FREKUENSI KUNJUNGAN KE COFFEE SHOP BERDASARKAN KARAKTERISTIK KONSUMEN DI KOTA JAMBI

Authors

  • Wiwin Alawiyah Universitas Batanghari Jambi
  • Zulkipli Effendi Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47711

Keywords:

Coffe Shop, Karakteristik Konsumen, Dan Frekuensi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui frekuensi kunjungan ke Coffe Shop berdasarkan  karakteristik  konsumen di Kota Jambi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode survey. Sampel penelitian ini diambil secara metode accidental sampling dimana pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Alat penelitian menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa usia, pendidikan, tempat tinggal, pekerjaan dan penghasilan secara bersama - sama berpengaruh terhadap kujungan. Secara parsial usia dan pendidikan berpengaruh terhadap kunjungan ke Coffee Shop. Dengan nilai R2 Sebesar 0,540, artinya variabel independen mempengaruhi varibel dependen sebesar 5,40%. Sedangkan secara parsial tempat tinggal, pekerjaan dan penghasilan tidak berpengaruh terhadap kunjungan ke Coffee Shop.

References

Abdul, J.A. (2016). Combining Price And Store Atmosphere To Make And Purchase Decisions In Dining Cafe. Internasional Journal Of Research In Marketing, 5(1).

Ali, F., Kim, W. G., Li, J. & Jeon, H. M. (2016). Make It Delightful: Customer’s Experience, Satisfaction And Loyalty In Malaysian Theme Parks. Journal Of Destination Marketing Management, 5(1), 1–11.

Ahass, Liliana. (2018) “Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Persepsi, Perilaku, Dan Preferensi Terhadap Minat Beli Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BNI Syariah KC Ungaran ).

Ani Irvani Yatuz Zahra dan Diah Setyawati Dewanti. (2023). Analisis Permintaan Objek Wisata Tebing Breksi Kabupaten Sleman dengan Pendekatan Individual Travel Cost Method. Journal of Environmental Economics and Sustainability. Vol. 1, No. 1

Amin, Z., Andry, Humaidi, E., Wahyuni, N., & Ningsih, V. Y. (2020). Consumers’ Perceptions And Willingness To Pay (Wtp) Organic Rice. Journal Of Critical Reviews, 7(1), 48–51.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kuncoro, Mudrajad. 2018. Metode Kuantitatif (Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi). 5th ed. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Komunitas 0741

Gujarati, N. D. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba

Musrifatul dan Agus (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Jarak Tempat Tinggal Dan Sikap Ibu Kepada Pelayanan Petugas Puskesmas Terhadap Frekuensi Kunjungan Ibu Ke Posyandu Di Kabupaten Lamongan. Jurnal Riset Farmasi (Jrf). Vol 3, Nomor 2.

Primadiana Yunita. (2021). Struktur Tata Kelola Global Value Chains Produk Kopi dalam Perdagangan Kopi Global: Studi Komparatif Kopi Indonesia dan Kopi Vietnam. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(5), 821–826.

Rini Hudiono (2022). Pengaruh Jenis Kelamin dan Usia terhadap Kecenderungan Berwisata Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Vol. 5 No. 2.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Tuhusna, Laila. (2015) “Budaya “Ngopi” Di Kedai Kopi Pada Masyarakat Aceh Di Kec. Banda Mulia Kab. Aceh Tamiang”. Undergraduate thesis, Unimed.

Winarno, W.G. 2010. Metode Pelitian Pendekatan Praktis. Yogyakarta .UGM

Mayasari, Siti Syuhada, & Zuhri Saputra Hutabarat. (2023). Ekonomi Internasional Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.

Pratiwi, H., Hutabarat, Z. S., Anggraini, N., & Zulfa, C. P. (2024). Analysis Of Purchasing Halal Certified Pempek Food Products In Muslim Consumer Preferences. 4(1), 1–3.

Pratiwi, H., Hutabarat, Z. S., Nabila, R., Hevinosa, A. D., & Mauli, C. (2024). Multidisciplinary Sciences and Arts Blue Economic Beacon : Red And White Leads The Way Through Niche Diplomacy International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts. International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts, 3(1), 344–351.

Rosmiati, Z. S. H. (2016). Hasil Belajar Akuntansi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Collaborative Learning Siswa Sma Kota JambI. 9(2), 1–23.

Zhafirah, & Ariesya. (2021). Analisis Faktor Karakteristik Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pemilihan Coffeee Shop. Prosiding Mebc 2021 Fakultas Bisnis Rewriting Business Strategies In The New Normal: Changing Crises To Opportunities. , 1–14.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Alawiyah, W., & Effendi, Z. (2025). FREKUENSI KUNJUNGAN KE COFFEE SHOP BERDASARKAN KARAKTERISTIK KONSUMEN DI KOTA JAMBI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6409–6420. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47711

Similar Articles

<< < 42 43 44 45 46 47 48 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.