DEVELOPMENT OF INSTRUMENTS FOR EVALUATING ARABIC LEARNING MEDIA FOR ARABIC LANGUAGE TRAINING PROGRAMS IN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35121Keywords:
Bahasa Arab, Evaluasi, Instrumen, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab yang terstandarisasi dan 2) mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tiga tahap dari Thiagarajan, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Subjek penelitian adalah ahli media, ahli instrumen, dan siswa. Hasil penelitian ini dijadikan dokumen dengan Hak Cipta sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Produk instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab yang dihasilkan sudah sesuai dengan karakteristik pengguna dan validator. Hasil penilaian ahli media terhadap instrumen yang dikembangkan dikategorikan sangat layak. Hasil penilaian pengguna terhadap instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab adalah layak. Jadi, secara keseluruhan penilaian terhadap instrumen penilaian disimpulkan sangat layak untuk disebarluaskan. Instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab direkomendasikan untuk digunakan di perguruan tinggi yang fokus pada penelitian dan pengembangan produk multimedia pembelajaran. Instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab dapat disebarluaskan kepada civitas akademika kampus agar pengguna dapat mengetahui keefektifan dan kebermanfaatannya dalam penelitian selanjutnya.References
Bakri, A. P., Hakki, S., & Gamasari, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio pada Mata Kuliah Ilmu Tabligh. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1 SE-Articles), 2206–2212. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25319
Chaeruman, U. A. (2019). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, December, 1–15. https://www.researchgate.net/publication/338208296
Hadiansyah, T., Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2018). Buku Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/JPI.011.04
Kurniawati, I. (2011). Pengujian Prototipe Media Pembelajaran. Pustekkom Kemdikbud.
McAlpine, L., & Weston, C. (2008). The Attributes Of Instructional Materials. Performance Improvement Quarterly, 7(1), 19–30. https://doi.org/10.1111/j.1937-8327.1994.tb00614.x
simbolon, D. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Moodle sebagai Sarana Pendukung Blended Learning Mahasiswa . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1 SE-Articles), 60–67. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4671
Sriadhi, S., Sidabutar, H., Dalimunthe, M. B., & Restu, R. (2019). The Assessment Model of Multimedia Learning Feasibility (pp. 17–21). Redwhite Press PP - Jakarta. https://doi.org/https://doi.org/10.32698//tech1315119
Sungkono. (2012a). Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–16. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3201/2682
Sungkono. (2012b). Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).
Thiagarajan, S. S., Semmel, D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children A sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Warsita, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik, 17(1), 092–101. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ihwan Rahman Bahtiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.