PERENCANAAN MANAJEMEN STRATEGIK DAN MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS SMP ATLANTIS PLUS DEPOK)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45162Keywords:
Manajemen Strategik, Manajemen Operasional, Kualitas Pendidikan, Sinergi ManajemenAbstract
Penelitian ini menganalisis perencanaan manajemen strategik dan operasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Atlantis Plus Depok. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan data berasal dari literatur terkait manajemen strategik, operasional, dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik, melalui visi, misi, dan strategi berbasis data, memberikan arah untuk mencapai tujuan jangka panjang. Di sisi lain, manajemen operasional mendukung implementasi strategi melalui pengelolaan aktivitas harian yang efisien, seperti pengelolaan jadwal, fasilitas, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Sinergi antara kedua pendekatan ini meningkatkan mutu pendidikan, kepuasan stakeholder, dan daya saing sekolah. Tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan persaingan ketat dapat diatasi dengan inovasi, pengembangan sumber daya manusia, dan kolaborasi eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan terpadu ini efektif dalam menjaga keberlanjutan kualitas pendidikan dan relevan diterapkan pada institusi pendidikan lain.References
Arifin, Z., & Firmansyah, R. (2020a). Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. TADARUS, 9(2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758
Arifin, Z., & Firmansyah, R. (2020b). Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. TADARUS, 9(2). https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758
Bambang Warsita, B. W. (2014). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91
Emawati, E. (2023). Creative Strategies of Islamic Religious Education’s Management Learning in Junior High School Post Covid. JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 19(1), 43–58. https://doi.org/10.20414/jpk.v19i1.7341
Habib, M. I., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Gunung Amuk Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 204–207. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.450
Hakim, L., & Pitoyo, P. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Informasi Politik Peserta Didik terhadap Hasil Belajar PPKn di SMAN 6 Kabupaten Tangerang. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 995–1004. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1197
Heryani, R. D., & Kumala, I. (2020). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA SELATAN. Research and Development Journal of Education, 6(2), 24. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5899
Hutami, E. R. (2021). KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA SD, GURU, DAN ORANGTUA. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706
Ibrohim, B. (2018). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: STRATEGI ALTERNATIF DALAM PERSAINGAN MUTU. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 57. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.836
Kartikasari, L. P., Sari, A. N., Sandra, M., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring di SD Nasional Plus BPK PENABUR Bogor. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7255
Kusumalita, G. N., & Satrya, I. G. B. H. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI KONTRAK. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7), 4704. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i07.p25
Loca Prasista Noer, C., Kristiawan, M., & Puspita, Y. (2022). Strategi SMP Negeri 12 Palembang dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14046–14058. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.5033
Lutfi, A. S., Sulistyorini, & Chotimah, C. (2023). ANALISIS STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. SKILLS : Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, 22–36. https://doi.org/10.47498/skills.v2i1.1517
M, U., Jumiati, J., & Julianti, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5859
Nugroho, W., Setiawan, A., & Romadhoni, B. N. (2021). Optimalisasi Blended Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.64
Nur, A. W., Hidayat, M., & Rahman, N. (2021). Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Kepulauan Selayar. Nobel Management Review, 2(3), 471–482. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i3.2394
Nursyahidin, R., Rohman, A., & Febriyanti, N. (2021). Learning Innovation of Islamic Education in Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 145–166. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.181-08
Pardamean, B., Suparyanto, T., Anugrahana, A., Anugraheni, I., & Sudigyo, D. (2022). Implementasi Team-Based Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Artificial Intelligence. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p118-126
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN TANTANGANNYA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(2), 800–807. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329
Rahadian, C. G. B. S., & Suwandana, I. G. M. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KOMUNIKASI, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI KONTRAK. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3590. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p11
Rokhmat, J., Muhaimi, L., Muntari, M., Harsanah, H., & Hikmah, R. L. (2022). Strategi Kepala Sekolah untuk Pengembangan OCB Guru dan Pegawai di SMKN 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1732–1744. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.865
Saelan, M. R. R., Sahputra, D. A., Widiastuti, W., & Gata, W. (2020). Komparasi Algoritma Klasifikasi untuk Prediksi Minat Sekolah Tinggi Pelajar pada Students Alcohol Consumption. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(2), 120–129. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.236
Satriyo Pamungkas, & Nur Agustiningsih. (2017). PERANAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 1(1), 80. https://doi.org/10.33087/istoria.v1i1.6
Setiawan, R., & Nurjaman, R. (2015). Perancangan Sistem Informasi Keuangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 18 Garut. Jurnal Algoritma, 14(2), 228–234. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.228
Syafaruddin, S., Mesiono, M., & Asnawati, A. (2021). QUALITY IMPROVEMENT MANAGEMENT LEARNING AT IT JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP IT) AL KAFFAH BINJAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 501. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1465
Wardani, W. S. (2020). Using Google Classroom to Increase Student Motivation in a Pandemic Period. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 256. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45842
Wisman, Y. (2022). IMPLEMENTASI KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PALANGKARAYA. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(2), 25–34. https://doi.org/10.37304/jikt.v13i2.160
Yaqin, M. A. (2015). SISTEM INFORMASI SARANA DAN PRASARANA SESUAI STANDAR BAN-PT TERINTEGRASI SISFOKAMPUS 4.1. MATICS, 7(1), 17. https://doi.org/10.18860/mat.v7i1.2872
Zulfikar, A. R., & Mirfani, A. M. (2020). The Effectiveness of Information Technology-Based Management Information Systems in Junior High Schools. Proceedings of the 3rd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rina Marlia, Rais Hidayat, Rini Sriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




