PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN AWALAN DI- DAN KE- SERTA KATA DEPAN DI DAN KE SISWA KELAS VII SMPN 8 SUNGAI PENUH

Authors

  • Welli Marlisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Karmila Karmila SMPN 8 Sungai Penuh
  • Zani Silviani Universitas Negeri Padang
  • Heldanita Heldanita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34213

Keywords:

picture and picture, awalan di- dan ke-, kata depan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa kelas VII SMPN 8 Sungai Penuh. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa yang diajarkan menggunakan model picture and picture adalah 88,85 dengan kualifikasi Baik Sekali (BS). Kedua, nilai rata-rata tes penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional adalah 68,85 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan penggunaan awalan di- dan ke- serta kata depan di dan ke siswa kelas VII SMPN 8 Sungai Penuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai thitung > ttabel (9.296 > 1.667). Dengan demikian H1 diterima sedangkan H0 ditolak.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94-100.

Hayati, R., & Prima, W. (2023). Model Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Pembelajaran. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 505-512.

Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis, 9(03), 385-391.

Merici, A., Triwahyudianto, T., & Susanti, N. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Kelompok Undian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Wagir. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 4(1), 70-77.

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.

Oknaryana, O., Oktaviani, V., & Kurniawan, H. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Aplikasi Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Ecogen, 6(2), 290-297.

Puteri, D. A., Sadhono, K., & Rakhmawati, A. (2023). Upaya meningkatkan keterampilan menulis dengan metode pembelajaran picture and picture di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 29-34.

Rahman, F. (2018). Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 55-62.

Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Marlisa, W., Karmila, K., Silviani, Z. ., & Heldanita, H. (2024). PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PENGGUNAAN AWALAN DI- DAN KE- SERTA KATA DEPAN DI DAN KE SISWA KELAS VII SMPN 8 SUNGAI PENUH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13802–13808. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34213