PENINGKATAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI 060886 MEDAN BARU

Authors

  • Jogi Wiswani Harahap Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47431

Keywords:

Karakter Siswa, 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pembelajaran Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa kelas V SD Negeri 060886 Medan Baru dalam pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahapan persiapan, tindakan, observasi dan terfleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V. Data dikumpul melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program 7 kebiasaan anak Indonesia hebat dapat meingkatkan karakter siswa. Pada siklus pertama siswa masih belum sepenuhkan membiasakan nilai-nilai karakter di lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Melalui perbaikan di siklus kedua terlihat peningkatan pada seluruh aspek yang dimana 18 orang siswa dalam kategori baik.

References

Agustina, A & Ismanto, A. 2025. Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dirgantara. 2(1). 38-45.

Anam, K. (2019). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Perspektif Islam. Pendidikan PHBS dalam Perspektif Islam, 3(1), 67-78.

Damanik, E. D. T., & Ediyono, S. (2024). Pengaruh kebiasaan bangun pagi terhadap kesehatan mental mahasiswa di Indonesia. (October).

Fakhriyah, F, dkk. 2024. Karakteristik Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru. 5(1).

Gunawan, H. 2022. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta CV.

Khansa, A, M, Utami, I & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tanggerang 15. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1). 158-179.

Koleangan, G. M., Mawuntu, A. H. P., & Kembuan, M. A. H. M. (2019). Karakteristik dan kualitas hidup pasien penyakit Parkinson dengan probabel gangguan perilaku tidur fase gerak mata cepat di Manado. https://doi.org/10.35790/ecl.8.1.2020.27191.

Maulida, C, D. 20205. 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang Perlu Ditanamkan Sejak Dini. Halodoc. Diakses pada 21 Maret 2025 dari https://www.halodoc.com/artikel/7-kebiasaan-anak-indonesia-hebat-yang-perlu-ditanamkan-sejak-dini.

Magdalena, I, dkk. 2021. Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 3(2). 50-59.

Marianda, Leny. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman. 13(1). 116-152.

Milagsita, Anindya. 2025. Apa Saja 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Ini Penjelasan Lengkapnya. DetikJateng. Diakses Pada 20 Maret 2025 dari https://www.detik.com/jateng/berita/d-7733485/apa-saja-7-kebiasaan-anak-indonesia-hebat-ini-penjelasan-lengkapnya.

Misbahudholam, M. 2021. Memahami Karakteristik Peserta Didik. Jakarta Barat: TareBooks.

Novitasari, N., Redjeki, E. S., & Nasution, Z. (2018). Strategi membangun masyarakat gemar belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 267-270.

Nur Hasanah. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media 49 Permainan Kartu Bergambar pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 12 Pontianak Timur. SD Negeri 12 Pontianak Timur.

Omeri, N. 2015. Pentingnya Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana. 9(3). 464-468.

Ramadhani, J, dkk. 2020. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Bengkulu: LP2 IAIN Curup.

Ramli, N. 2020. Pendidikan Karakter. Soreang: IAIN Parpare Nusantara Press.

Rofi’ie, A, H. 2017. Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter. 1(1). 113-127.

Safitri, K. N., Irdhillah, S., Deskia, M., Naufaldy, M. F., Rahayu, R., Kusumawicitra, N., Triwanvi, S., Mulyana, A., & Mulyana, A. (2024). Pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar: Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44-56. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2108.

Salim, A, dkk. 2022. Dasar-dasar Pendidikan Karakter. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sapulette, M, S & Wardana, A. 2016. Peningkatan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Ambon Melalui Pembelajaran PPKn Dengan Media Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan IPS. 3(2). 150-165.

Sinulingga, N. N. 2016. Membangun karakter sehat dan berakhlak mulia melalui 7 kebiasaan anak Indonesia hebat. Jurnal Tarbiyatuna, 9, 1-23.

Suwardani, N, P. 2020. Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermanfaat. Bali: UNHI Press.

Tanaka, A, dkk. 2023. Konsep dan Model Pembelajaran Karakter. Lombok Tengah: Yayasan Hamjah Diha.

Ummami, F. 2019. Penggunaan Media Audio Visual Dengan LCS Dalam Meningkatkn Karakter Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran PKN di MIN 9 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa. 2025. Peran Orang Tua dalam Mendukung 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Diakases pada 22 Maret 2025 dari https://www.ybkb.or.id/peran-orang-tua-dalam-mendukung-7-kebiasaan-anak-indonesia-hebat/.

Yuliana, Y., Susari, H. D., & Anwar, R. N. 2022. Upaya penumbuhan perilaku toleransi pada anak usia dini di lembaga PAUD. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 866-874.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Harahap, J. W. (2025). PENINGKATAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI 060886 MEDAN BARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5989–5997. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47431

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.