PENGARUH KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DANA PADA KARYAWAN DI PT. DUO NADENGGAN LESTARI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35820Keywords:
Trust, Benefits, Convenience, Interest in UseAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Dana Pada Karyawan PT Duo Nadenggan Lestari Medan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh dari kepercayaan, manfaat, dan kemudahan pada mahaiswa program studi keuangan dan perbankan yang menggunakan aplikasi Dana. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi liner berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah karaywan yang menggunakan Aplikasi Dana pada PT Duo Nadenggan Lestari Medan.Variabel bebas dari penelitian ini adalah Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan. Dan variabel terikat pada penelitian ini adalah Minat Penggunaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada karyawan PT Duo Nadenggan Lestari Medan. dengan metode simple random sampling.References
Adiyanti, Ika Arsita, M. Pudjihardjo. 2015. Pengaruh Pendapatan Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1590
Afif Ibnu Hasibuan (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman E-Money dan Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Masyarakat Pemilik OVO di Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Almuntaha, Eska. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadopsian Teknologi Internet Banking oleh Nasabah di Yogyakarta, Skripsi FE UII.
Amos Neolaka. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung . Remaja Rosdakarya.
Andryanto, Reza. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/41480/1/RezaAndryanto_12808144073.pdf
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta
Diani, Ulva Elvina, Yudisiani, Eka Vuspa Sari. 2020. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai E-Money Terhadap Pelaku Pengguna Aplikasi Dana (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bengkulu). Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 4(2), 40-47.
Faizun Muhammad Ulurrosyad, Tudo Prabowo Jayanto (2020). Faktor-faktor Dalam Menggunakan E-Money (Gopay) Pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.
Hidayati, S. 2006. Operasional E-Money. Bank Indonesia
Jogiyanto, H.M. 2007. Metode Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman.Yogyakarta: BPFE.
Nurhaliza, Siti Lathifah (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko
Pavlou, P aul A., 2001. Consumer Int ention to Adopt E lect ronic Commerce Incorporat ing Trust and Risk in the Technology Acceptance Model.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung ALFABETA CV
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung ALFABETA CV
Syafii , A. and Widijoko, G. 2015. Determinan Minat Individu Menggunakan uang Elektronik. Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya . https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2014
Wahidmurni, Dr., M.Pd (2017) Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Journal review.
Veithal Rivai, dkk. 2001, Bank and Financial Institution Management, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
https://money.kompas.com/read/2022/07/21/203000626/ini-5-dompet-digital-yang-paling-banyak-dipakai-warga-ri-siapa-juaranya-?page=all
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adhi Surya Harahap, Hartono Ginting, Jasa Ginting, Cahyoginarti Cahyoginarti, Mardelia Desfrida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.