MOTIF PENGUNJUNG DAN POLA PERILAKU KOMUNIKASI DI KAFE KOPIRIA JL. KARTINI SAMARINDA

Authors

  • Fahryan Juniarto Universitas Mulawarman
  • Silviana Purwanti Universitas Mulawarman
  • Kezia Arum Sary Universitas Mulawarman
  • Kadek Dristiana Dwivayani Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43193

Keywords:

Motif Pengunjung, Perilaku Komunikasi, Interaksi Simbolik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dari alasan mengapa para pengunjung di Kafe Kopiria jalan Kartini, ingin mengunjungi kafe tersebut, dan bagaimanakah pola perilaku komunikasi yang terjadi pada pengunjung di kafe Kopiria jalan Kartini Samarinda, serta mencari tahu apakah terdapat maksud atau tujuan dari interaksi simbolik pengunjung kepada Kafe Kopiria jalan kaertini Samarinda. Keberadaan warung kopi yang terus berkembang dan diminati masyarakat Samarinda telah menjadi tempat bersosialisasi dalam melakukan rutinitas keseharian dengan latar belakang penggunaan yang beragam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dengan jenis studi lapangan. Menggunakan pendekatan fenomenologi dan pengamatan langsung,  sebagai arah penunjang pada saat melakukan pengumupulan data. Teknik Pengumpulan data menggunakan tekinik observasi, wawancara, dokumentasi, yang dianalisis menjadi sebuah data agar dapat menentukan hasil dari penelitian skripsi ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa interaksi yang terjadi di Kopiria Kartini terbentuk melalui proses interaksi antarindividu dan antarkelompok dengan menggunakan simbol-simbol yang dipahami maknanya melalui proses komunikasi. Hasil penelitian ini juga dapat ditemukan pola komunikasi yang terjalin, baik antar sesama pengunjung dan antara pengunjung dan karyawan atau barista Kopiria. Interaksi antar pengunjung dan karyawan di Kopiria ini adalah interaksi simbolic yang terdiri dari tiga konsep, antara lain ; mind konsep, self concep dan society concep. Semua konsep tersebut saling keterkaitan dan saling berkesinambungan.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak Ayos, P. (2014). Menyelami Budaya Ngopi Gresikan. Intisari.Grid.I ttps://intisari.grid.id/read/0332687/menyelami-budaya-ngopi- gresikan?page=all

Book Review Muhamad Adji (2011) : Memahami Budaya Populer. Firsyawardhana, Muhamad Reznu. MOTIF PENGUNJUNG DAN PERILAKU

KOMUNIKASI DI KEDAI KOPI (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pengunjung Kedai Kopi Bertopi Solo). Solo : Universitas Sebelas Maret. (2019).

Hafied Cangara 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Jurnal Analisa Sosiologi, Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat di Kedai Kopi Starbuck Mall Artha Gading. Vol. 2, No. 2, November 2022, Hal : 1-10.

Jurnal, Erwiza Erman (2014) : Dinamika Komunitas Warung Kopi dan Politik Resistensi di Pulau Belitung.

Journal of Integrative International Relations, Hamzah Fansuri 3:2 (2017) 33-51 :Konsumerisme dan Hegemoni Barat terhadap Masyarakat Negara Berkembang: Perspektif Antonio Gramsci. Jurnal Sosiologi USK KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIFJEAN BAUDRILLARD Indra Setia Bakti, Nirzalin, Alwi. (2019)

Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. NGOPI: MEMAKNAI AKTIVITAS MINUM KOPI DALAM KONTEKS BUDAYA POPULER. Michael Bernhard Djami, (2020).

Morissan. 2015. Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Prenada Media.

Oktaviani, Keke. 2018. NGOPI SEBAGAI GAYA HIDUP ANAK MUDA Studi :Pada Pelanggan Coffeeshop “Ruang Kopi” Di Kota Bogor. Jakarta : Skripsi FISIP UNJ Sosiologi.

Notoatmojo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipt, 2003.

Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang Solikatun, Drajat Tri Kartono, Argyo Demartoto. 2015, 4 (1) : 60 –74.

Sugiyino 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA, cv.Pawito. 2018. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS.

Sosrowidjojo, Melati. 2010. Sensasi Kesenangan Pada Pelanggan Kedai Kopi Tak Kie Dan Bakoel Coffee. Depok : Tesis FISIP UI Sosiologi. Sumber Internet dan Artikel http://www.kopiluwaknusantara.com/sejarah-kopi- dan-penyebarannya-ke-selur

Zulian, Yuliansyah 2017. “Motivasi remaja

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Juniarto, F., Purwanti, S., Sary, K. A., & Dwivayani, K. D. (2024). MOTIF PENGUNJUNG DAN POLA PERILAKU KOMUNIKASI DI KAFE KOPIRIA JL. KARTINI SAMARINDA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19254–19263. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43193

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)