PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andini Ramadhanty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ira Rengganis Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endang Sri Wahyuni SD Negeri Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34981

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) peserta didik dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari peserta didik dan instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta menggunakan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada siklus I sebesar pada siklus I yaitu 74,19% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,09%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) peserta didik kelas VI. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis dan praktis bagi peserta didik, yaitu mampu mengoptimalkan hasil belajar IPAS dengan menggunakan model discovery learning, serta peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang bermakna, kemampuan berpikir kritis, dan kreatif.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Ramadhanty, A., Rengganis, I., & Sri Wahyuni, E. (2024). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14081–14087. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34981