PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34981Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) peserta didik dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari peserta didik dan instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta menggunakan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada siklus I sebesar pada siklus I yaitu 74,19% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,09%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) peserta didik kelas VI. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis dan praktis bagi peserta didik, yaitu mampu mengoptimalkan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model discovery learning, serta peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang bermakna, kemampuan berpikir kritis, dan kreatif.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andini Ramadhanty, Ira Rengganis, Endang Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.