PERAN IBADAH DALAM MENGATASI KECEMASAN DAN DEPRESI DIKALANGAN GEN-Z BERAGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35720Keywords:
Kecemasan, Depresi, Ibadah, Gen Z Muslim, Kesehatan MentalAbstract
Penelitian ini mengkaji peran ibadah dalam mengatasi kecemasan dan depresi di kalangan Gen Z Muslim. Dengan meningkatnya kasus gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi di generasi ini, ibadah dalam konteks Islam dianggap sebagai salah satu bentuk terapi spiritual yang dapat memberikan ketenangan jiwa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei daring terhadap 38 responden Muslim Gen Z berusia 15 hingga 25 tahun di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa bahwa ibadah, seperti salat, membaca Al-Quran, dan berdoa, sangat membantu dalam mengurangi tingkat kecemasan dan depresi. Sebanyak 84,2% responden melaporkan bahwa ibadah memberikan ketenangan dan mengurangi tekanan emosional yang mereka alami. Selain itu, 76,3% dari responden menyatakan bahwa ibadah memiliki peran sangat besar dalam mengurangi kecemasan dan depresi mereka. Penelitian ini menekankan pentingnya peran agama dan komunitas keagamaan dalam mendukung kesehatan mental Gen Z Muslim. Meski demikian, keterbatasan jumlah sampel dan metode sampling menjadi kelemahan yang memengaruhi generalisasi hasil penelitian ini.References
Ariadi, P. (2019). Kesehatan mental dalam perspektif Islam. Syifa'MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 3(2), 118-127. DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v3i2.1433 Ayun, Q., Taufik, T., & Ruhaena, L. Peran Religious Coping terhadap Psychological Distress pada Mahasiswa: Scooping Review. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 5(2),115-125.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i2.2695 4
Bakhtiar, L. (2002). Al-Ghazzali: His Psychology of the Greater Struggle. ABC International Group.
Daulay, N., Darmayanti, N., Harahap, A. C. P., Wahyuni, S., Mirza, R., Dewi, S. S., ... & Munisa, M. (2022). Religiosity as moderator of stress and well-being among Muslim students during the pandemic in Indonesia. Islamic Guidance and Counseling Journal, 5(2), 88-103. DOI: https://doi.org/10.25217/igcj.v5i2.2696
Hamidah, R. N., & Rosidah, N. S. (2021). Konsep kesehatan mental remaja dalam perspektif Islam. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 26-33.
DOI: https://doi.org/10.32832/pro- gcj.v2i1.5122
Hartati, N., Nihayah, Z., Shaleh, A. R., & Mujib,
A. (2004). Islam dan psikologi. PT RajaGrafindo Persada.
Haque, A. (2018). Psychology from an Islamic perspective. Global Psychologies: Mental Health and the Global South, 137-150.
DOI: https://doi.org/10.1057/978-1-349-95816- 0_8
Hodge, D. R., Zidan, T., & Husain, A. (2015). Depression among Muslims in the United States: Examining the role of discrimination and spirituality as risk and protective factors. Social work, 61(1), 45-52.
DOI: 10.1093/sw/swv055
Kartikowati, E. (2016). Psikologi Agama dan Psikologi Islami: Sebuah Komparasi. Kencana. Koenig, H. G., & Al Shohaib, S. S. (2019). Religiosity and mental health in Islam. Islamophobia and psychiatry: Recognition, prevention, and treatment, 55-65.
DOI:10.1007/978-3-030-00512-2_5
Lala, I. (2023). The Qur’an and Emotional Well- being: Hope and Fear in the Qur’an. Pastoral Psychology, 72(2), 245-275.
DOI: https://doi.org/10.1007/s11089-023- 01060-4
LN, S. Y. (2018). Kesehatan mental: perspektif psikologis dan agama. PT Remaja Rosdakarya.
Rajab, K. (2019). Psikoterapi Islam. Edited by Ade Sukanti. Jakarta: Amzah.
Rajput, N. (2021). SPIRITUALITY AT A CROSSROADS: A GROUNDED THEORY
OF EMERGING ADULTS”. International Journal of Management (IJM), 12(1).
DOI: 10.34218/IJM.12.1.2021.140
Rasic, D., Robinson, J. A., Bolton, J., Bienvenu,
O. J., & Sareen, J. (2011). Longitudinal relationships of religious worship attendance and spirituality with major depression, anxiety disorders, and suicidal ideation and attempts: Findings from the Baltimore epidemiologic catchment area study. Journal of psychiatric research, 45(6), 848-854.
DOI: doi: 10.1016/j.jpsychires.2010.11.014. Simonovich, S. D., Quad, N., Kanji, Z., & Tabb,
K. M. (2022). Faith practices reduce perinatal anxiety and depression in Muslim women: a mixed-methods scoping review. Frontiers in psychiatry, 13, 826769.
DOI: 10.3389/fpsyt.2022.826769.
Siregar, H. L., & Ramli, R. (2020). DEVELOPMENT OF INTEGRATED CHARACTER EDUCATION MODELS IN PAI LEARNING AT UNIVERSITY. Ta dib
Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 116-129. DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6339
Siregar, H. L., & Nurmayani, N. (2022). Analysis of Social Care Character Development in Islamic Religious Education Courses. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 3(3), 527-536. DOI: https://doi.org/10.47175/rielsj.v3i3.541
Sotillos, S. B. (2020). Quranic Psychology of the Self: A Textbook on Islamic Moral Psychology. Stewart, W. C., Wetselaar, M. J., Nelson, L. A., & Stewart, J. A. (2019). Review of the Effect of Religion on Anxiety. International Journal of Depression and Anxiety, 2(2), 1-5. DOI: 10.23937/2643-4059/1710016
Taufiq, M. I., Lengkap, P., & Islam, P. P. (2006). Jakarta. Gema Insani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmadani Nasution, Jihan Arrizqi Lubis, Sitiara Aulya Putri, Wan Adelia Adella
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.