UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK N 2 KUDUS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SYMBOLIC

Authors

  • Mila Febri Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Edris Zamroni Universitas Muria Kudus
  • Riau Marini SMK Negeri 2 Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44585

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas X SAMPAI 4 SMK N 2 Kudus setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik symbolic modeling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam konseling dengan subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X SAMPAI 4 SMK N 2 Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri dan pedoman observasi. Layanan konseling kelompok dilaksanakan dalam dua siklus, yang terbagi dalam tiga kali pertemuan untuk Siklus I dan tiga kali pertemuan untuk Siklus II. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Belajar

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.

Deswarni, D. (2017). The Use of Skit Technique to Increase Students’ Self-Confidence in Speaking. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 9 (2), 93-118

El-Daw, B., & Hammound, H. (2015). The Effect of Building Up Self-esteem Training on Student’s Social and Academic Skills 2014. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 190, 146-155. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.04.929

Fatayati, D. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 3 Ngrambe. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Fong, K. N. (2018). The Role of Counseling in Enhancing Vocational Skills and Self-Confidence in Technical Education. Journal of Vocational Education and Training, 70(4), 557-578.

Greenacre, L., Tung, N. M., & Chapman, T. (2014). Self Confidence, and The Ability to influence. Academy of Marketing Studies Journal, 18(2), 169-180.

Harsono, E., & Wibowo, P. (2021). Integrating Modeling Symbolic Techniques in Vocational Education Counseling. Journal of Guidance and Career Development, 13(1), 39-51.

Lestari, Larasati, R., & Astuti, L.P (2017) Peningkatan Percaya Diri Siswa Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok melalui Pendekatan Person Centered. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1 (1), 238-248.

Macgowan, M. J., & Wong, S.E. (2017). Improving Student Confidence in Using Group Work Standarts. Research on Social Work Practice, 27(4), 434-440. https://doi.org/10.1177/1049731515587557

Mastuti, I. (2008). 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: Hi-Fest Publishing.

Nugroho, W. (2019). Modeling Technique in Group Counseling for Improving Student Self-Confidence: A Study on High School Students. Journal of Counseling and Guidance, 5(2), 88-98.

Prayitno, 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok Yang Berhasil. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahayuningdyah, (2016). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2). Retrieved from http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/JIEP/article/view/155

Rollo, L. J. (2013) Shining From Within: The Effect of Group Counseling on the Self-esteem od Students in Individualized Education Programs. The College at Brockport: State University of New York. Retrieved from http://digitalcommons.brockport.edu/edc_theses/143

Rosidi, R.,Sutoyo, A.,& Purwanto, E. (2018). Effectiveness of Reality Therapy Group Counseling to Increase The Self-Esteem of Students. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 12-16. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/21582

Sanjaya, W (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Silviana, S., Rahmawati, S., & Wahyuni, R. (2020). The Role of Group Counseling in Developing Self-Esteem and Communication Skills in High School Students. International Journal of Education, 12(3), 145-158.

Townsend, E.(2013). The Effectiveness of Group Counseling on The Self-Esteem of Adolensenct Girls. The College at Brockport: State University of New York. Retrieved from http://digitalcommons.brockport.edu/edc_theses/142

Twindayaningrum, N. (2016). Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa di SMA Piri 1 Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Tanuwijaya, S., & Hartono, M. (2021). The Effectiveness of Symbolic Modeling in Building Positive Student Behavior. Journal of Educational Psychology, 10(4), 234-247.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Pratiwi, M. F., Zamroni, E., & Marini, R. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK N 2 KUDUS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SYMBOLIC. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4294–4300. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44585

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.