PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENIGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ PADA KELAS 2 DI MADRASAH IBTIDAHIYAH BENDET KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG

Authors

  • Ila Nasichatul Khoir Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Waslah Waslah Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Saihul Atho A’laul Huda Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51089

Keywords:

Mind Mapping, Pemahaman Siswa, Strategi Pembelajaran, Visualisasi, Peningkatan Belajar

Abstract

Metode pembelajaran yang efektif memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu pendekatan yang inovatif adalah metode mind mapping, yaitu teknik visualisasi yang membantu siswa mengorganisasikan informasi secara terstruktur dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran serta dampaknya terhadap pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan melibatkan siswa dari berbagai jenjang pendidikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini disebabkan oleh kemampuan mind mapping dalam memfasilitasi hubungan antar konsep, mempermudah pengingat informasi, serta meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, metode ini dapat diimplementasikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

References

Khalijah, Wan Nur, Miftahul Jannah, Hafiz Zurahmah Rehan, Yohana Yohana, and Yohani Yohani, ‘Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis’, Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2.2 (2023), 267–78 https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Lestari, Isnania, ‘Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3.3 (2018), 231–39

Lutfi Indah Nurjihananingrum, Dzulfikar Rodafi, Dwi Fitri Wiyono, ‘Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Guna Meningkatkan MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 BLITAR’, Pendidikan Islam, 6.1 (2021), 1–12

Rachman, ‘Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pemerolehan Konsep Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran’, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2018, 9–26

Santi, varieta padma, and Dkk, ‘CONSILIUM Pengembangan Panduan Mind Mapping Untuk Meningkatkan’, Consilium, 5.June (2017), 98

Yuhana, Asep Nanang, and Fadlilah Aisah Aminy, ‘Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.1 (2019), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Khoir, I. N., Waslah, W., & Huda, S. A. A. (2025). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENIGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ PADA KELAS 2 DI MADRASAH IBTIDAHIYAH BENDET KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7737–7742. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51089

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.