FAKTOR PENGHAMBAT DAN PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN LAGI THIS IS MY SONG (BLESSED ASSURANCE) ARANSEMEN TOM FETTKE : DITINJAU DARI PROSES LATIHAN PADUAN SUARA PEMUDA GEREJA HKBP PANDAN KOTA

Authors

  • Elfriany Lumban Gaol Universitas HKBP Nomensen
  • Ance Juliet Panggabean Universitas HKBP Nomensen
  • Kamaluddin Galingging Universitas HKBP Nomensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32540

Keywords:

Proses Latihan, Faktor Penghambat, Faktor Perkembangan, Paduan Suara Pemuda, Lagu This is My Song.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor penghambat dan perkembangan pembelajran lagu This Is My Song (Blessed Assurance) Aransemen Tom Fettke ditinjau dari proses latihan Paduan Suara Pemuda HKBP Pandan Kota dalam pembelajaran. Lagu ini merupakan lagu Hymn orang Kristen yang ada di buku kidung jemaat berjudul “Kuberbahagia” yang terdapat dalam nomor 392, yang biasa dinyanyikan dalam ibadah Gereja. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian penulis dari proses latihan Paduan Suara Pemuda HKBP Pandan Kota dalam pembelajaran Lagu This Is My Song tersebut memiliki kendala dalam membaca notasi, tidak mengerti membaca ritme, dan tidak disiplin. Perkembangan paduan suara pemuda dalam pembelajaran lagu This Is My Song dapat menyajikannya pada ibadah minggu setelah 8 kali pertemuan.

References

Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atmojo, S. K. (1985). Memimpin Paduan Suara. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Danie, E. P. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta.

Edmund Prier SJ, K. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Hadeli. (2006). Metode Penelitian Kependidikan. Ciputat: PT Ciputat Press.

Harefa, M. S. (2019). Analisis Bentuk Lagu dan Makna Syair Lagu Ya'e Zumange di Gereja BNKP Teladan Medan. Jurnal Musikologi dan Sejarah 2019 Program Studi Seni Musik. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas HKBP Nommensen Medan.

Hurlock, E. B. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Bandung.

Jamalus, & Mahmud, A. T. (1981). Musik 4 Proyek Pengembangan Buku SPK. Jakarta: CV Titik Terang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022, Januari 25). Retrieved from http://kbbi.web.id/himne.html

Kandisaputra, T. (2017). Inspirational Music Stories of Choral Journey. Bandung: PT Tommyanto Kandisaputra Indonesia.

McNeil, R. J. (2002). Sejarah Musik 2. Jakarta: PT Gunung Mulia.

Moloeng, J. L. (1998). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV Rajawali.

Siahaan, R. (2005). Peranan Paduan Suara Dalam Memperkukuh Sipiritualitas dan Memberi Kontribusi Bagi Ibadah Jemaat. Jurnal Teknologi dan Studi Pastoral.

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sinaga, M. V. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Dalam Lagu Ave Verum Pada Paduan Suara Magnificat Melalui Pelatihan Solfeggio. Musikologi 2018, 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Gaol, E. L. ., Panggabean, A. J. ., & Galingging, K. . (2024). FAKTOR PENGHAMBAT DAN PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN LAGI THIS IS MY SONG (BLESSED ASSURANCE) ARANSEMEN TOM FETTKE : DITINJAU DARI PROSES LATIHAN PADUAN SUARA PEMUDA GEREJA HKBP PANDAN KOTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11350–11354. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32540

Most read articles by the same author(s)