MOTIF PENGUNJUNG DAN POLA PERILAKU KOMUNIKASI DI KAFE KOPIRIA JL. KARTINI SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43193Keywords:
Motif Pengunjung, Perilaku Komunikasi, Interaksi SimbolikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dari alasan mengapa para pengunjung di Kafe Kopiria jalan Kartini, ingin mengunjungi kafe tersebut, dan bagaimanakah pola perilaku komunikasi yang terjadi pada pengunjung di kafe Kopiria jalan Kartini Samarinda, serta mencari tahu apakah terdapat maksud atau tujuan dari interaksi simbolik pengunjung kepada Kafe Kopiria jalan kaertini Samarinda. Keberadaan warung kopi yang terus berkembang dan diminati masyarakat Samarinda telah menjadi tempat bersosialisasi dalam melakukan rutinitas keseharian dengan latar belakang penggunaan yang beragam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dengan jenis studi lapangan. Menggunakan pendekatan fenomenologi dan pengamatan langsung, sebagai arah penunjang pada saat melakukan pengumupulan data. Teknik Pengumpulan data menggunakan tekinik observasi, wawancara, dokumentasi, yang dianalisis menjadi sebuah data agar dapat menentukan hasil dari penelitian skripsi ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa interaksi yang terjadi di Kopiria Kartini terbentuk melalui proses interaksi antarindividu dan antarkelompok dengan menggunakan simbol-simbol yang dipahami maknanya melalui proses komunikasi. Hasil penelitian ini juga dapat ditemukan pola komunikasi yang terjalin, baik antar sesama pengunjung dan antara pengunjung dan karyawan atau barista Kopiria. Interaksi antar pengunjung dan karyawan di Kopiria ini adalah interaksi simbolic yang terdiri dari tiga konsep, antara lain ; mind konsep, self concep dan society concep. Semua konsep tersebut saling keterkaitan dan saling berkesinambungan.References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak Ayos, P. (2014). Menyelami Budaya Ngopi Gresikan. Intisari.Grid.I ttps://intisari.grid.id/read/0332687/menyelami-budaya-ngopi- gresikan?page=all
Book Review Muhamad Adji (2011) : Memahami Budaya Populer. Firsyawardhana, Muhamad Reznu. MOTIF PENGUNJUNG DAN PERILAKU
KOMUNIKASI DI KEDAI KOPI (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pengunjung Kedai Kopi Bertopi Solo). Solo : Universitas Sebelas Maret. (2019).
Hafied Cangara 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Jurnal Analisa Sosiologi, Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat di Kedai Kopi Starbuck Mall Artha Gading. Vol. 2, No. 2, November 2022, Hal : 1-10.
Jurnal, Erwiza Erman (2014) : Dinamika Komunitas Warung Kopi dan Politik Resistensi di Pulau Belitung.
Journal of Integrative International Relations, Hamzah Fansuri 3:2 (2017) 33-51 :Konsumerisme dan Hegemoni Barat terhadap Masyarakat Negara Berkembang: Perspektif Antonio Gramsci. Jurnal Sosiologi USK KONSUMERISME DALAM PERSPEKTIFJEAN BAUDRILLARD Indra Setia Bakti, Nirzalin, Alwi. (2019)
Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. NGOPI: MEMAKNAI AKTIVITAS MINUM KOPI DALAM KONTEKS BUDAYA POPULER. Michael Bernhard Djami, (2020).
Morissan. 2015. Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Prenada Media.
Oktaviani, Keke. 2018. NGOPI SEBAGAI GAYA HIDUP ANAK MUDA Studi :Pada Pelanggan Coffeeshop “Ruang Kopi” Di Kota Bogor. Jakarta : Skripsi FISIP UNJ Sosiologi.
Notoatmojo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipt, 2003.
Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang Solikatun, Drajat Tri Kartono, Argyo Demartoto. 2015, 4 (1) : 60 –74.
Sugiyino 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA, cv.Pawito. 2018. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS.
Sosrowidjojo, Melati. 2010. Sensasi Kesenangan Pada Pelanggan Kedai Kopi Tak Kie Dan Bakoel Coffee. Depok : Tesis FISIP UI Sosiologi. Sumber Internet dan Artikel http://www.kopiluwaknusantara.com/sejarah-kopi- dan-penyebarannya-ke-selur
Zulian, Yuliansyah 2017. “Motivasi remaja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahryan Juniarto, Silviana Purwanti, Kezia Arum Sary, Kadek Dristiana Dwivayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.