PENGAJARAN MATERI AHWALUL SYAHSYIYYAH SEBAGAI SARANA EDUKASI HUKUM ISLAM BAGI SISWA TINGKAT MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36778Keywords:
Materi Ahwalul Syahsyiyyah, Edukasi Hukum Islam, SiswaAbstract
Pengajaran materi Ahwalul Syahsyiyyah di Madrasah Aliyah berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Hukum Islam, terutama dalam aspek hukum keluarga. Penggunaan metode pengajaran yang interaktif seperti studi kasus, diskusi kelompok, dan simulasi peradilan terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang mendalam dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research atau studi pustaka. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah artikel jurnal ilmiah dan laporan hasil penelitian yang relevan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Efektivitas pengajaran materi ahwalul syahsyiyyah dalam meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Aliyah tentang hukum Islam bahwa pengajaran materi Ahwalul Syahsyiyyah efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Aliyah tentang Hukum Islam, terutama dalam konsep-konsep dasar seperti pernikahan, perceraian, dan warisan. Siswa lebih memahami hukum keluarga Islam secara teoritis dan praktis. 2). Metode pengajaran materi ahwalul syahsyiyyah dalam meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Aliyah tentang hukum Islam adalah metode studi kasus, diskusi kelompok, dan simulasi peradilan terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Metode-metode ini membantu siswa mengaitkan teori dengan situasi nyata, memperdalam pemahaman mereka tentang hukum keluarga Islam. 3). Dampak pengajaran materi ahwalul syahsyiyyah dalam meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Aliyah tentang hukum Islam adalah bahwa berdampak positif pada kesadaran hukum siswa, memperkuat nilai-nilai Islam dalam kehidupan mereka. Siswa menjadi lebih memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam menjalankan hukum Islam di kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat.References
Abinnashih, I. (2023). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 543-549. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4451
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. (2023). Adaptasi Dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(1), 386-393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583
Alkatiri, R. (2022). Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Bahasa Dengan Menggunakan Metode Simulasi Di MAN 1 Model Manado. Journal of Islamic Education The Teacher of Civilization, 3(2). https://doi.org/10.30984/jpai.v3i2.2077
Anggaira, A., Suhono, S., Sari, Y., Aryanti, N., & Putra, A. (2022). Interactive English Teaching Materials Based On Digital Literacy Of Millennial Muslims. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14(4), 5969-5978. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2156
Bali, M., & Aisyah, S. (2023). Konstruksi Karakter Disiplin Siswa Melalui Kelas Unggulan Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(2), 688-694. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627
Darmawan, A. (2023). Pola Prediksi Kelulusan Siswa Madrasah Aliyah Swasta Dengan Support Vector Machine Dan Random Forest. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 387-400. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12388
Fatimah, D. (2023). Metode Pengajaran Menurut Ibnu Sina: Studi Analisis Literatur. Al-Irsyad, 13(2), 160. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18219
Iqbaltullah, I., Sofyan, M., & Az-Zahra, S. (2021). Meninjau Manajemen Pendidikan Islam Secara Deskriptif Guna Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1353-1364. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.262
Lubis, S. (2023). Inovasi Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MAN 4 Persiapan Kota Medan. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 105-129. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.213
Madhakomala, R., Ramadhan, M., Fourdiana, R., & Pariz, Q. (2022). Pendekatan Transdisiplinaritas IPTEK, Agama, Dan Paradigma Baru Dalam Pedagogik. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5091-5097. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3050
Maulidah, N. (2023). Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Sosiologi. Dinamika Sosial Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 234-240. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i2.2612
Mustafida, F. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 173-185. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191
Nasruddin, N. (2023). Development Of Assessment Media Using Wondershare Quiz Creator For Evaluation Effectiveness For Teachers In Dompu Regency. Jurnal Pendidikan IPS, 13(2), 334-340. https://doi.org/10.37630/jpi.v13i2.1398
Parnata, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika Berdasarkan Kemampuan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Menengah Pertama. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19986
Purwati, S. (2022). Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Siswa SMPN 1 Kedungpring Lamongan. Asanka Journal of Social Science And Education, 3(2). https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.4946
Rosa, A. (2023). Implementasi Program Master Class Day Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di MI Al Lathif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6030-6036. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2490
Sapriadi, S., Arhan, H., Alauddin, A., & Zihrana, S. (2022). Sistematika Hukum Islam Di Indonesia. Jurnal Al-Ahkam Jurnal Hukum Pidana Islam, 4(2), 150-159. https://doi.org/10.47435/al-ahkam.v4i2.1216
Siskandar, S. (2016). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah. Cendekia Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 117. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i2.134
Sukenti, D., Tambak, S., & Siregar, E. (2021). Learning Assessment For Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial And Emotional Intelligence. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 13(1), 725-740. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.552
Sulaeman, D., Yusuf, R., Damayanti, W., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Media Peraga Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 71-77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035
Suroto, S. (2020). Implementasi Perencanaan Manajemen Lembaga Di Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin Dan Madrasah Aliyah Al-Huda Al-Ilahiyah Indragiri Hilir. Idarotuna, 2(2). https://doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2.10737
Susanti, N., & Murniyetti, M. (2021). Strategi Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Mengajarkan Materi Fiqih Yang Bersifat Khilafiyah. An-Nuha, 1(2), 17-22. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.25
Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125
Tambak, S. (2015). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1-20. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444
Tambak, S., & Sukenti, D. (2020). Strengthening Islamic Behavior And Islamic Psychosocial In Developing Professional Madrasah Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 65-78. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.26001
Taufik, O. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Madrasah Unggulan. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), 168-182. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1296
Wijaya, D. (2023). Digital Book Kajian Ilmu Fiqh Al-’Adah Muhakkamah Berbasis Android. Jekin - Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 8-24. https://doi.org/10.58794/jekin.v3i1.484
Zulfatmi, Z. (2023). Learning The Values Of Religious Moderation In Madrasah Aliyah: Model Analysis. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 551. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.1006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Ansori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.