PENGARUH KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DANA PADA KARYAWAN DI PT. DUO NADENGGAN LESTARI MEDAN

Authors

  • Adhi Surya Harahap Politeknik Negeri Medan
  • Hartono Ginting Politeknik Negeri Medan
  • Jasa Ginting Politeknik Negeri Medan
  • Cahyoginarti Cahyoginarti Politeknik Negeri Medan
  • Mardelia Desfrida Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35820

Keywords:

Trust, Benefits, Convenience, Interest in Use

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Dana Pada Karyawan PT Duo Nadenggan Lestari Medan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dari kepercayaan, manfaat, dan kemudahan pada mahaiswa program studi keuangan dan perbankan yang menggunakan aplikasi Dana. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi liner berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah karaywan yang menggunakan Aplikasi Dana pada PT Duo Nadenggan Lestari Medan.Variabel bebas dari penelitian ini adalah Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan. Dan variabel terikat pada penelitian ini adalah Minat Penggunaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada karyawan PT Duo Nadenggan Lestari Medan. dengan metode simple random sampling.

References

Adiyanti, Ika Arsita, M. Pudjihardjo. 2015. Pengaruh Pendapatan Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1590

Afif Ibnu Hasibuan (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman E-Money dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Masyarakat Pemilik OVO di Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Almuntaha, Eska. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadopsian Teknologi Internet Banking oleh Nasabah di Yogyakarta, Skripsi FE UII.

Amos Neolaka. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung . Remaja Rosdakarya.

Andryanto, Reza. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/41480/1/RezaAndryanto_12808144073.pdf

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta

Diani, Ulva Elvina, Yudisiani, Eka Vuspa Sari. 2020. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai E-Money Terhadap Pelaku Pengguna Aplikasi Dana (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 4(2), 40-47.

Faizun Muhammad Ulurrosyad, Tudo Prabowo Jayanto (2020). Faktor-faktor Dalam Menggunakan E-Money (Gopay) Pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Hidayati, S. 2006. Operasional E-Money. Bank Indonesia

Jogiyanto, H.M. 2007. Metode Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman.Yogyakarta: BPFE.

Nurhaliza, Siti Lathifah (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko

Pavlou, P aul A., 2001. Consumer Int ention to Adopt E lect ronic Commerce Incorporat ing Trust and Risk in the Technology Acceptance Model.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung ALFABETA CV

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung ALFABETA CV

Syafii , A. and Widijoko, G. 2015. Determinan Minat Individu Menggunakan uang Elektronik. Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya . https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2014

Wahidmurni, Dr., M.Pd (2017) Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Journal review.

Veithal Rivai, dkk. 2001, Bank and Financial Institution Management, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/203000626/ini-5-dompet-digital-yang-paling-banyak-dipakai-warga-ri-siapa-juaranya-?page=all

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Harahap, A. S. ., Ginting, H. ., Ginting, J. ., Cahyoginarti, C., & Desfrida, M. . (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DANA PADA KARYAWAN DI PT. DUO NADENGGAN LESTARI MEDAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14694–14702. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35820