PERENCANAAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS SMP ATLANTIS PLUS DEPOK)

Authors

  • Rina Marlia Universitas Indraprasta PGRI
  • Rais Hidayat Universitas Pakuan
  • Rini Sriyanti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45162

Keywords:

Manajemen Strategik, Manajemen Operasional, Kualitas Pendidikan, Sinergi Manajemen

Abstract

Penelitian ini menganalisis perencanaan manajemen strategik dan operasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Atlantis Plus Depok. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan data berasal dari literatur terkait manajemen strategik, operasional, dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik, melalui visi, misi, dan strategi berbasis data, memberikan arah untuk mencapai tujuan jangka panjang. Di sisi lain, manajemen operasional mendukung implementasi strategi melalui pengelolaan aktivitas harian yang efisien, seperti pengelolaan jadwal, fasilitas, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Sinergi antara kedua pendekatan ini meningkatkan mutu pendidikan, kepuasan stakeholder, dan daya saing sekolah. Tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan persaingan ketat dapat diatasi dengan inovasi, pengembangan sumber daya manusia, dan kolaborasi eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan terpadu ini efektif dalam menjaga keberlanjutan kualitas pendidikan dan relevan diterapkan pada institusi pendidikan lain.

References

Arifin, Z., & Firmansyah, R. (2020a). Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. TADARUS, 9(2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758

Arifin, Z., & Firmansyah, R. (2020b). Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. TADARUS, 9(2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758

Bambang Warsita, B. W. (2014). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91

Emawati, E. (2023). Creative Strategies of Islamic Religious Education’s Management Learning in Junior High School Post Covid. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 19(1), 43–58. https://doi.org/10.20414/jpk.v19i1.7341

Habib, M. I., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Gunung Amuk Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 204–207. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.450

Hakim, L., & Pitoyo, P. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Informasi Politik Peserta Didik terhadap Hasil Belajar PPKn di SMAN 6 Kabupaten Tangerang. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 995–1004. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1197

Heryani, R. D., & Kumala, I. (2020). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA SELATAN. Research and Development Journal of Education, 6(2), 24. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5899

Hutami, E. R. (2021). KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA SD, GURU, DAN ORANGTUA. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706

Ibrohim, B. (2018). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: STRATEGI ALTERNATIF DALAM PERSAINGAN MUTU. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 57. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.836

Kartikasari, L. P., Sari, A. N., Sandra, M., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring di SD Nasional Plus BPK PENABUR Bogor. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7255

Kusumalita, G. N., & Satrya, I. G. B. H. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI KONTRAK. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7), 4704. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i07.p25

Loca Prasista Noer, C., Kristiawan, M., & Puspita, Y. (2022). Strategi SMP Negeri 12 Palembang dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14046–14058. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.5033

Lutfi, A. S., Sulistyorini, & Chotimah, C. (2023). ANALISIS STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. SKILLS : Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 22–36. https://doi.org/10.47498/skills.v2i1.1517

M, U., Jumiati, J., & Julianti, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5859

Nugroho, W., Setiawan, A., & Romadhoni, B. N. (2021). Optimalisasi Blended Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.64

Nur, A. W., Hidayat, M., & Rahman, N. (2021). Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Kepulauan Selayar. Nobel Management Review, 2(3), 471–482. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i3.2394

Nursyahidin, R., Rohman, A., & Febriyanti, N. (2021). Learning Innovation of Islamic Education in Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 145–166. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-08

Pardamean, B., Suparyanto, T., Anugrahana, A., Anugraheni, I., & Sudigyo, D. (2022). Implementasi Team-Based Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Artificial Intelligence. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p118-126

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN TANTANGANNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(2), 800–807. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Rahadian, C. G. B. S., & Suwandana, I. G. M. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KOMUNIKASI, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI KONTRAK. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3590. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p11

Rokhmat, J., Muhaimi, L., Muntari, M., Harsanah, H., & Hikmah, R. L. (2022). Strategi Kepala Sekolah untuk Pengembangan OCB Guru dan Pegawai di SMKN 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1732–1744. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.865

Saelan, M. R. R., Sahputra, D. A., Widiastuti, W., & Gata, W. (2020). Komparasi Algoritma Klasifikasi untuk Prediksi Minat Sekolah Tinggi Pelajar pada Students Alcohol Consumption. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(2), 120–129. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.236

Satriyo Pamungkas, & Nur Agustiningsih. (2017). PERANAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 1(1), 80. https://doi.org/10.33087/istoria.v1i1.6

Setiawan, R., & Nurjaman, R. (2015). Perancangan Sistem Informasi Keuangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 18 Garut. Jurnal Algoritma, 14(2), 228–234. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.228

Syafaruddin, S., Mesiono, M., & Asnawati, A. (2021). QUALITY IMPROVEMENT MANAGEMENT LEARNING AT IT JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP IT) AL KAFFAH BINJAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 501. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1465

Wardani, W. S. (2020). Using Google Classroom to Increase Student Motivation in a Pandemic Period. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 256. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45842

Wisman, Y. (2022). IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PALANGKARAYA. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(2), 25–34. https://doi.org/10.37304/jikt.v13i2.160

Yaqin, M. A. (2015). SISTEM INFORMASI SARANA DAN PRASARANA SESUAI STANDAR BAN-PT TERINTEGRASI SISFOKAMPUS 4.1. MATICS, 7(1), 17. https://doi.org/10.18860/mat.v7i1.2872

Zulfikar, A. R., & Mirfani, A. M. (2020). The Effectiveness of Information Technology-Based Management Information Systems in Junior High Schools. Proceedings of the 3rd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.207

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Marlia, R., Hidayat, R., & Sriyanti, R. (2025). PERENCANAAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS SMP ATLANTIS PLUS DEPOK) . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4813–4820. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45162

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.