EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMEN INERSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTACANE

Authors

  • Fitri Handayani Universitas Gunung Leuser

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39145

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI pada materi momen inersia di SMA Negeri 1 Kutacane. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kutacane.Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI1 (sebagai kelas kontrol) dan kelas XI2 (sebagai kelas eksperimen) yang masing-masing berjumlah 28 orang yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 25,50 dan kelas kontrol adalah 24,25. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata di kelas eksperimen adalah 65,30 dan kelas kontrol adalah 56,50. Hasil pengujian dengan uji t pada taraf signifikansi () = 0,01  diperoleh thitung =  2,26 dan ttabel = 2,36, sehingga thitung > ttabel (2,26 >2,36) maka H diterima, dengan demikian  diperoleh bahwa ada efektivitas menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momen inersia di SMA Negeri 1 Kutacane.

References

Arends, R. I. (2008). Learning To Teach Edisi Ketujuh. Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Penerbit

Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Penerbut Rineka Cipta, Jakarta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajara., Penerbit Erlangga, Bandung.

Gora, W dan Sunarto. (2009). PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasisi TI., Penerbit Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Hosnan. (2014). Perdekatan Sainstifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Kanginan, M. (2007). Fisika untuk SMA Kelas X. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Longman, A. W. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Agung Prihantoro, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Darmawan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran problem Solving Terhadap Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahaguandre Maniamolo Tahun Pembelajaran pada Materi Enegergi dan Daya Listrik

Deswita, Syahrial Ayub, Aris Doyan (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Dinamika Rotasi,

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Penerbit Purtaka Belajar, Yogyakarta.

Sadirman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.

Subagya, H ., Agus T. (2007). Sains Fisika 1 SMA/MA Kelas X. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Penerbi Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Handayani, F. . (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMEN INERSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTACANE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17683–17689. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39145

Similar Articles

<< < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.