mengembangkan Spiritualitas Anak. PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 82–97.

Simbolon, Y. A., Taruli, D., Nainggolan, R., Widiastuti, M., & Raikhapoor, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2023/2024. Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 6(2)

Tanasyah, Y., & Putrawan, B. K. (2020). Pembelajaran Kontekstual dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen. Areopagus: Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 18(1)

Tonapa, D., Legi, R. E., Lumantow, A. I. S., Liud, Y. H., & Mailoor, A. J. A. (2025). Membangun karakter Kristiani melalui pendekatan kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Excelsior Pendidikan, 6(1), 14-28.

Widiono, G., & Padabang, Y. I. (2023). Implikasi Teori Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Digitalisasi 4.0. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 16–30.

Yedija, Y., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2023). Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Mengatasi Tantangan Sosial. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual dan Pelayanan Kristiani, 4(1)

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Sianturi, R. Y. S., & Panjaitan, P. A. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL YESUS UNTUK SISWA DENGAN LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA BERAGAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8530–8540. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53565

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.